Roboguru

Kutipan di atas memuat pola penyajian karakter unggul tokoh secara ...

Pertanyaan

Kutipan di atas memuat pola penyajian karakter unggul tokoh secara ...space 

  1. Implisitspace 

  2. langsung atau tersuratspace 

  3. Detailspace 

  4. kurang lengkap.space 

  5. Tidak langsung atau tersiratspace 

Pembahasan Soal:

Teks biografi adalah tulisan yang berisi perjalanan hidup seseorang. Pola penyajian karakter unggul tokoh dan dalam teks biografi yaitu:

  1. Pola penyajian secara deskriptif adalah pola penyajian yang dituliskan secara tidak langsung dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan tokoh, seperti cara tokoh menghadapi masalah atau watak tokoh.
  2. Pola penyajian karakter unggul secara langsung adalah pola penyajian yang dituliskan secara langsung sehingga pembaca tidak perlu membaca keseluruhan teks dan menganalisis makna tersiratnya.
  3. Pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui tindakan tokoh adalah pola penyajian dengan menuliskan secara tersirat dalam deskripsi tokoh tersebut.
  4.  pola penyajian karakter unggul secara tidak langsung melalui penuturan tokoh lain adalah pola penyajian dengan menghadirkan tokoh lain yang menceritakan atau memberikan pernyataan tentang karakter unggul tokoh tersebut.

Pola penyajian karakter unggul pada teks di atas diceritakan secara langsung yaitu karakter cerdas yang tergambar di kalimat Pada masa kanak-kanak, kecerdasaan Einstein terutama di bidang Matematika mulai terlihat.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Febriyanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889. Terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Saat berusia 40 tahun, ia berganti na...

Pembahasan Soal:

Keistimewaan yang dimiliki oleh seorang tokoh dalam teks biografi merupakan hal yang sulit ditiru atau dicontoh oleh orang lain. Keistimewaan juga dapat berupa kelbihan yang hanya dimiliki oleh seorang tokoh. Keistimewaan yang muncul dari kutipan di atas atau keistimewaan dari seorang Ki Hajar Dewantara adalah di mampu menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya persatuan dan kesatuan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Cermati teks biografi berikut! Anak muda itu bernama Gusti Ramen Mas Dorodjatun atau akrab dikenal Sri Sultan HB IX. Sejak belia, beliau aktif dalam organisasi kepanduan, yang saat ini disebut Pramuka...

Pembahasan Soal:

Jawaban: B

Pembahasan:

Keteladanan tokoh merupakan hal yang dapat ditiru atau dicontoh oleh orang lain. Sikap yang dapat ditiru oleh Sri Sultan HB IX terdapat pada kalimat Sejak belia, beliau aktif dalam organisasi kepanduan, yang saat ini disebut Pramuka, di sekolah Belanda yang diikutinya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Tentukan keistimewaan tokoh pada kutipan biografi di atas!

Pembahasan Soal:

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Tokoh yang diceritakan pada teks biografi, biasanya memiliki keistimewaan. Keistimewaan merupakan kelebihan khusus yang dimiliki oleh sang tokoh yang mungkin tidak dimiliki atau dijumpai pada tokoh lainnya. 

Sebagaimana yang disebutkan pada kalimat pertama paragraf di atas, kelebihan khusus yang dimiliki oleh tokoh Mohammad Natsir yang mungkin tidak dimiliki atau dijumpai pada tokoh lainnya adalah Ia merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.

Dengan demikian, keistimewaan tokoh pada kutipan biografi di atas adalah Ia merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa.space 

0

Roboguru

putu wijaya lahir di puri anom, tabanan, bali pada tanggal 11 april 1944, bukan dari keluarga seniman. ia bungsu dari lima bersaudara seayah maupun dari tiga bersaudara satu ibu. ia tinggal di komplek...

Pembahasan Soal:

Jawaban: D

 

Pembahasan:

Keteladanan merupakan hal yang dapat ditiru. Berdasarkan hal tersebut hal yang dapat ditiru yaitu terlihat pada kalimat ...semua anggota keluarga dekat dan jauh, serta mereka mempunyai kebiasaan membaca. Kata ‘mereka’ berarti Putu Wijaya termasuk dalam salah satu dari mereka yang mempunyai kebiasaan membaca.

0

Roboguru

Tentukan keteladan tokoh pada kutipan biografi tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks biografi adalah teks yang berisikan kisah suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya. Teks ini ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani banyak orang. Keteladanan merupakan sikap yang dimiliki tokoh yang mengandung nilai terpuji yang patut untuk dijadikan contoh atau pedoman bagi pembaca.

Berikut hal-hal yang dapat dipaparkan untuk menjadi teladan bagi pembacanya:

  1. karakter teladan tokoh tersebut,
  2. tujuan hidupnya,
  3. bagaimana ia memperjuankan tujuan tersebut,
  4. bagaimana caranya menghadapi dan memecahkan masalah dalam menggapai tujuannya,
  5. sikap-sikap serta pemikirannya yang dapat menginspirasi banyak orang.

Sikap keteladanan tokoh Mohammad Natsir ditunjukan melalui sikapnya yang sederhana. Seperti yang diungkapkan pada kutipan teks di atas, "Mohammad Natsir merupakan tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa." Hal tersebut juga diungkapkan lewat kalimat "Dia dikenang sebagai mentri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi hadiah mobil mewah".

Dengan demikian, sikap keteladanan tokoh Mohammad Natsir ditunjukan melalui sikapnya yang sederhana. Ia dikenal sebagai  tokoh Indonesia yang paling sederhana sepanjang masa dan Ia dikenang sebagai mentri yang tidak mempunyai rumah dan menampik diberi hadiah mobil mewah.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved