Roboguru

Kutipan teks eksposisi tersebut menggunakan pola pengembangan ....

Pertanyaan

Kutipan teks eksposisi tersebut menggunakan pola pengembangan ....undefined

  1. perbandinganundefined

  2. pertentanganundefined

  3. ilustrasiundefined

  4. laporanundefined

  5. definisiundefined

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen/pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis. Dalam penulisan teks eksposisi, hal yang perlu diperhatikan adalah pola pengembangan. Pola pengembangan bertujuan untuk mendapatkan paragraf sesuai dengan yang dimaksud. Beberapa pola pengembangan teks eksposisi adalah sebagai berikut.

  1. Pola perbandingan, yaitu pola pengembangan yang membandingkan dengan hal yang lain, berdasarkan unsur kesamaan dan perbedaan, kerugian dengan keuntungan, kelebihan dengan kekurangan.
  2. Pola pertentangan, yaitu pola pengembangan yang mempertentangkan dengan gagasan lain.
  3. Pola ilustrasi, yaitu pola pengembangan dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa ilustrasi, contoh, atau gambaran.
  4. Pola laporan, yaitu pola yang berisi laporan peristiwa yang disampaikan secara rinci dan runtut, biasanya mengemukakan laporan dari sebuah berita atau penelitian tertentu.
  5. Pola definisi, yaitu pola pengembangan dengan menyajikan gagasan utama yang diuraikan menjadi beberapa gagasan penjelas berupa definisi atau batas pengertian.

Berdasarkan kutipan di soal, paragraf tersebut mengungkapkan tentang cara amoeba berkembang biak, yaitu dengan membelah diri. Paragraf tersebut menjelaskan secara rinci dan runtut dari sebuah sel yang membelah menjadi dua, kemudian memisah dan membentuk dua kutub saling menjauh. Lalu, sel inti benar-benar terpisah hingga membentuk dua amoeba yang pembelahannya membutuhkan waktu relatif lama.
Dengan demikian, pola pengembangan paragraf yang digunakan dalam kutipan teks tersebut adalah laporan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved