Roboguru

Kulit ginjal merupakan bagian terluar dari ginjal....

Kulit ginjal merupakan bagian terluar dari ginjal. Di dalam korteks terdapat alat penyaring darah (nefron) dimana setiap nefron tersusun dari badan Malphigi dan saluran (tubulus). Identifikasilah bagian-bagian tersebut! 

Jawaban:

Nefron merupakan penyusun utama ginjal yang berperan penting dalam proses penyaringan darah. Berikut merupakan bagian-bagian dari nefron.

Setiap nefron tersusun dari badan Malpighi dan saluran panjang (tubulus) yang berkelok-kelok. Badan Malpighi tersusun dari glomerulus dan kapsula Bowman. Glomerulus merupakan untaian pembuluh darah kapiler tempat darah disaring. Glomerulus dikelilingi oleh kapsul Bowman. Tubulus ginjal terdiri atas tubulus kontortus proksimal, lengkung Henle, tubulus kontortus distal, dan tubulus kolektivus. Lengkung Henle adalah bagian tubulus yang melengkung pada daerah medula dan berhubungan dengan tubulus proksimal dan tubulus distal. Tubulus-tubulus ini mengalirkan urine ke rongga ginjal. Kemudian, urine dialirkan melalui saluran ginjal (ureter) dan ditampung dalam kandung kemih. 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved