Roboguru

lakukan kegiatan literasi dan buat rangkuman tenta...

lakukan kegiatan literasi dan buat rangkuman tentang
pembentukan kebudayaan nasional
pelestarian dan pemanfaatan kebudayaan Indonesia
kebudayaan Indonesia bagian dari budaya global
 

Jawaban:

1) Pembentukan kebudayaan nasional

Kebudayaan Nasional merupakan Seperangkat dalam sebuah norma, kepercayaan, perilaku, adat istiadat, dan nilai-nilai yang telah dimiliki terhadap populasi yang berdaulat. Budaya nasional Indonesia sebagai budaya universal. Unsur-unsur dalam budaya diciptakan, terutama yang langka pada waktu itu dan dimiliki oleh penduduk Indonesia, yakni ekonomi, teknologi, sains, dan keterampilan organisasi. Dalam pengertiannya Kebudayaan Nasional merupakan adanya sebuah seperangkat norma, kepercayaan, perilaku, adat istiadat dan nilai-nilai yang dimiliki dengan populasi berdaulat. Lihat juga fitur-fitur khusus seperti bahasa, identitas etnis, agama, dan ras, tradisi budaya, dan sejarah. beberapa Asas Pemajuan Kebudayaan Nasional Indonesia adalah toleransi, keberagaman, kelokalan, lintas wilayah, partisipatif, manfaat, keberlanjutan, kebebasan berekspresi, keterpaduan, kesederajatan, dan gotong royong.

2) Pelestarian dan pemanfaatan kebudayaan Indonesia

Berbagai produk budaya yang dihasilkan mencirikan karakteristik tiap wilayah sehingga bernilai tinggi. Guna mengoptimalkan nilai produk kebudayaan, maka erat kaitannya dengan pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satu daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata adalah keragaman budayanya. Pelestarian dan pemanfaatan produk kebudayaan Indonesia di bidang ekonomi kreatif dan pariwisata merupakan salah satu cara yang efektif memajukan budaya Indonesia karena mengikutsertakan segala lapisan masyarakat termasuk generasi muda yang berkreasi di berbagai bidang memajukan produk kebudayaan bangsa. Ekonomi Kreatif bahkan dapat memunculkan entrepreneur atau wirausaha yang mampu menyediakan lapangan kerja.

3) kebudayaan Indonesia bagian dari budaya global

Maksud dari pernyataan itu adalah bahwa kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia juga merupakan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat global atau masyarakat dunia. Globalisasi dalam kebudayaan dapat berkembang dengan cepat, hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya kecepatan dan kemudahan dalam memperoleh akses komunikasi dan berita namun hal ini justru menjadi bumerang tersendiri dan menjadi suatu masalah yang palingkrusial atau penting dalam globalisasi, yaitu kenyataan bahwa perkembangan ilmu pengertahuandikuasai oleh negara-negara maju, bukan negara-negara berkembang seperti Indonesia. Merekayang memiliki dan mampu menggerakkan komunikasi internasional justru negara-negara maju.Akibatnya, negara-negara berkembang, seperti Indonesia selalu khawatir akan tertinggal dalam arus globalisai dalam berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, termasuk kesenian kita.

 

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved