Roboguru

Kronologi Perang Dunia 2

Kronologi Perang Dunia 2 space

Jawaban:

Perang Dunia 2 adalah perang yang melibatkan banyak negara-negara di dunia dalam kurun waktu 1939-1945. Pada masa ini, terdapat dua kubu yang berperang, yaitu Blok Poros (Jerman, Jepang, dan Italia) dengan Blok Sekutu (Inggris, Perancis, Uni Soviet, Tiongkok, dan Amerika Serikat). Perang Dunia 2 pecah setelah Liga Bangsa-Bangsa tidak berhasil merealisasikan perdamaian dunia, lahirnya imperialisme Jerman, dan Jerman yang tidak terima dengan Perjanjian Versailles. Berikut adalah kronologi singkat Perang Dunia 2.

  • Fase Permulaan.

Pada fase ini, Jerman memulai Perang Dunia 2 dengan menyerbu Polandia pada tanggal 1 September 1939. Selain Polandia, Jerman juga menyerang Denmark dan Norwegia (9 April 1940), serta Belanda dengan Perancis (10 Mei 1940) hingga dapat menduduki seluruh negara tersebut. Setelah mengalami kemenangan berturut-turut, Jerman mengalami kekalahan dalam usaha untuk melawan Inggris dan Uni Soviet.

  • Fase Titik Balik (Turning Point)

Hubungan Uni Soviet dengan Inggris merugikan Blok Poros. Hal ini menunjukkan bahwa Blok Sekutu bertambah kuat. Kekuatan Blok Sekutu ini berhasil mengalahkan berbagai kekuatan dari Jerman, Italia, dan Jepang. Jepang kalah dalam pertempuran di Laut Karang pada tanggal 7 Mei 1942, Jerman kalah dalam pertempuran El-Alamien (1-27 Juli 1942) serta Jerman dan Italia kalah dalam melawan Rusia (23 Agustus 1942-2 Februari 1943).

  • Fase Akhir

Dalam fase ini, Blok Poros mengalami kekalahan telak dengan diambil kembalinya wilayah-wilayah yang direbut oleh blok tersebut, seperti Bulgaria (18 September 1944), Yugoslavia (12 Oktober 1944), dan Hungaria (13 Februari 1945). Italia mulai merasakan kekalahan setelah Jerman gagal mempertahankan negara kawannya sehingga Italia menyerah kepada Sekutu pada bulan Mei 1944. Sekutu juga berhasil merebut kembali Perancis pada bulan Agustus 1944 dan Tentara Merah Uni Soviet menyerbu Jerman hingga negara tersebut menyerah tanpa syarat pada tanggal 8 Mei 1945. Disusul dengan Jepang yang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945 setelah bom atom yang meledak di Kota Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945).

  • Fase Perdamaian

Akhir dari Perang Dunia 2 adalah ditandatanganinya berbagai macam perjanjian perdamaian, seperti Konferensi Postdam antara Sekutu dan Jerman (2 Agustus 1945), Perjanjian San Fransisco antara Sekutu dan Jepang (disahkan 8 September 1951), dan Perjanjian Paris antara Sekutu dan Italia (10 Februari 1947).

Jadi, kronologi Perang Dunia II dapat dibagi menjadi empat fase. Fase awal adalah ketika Blok Poros mengalami kemenangan berturut-turut dengan Jerman yang berhasil merebut Polandia, Denmark, Norwegia, Belanda, dan Perancis. Namun, Blok Poros mulai mengalami kekalahan pada fase titik balik, yaitu dengan Jepang yang mengalami kekalahan dalam pertempuran di Laut Karang, Jerman kalah dalam pertempuran El-Alamien, serta Jerman dan Italia kalah dalam melawan Rusia. Kekalahan kembali dirasakan oleh Blok Poros pada fase akhir Perang Dunia 2 sehingga membuat satu persatu dari mereka menyerah kepada Sekutu dan menandatangani berbagai perjanjian perdamaian. space

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved