Roboguru

kPendapat yang menyebutkan agama dan Kebudayaan Islam masuk dan berkembang di Indonesia sekitar abad ke-13 M didasarkan pada berita-berita berikut ini, kecuali..

Pertanyaan

kPendapat yang menyebutkan agama dan Kebudayaan Islam masuk dan berkembang di Indonesia sekitar abad ke-13 M didasarkan pada berita-berita berikut ini, kecuali..

  1. Marco Polo

  2. Cina

  3. Ibnu Batutah

  4. Adanya Jirat pada batu nisan Sultan Malik as-Saleh

  5. Maulana Malik Ibrahim

Pembahasan Soal:

Teori masuknya Islam ke Indonesia terdiri atas tiga, yaitu Teori Makkah yang dikemukakan oleh Buya Hamka, Teori Persia yang dikemukakan oleh Hoesein Djajadiningrat dan Teori Gujarat yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje. Teori yang mengemukakan Islam masuk pada abad ke-13 adalah teori Gujarat.

Hal tersebut dibuktikan dari kebudayaan India Barat dalam penyebaran Islam, salah satunya adalah makam dari Malik As Saleh, raja pertama Samudra Pasai. Dalam catatan hikayat raja-raja Pasai, Ibnu Battuta singgah di Samudra Pasai pada abad ke-13. Catatan lain yang menceritakan masuknya Islam pada abad ke 13 adalah catatan Marco Polo di Sumatra yang mengatakan pedagang India mengajarkan agama Islam ke penduduk lokal.

Catatan dari Cina tidak spesifik mengatakan Islam masuk pada abad ke-13, melainkan pada abad ke-7 melalui berita Dinasti Tang yang mengatakan bahwa ada pemukiman muslim diwilayah pesisir barat Sumatra yaitu Barus. Catatan lain tentang muslim di Nusantara adalah catatan Ma-Huan pada abad ke-15 di wilayah Jawa. Catatan Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik merupakan proses Islamisasi pada abad ke-14 akhir dengan catatan makam pada 1419 di Jawa. 

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved