Roboguru

<!--td {border: 1px solid #ccc;}br {mso-data-placement:same-cell;}--> Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan baru. Masyarakat berhasil menemukan bahan bakar gas

Krisis minyak bumi mendorong masyarakat Indonesia melakukan inovasi/penemuan baru. Masyarakat berhasil menemukan bahan bakar gas yang bahan bakunya berasal dari sisa kotoran hewan untuk mengganti minyak tanah yang semakin mahal. Contoh tersebut menunjukkan perubahan sosial yang disebabkan oleh faktor ....space space

  1. pengaruh eksternalspace space

  2. budaya kelompokspace space

  3. lingkungan sosialspace space

  4. kemampuan internalspace space

  5. dinamika masyarakatspace space

Jawaban:

Perubahan sosial merupakan proses terjadinya perubahan yang memengaruht berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat. Perubahan sosial dipengaruhi oleh dua faktor yaitu:
Faktor internal

  1. Penemuan Baru. Menurut Elly M. Setiadi dan Usman Kolip (2015), penemuan baru dalam masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu adanya kesadaran diri setiap individu atau kelompok terhadap perasaan kekurangan unsur kebudayaan, adanya para ahli yang berkualitas dalam masyarakat, dan adanya dorongan atau motivasi untuk menciptakan penemuan baru dalam masyarakat.
  2. Demografi (Perubahan  jumlah Penduduk). Perubahan jumlah penduduk menunjukkan keadaan kependudukan suatu wilayah bersifat dinamis. Kependudukan suatu wilayah dipengaruhi oleh jumlah kelahiran, kematian, dan migrasi.
  3. Konflik atau Pertentangan dalam Masyarakat. Munculnya aksi, dampak, dan kondisi baru dalam masyarakat akibat konflik menunjukkan terjadinya perubahan sosial.
  4. Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi. Sebuah revolusi mampu merombak struktur pemerintah, misalnya pemerintahan yang berbentuk kerajaan menjadi republik. Revolusi menyebabkan perubahan dalam struktur sosial.

Faktor Eksternal

  1. Perubahan Lingkungan Fisik. Lingkungan fisik berkaitan dengan lingkungan alam atau sekitar tempat tinggal manusia. Lingkungan alam di sekitar manusia dapat,mendorong terjadinya perubahan sosial.
  2. Masuknya Kebudayaan dari Masyarakat Lain. Masuknya kebudayaan asing dapat terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung. Adanya penerimaan kebudayaan asing mendorong perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat.
  3. Terjadinya Peperangan. Peperangan dapat inenyebabkan terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat. Adapun jenis peperangan yang dikategorikan sebagai faktor eksternal penyebab perubahan sosial adalah peperangan yang melibatkan pihak lain di luar kelompok.

Ilustrasi pada soal di atas, adanya penemuan baru bahan bakar gas dari kotoran hewan termasuk dalam faktor internal perubahan. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D. undefined

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved