Roboguru

Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dan menghindari terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....

Pertanyaan

Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dan menghindari terjadinya anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....

  1. Kerancuan dalam urutan peristiwa sejarah
  2. Pembabakan peristiwa sejarah tanpa dasar yang jelas
  3. Terjadinya missing link dalam urutan peristiwa sejarah
  4. Terdapatnya dua peristiwa sejarah dalam versi yang berbeda
  5. Hilangnya satu atau dua peristiwa sejarah dalam suatu kronologi

Pembahasan Soal:

Urutan peristiwa menjadi hal yang penting dalam penulisan suatu karya sejarah. Para sejarawan perlu berhati-hati agar terhindar dari anokronisme sehingga karyanya benar-benar ilmiah. Anokranisme adalah ketidaksesuaian atau kerancuan urutan dalam peristiwa sejarah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Anggapan Kerajaan Majapahit sebagai negara nasional merupakan salah satu bentuk anakronisme dalam sejarah. Mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

Kronologi merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah sesuai dengan urutan waktu terjadinya dari awal hingga akhir. Setiap peristiwa sejarah akan diurutkan sesuai waktu terjadinya secara runtut dan berkesinambungan. Kronologi sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dan menghindari terjadinya anakronisme. Anakronisme sendiri berarti terjadi kerancuan dalam urutan peristiwa sejarah sehingga menimbulkan pemahaman yang salah. Lebih jelasnya seperti yang dilansir Encyclopedia Britannica (2015), anakronisme merupakan kesalahan waktu atau ketidaksesuaian suatu peristiwa. Misalnya keberadaan suatu benda, peritiwa, tempat, nama, dialog, dan karya yang tidak sesuai dengan periode waktu sejarah. Misalnya “manusia purba menggunakan microwave untuk memasak makanan”. Sudah jelas sekali manusia purba hidup pada masa sebelum masehi (periode pra-aksara), sedangkan microwave baru ditemukan pada tahun 1940-an masehi. Sehingga kalimat tersebut adalah anakronisme karena ada ketidaksesuaian benda dengan periode sejarahnya. Lalu contoh lainnya adalah anggapan Kerajaan Majapahit sebagai negara nasional, hal ini jelas merupakan anakronisme karena konsep atau anggapan tersebut baru muncul ketika abad ke 20 saat Muhammad Yamin menyebut Majapahit dengan sebutan negara nasional kedua di Indonesia setelah Sriwijaya. Sedangkan periode kerajaan khususnya Majapahit sendiri sudah ada dari abad ke 13 dan runtuh di abad ke 15. Jadi anakronisme disini adalah karena adanya ketidaksesuaian pernyataan tersebut dengan periode sejarahnya, dimana konsep negara nasional itu baru muncul saat periode berdirinya Kerajaan Majapahit sudah terlewat. 
Anakronisme dalam ilmu sejarah dapat berbahaya karena dapat mengubah kebenaran suatu peristiwa sejarah dan memunculkan kesalahpahaman. Anakronisme bisa menyebabkan pergeseran sebab akibat dari suatu peritiwa sejarah. Anakronisme sering terjadi dalam suatu karya sastra maupun prosa. Anakronisme bisa saja disengaja maupun tidak disengaja. Anakronisme disengaja biasanya dibuat untuk memasukkan unsur komedi atau humor dalam suatu hal, sedangkan anakronisme tidak disengaja biasanya merupakan ketidakakuratan akibat kurangnya riset dalam membuat suatu karya.


Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah adanya ketidaksesuaian pernyataan tersebut dengan periode sejarahnya, dimana konsep negara nasional itu baru muncul saat periode berdirinya Kerajaan Majapahit sudah terlewat. 

3

Roboguru

Jika kita menemukan adanya peristiwa sejarah yang tidak sesuai dengan urutan waktu terjadinya maka hal itu disebut ...

Pembahasan Soal:

Pemahaman penting dalam mempelajari serangkaian peristiwa sejarah, adalah menerapkan cara berpikir diakronik dan kronologis, yakni melihat serangkaian peristiwa di masa lalu berdasarkan urutan waktu kejadiannya. Pentingnya menerapkan cara berpikir diakronis dan kronologis dalam sejarah, adalah memahami bahwa serangkaian peristiwa masa lalu itu terkait dengan peristiwa lain yang terjadi. Selain itu, dengan menerapkan cara berpikir diakronik dan kronologis, pemahaman terhadap persitiwa sejarah akan teratur, sistematis dan berkesinambungan. 
Menerapkan cara berpikir diakronis dan kronologis, juga akan menghindari anakronik. Anakronik berasal dari bahasa Yunani yaitu ana dan chronos, ana berarti melawan dan chronos berarti waktu. Dalam konteks ilmu sejarah, anakronik merupakan kesalahan dalam penulisan peristiwa, tokoh dan objek yang tidak sesuai dengan urutan waktunya.

Jadi, ketidaksesuaian dengan urutan waktunya dalam sejarah disebut anakronik.

0

Roboguru

Dalam menulis sejarah, haruslah melihat masa lalu dengan perspektif atau sudut pandang masa lalu. Tujuannya menghindari ketidakcocokan dengan zaman tertentu. Hal ini disebut ....

Pembahasan Soal:

Anakronisme merupakan kesalahan dalam penyusunan kronologi serta penempatan peristiwa yang tidak sesuai dengan waktu yang semestinya. Anakronisme dapat terjadi dalam cerita atau narasi sejarah, lukisan, film atau media apa pun. Dalam ilmu sejarah, anakronisme dikatakan berbahaya dapat berbahaya karena dapat mengubah kebenaran suatu peristiwa sejarah dan memunculkan kesalahpahaman. Anakronisme bisa menyebabkan pergeseran sebab akibat dari suatu peritiwa sejarah.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Jika terdapat peristiwa sejarah yang tidak sesuai urutan waktu terjadinya maka itu disebut....

Pembahasan Soal:

Jika terdapat peristiwa sejarah yang tidak sesuai urutan waktu terjadinya maka itu disebut anakronisme. Anakronisme didapat jika menempatkan tokoh, peristiwa, objek, ataupun kebiasaan yang tidak sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Cara menghindari anakronisme adalah memperhatikan runtutan peristiwa sehingga rangkaian peristiwa yang tidak ada yang acak urutannya. Hal itu juga menunjukkan pentingnya memperhatikan kronologi dari setiap peristiwa sejarah.

0

Roboguru

Pentingnya memperhatikan runtutan peristiwa agar terhindar dari pemahaman yang....

Pembahasan Soal:

Pentingnya memperhatikan runtutan peristiwa agar terhindar dari pemahaman yang anakronisme. Anakronisme mengacu pada menempatkan tokoh, peristiwa, objek, ataupun kebiasaan yang tidak sesuai dengan urutan waktu. Pentingnya memperhatikan runtutan peristiwa agar tidak ada rangkaian peristiwa yang acak urutannya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved