Roboguru

Pertanyaan

Kota merupakan pusat ekonomi, sosial, dan pemerintahan. Sebagai pusat ekonomi, kota menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduk desa, sehingga banyak penduduk desa yang bekerja di kota. Di sisi lain, banyaknya penduduk desa bekerja di kota mengakibatkan munculnya permukiman kumuh. Prinsip geografi untuk mengkaji fenomena tersebut adalah interelasi karena ....space 

  1. terjadi migrasi musiman pada saat lebaran, natalan, maupun libur panjang dari kota ke desaspace 

  2. penduduk kota ke desa untuk meningkatkan perekonomian dan status sosialspace 

  3. merupakan dua wilayah yang melakukan interaksi musimanspace 

  4. timbulnya permasalahan permukiman kumuh di desaspace 

  5. adanya hubungan penduduk desa dan kota dalam mencari pekerjaan dan timbulnya permukiman kumuhspace 

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Dasar atau landasan untuk menjelaskan, menguraikan, pengkajian, dan analisis berbagai fenomena di permukaan bumi. Prinsip dapat dianggap sebagai jiwa pada waktu kita melakukan pendekatan terhadap objek yang kita pelajari. (Nursid Sumaatmadja,1981). Adapun prinsip geografi di antaranya sebagai berikut.

  1. Prinsip persebaran berkaitan dengan persebaran/distribusi fenomena geosfer di permukaan bumi. Persebaran suatu fenomena geosfer dipengaruhi oleh faktor alam rnaupun manusia. Misalnya, persebaran bahan tambang di Indonesia tersebar tidak merata di setiap wilayahnya.
  2. Prinsip interelasi mengkaji fenomena alam dan manusia yang saling terkait antara satu dengan yang lainnya. Keterkaitan itu dapat terjadi antara alam dengan manusia, alam dengan alam, dan manusia dengan manusia. Contohnya Kota merupakan pusat ekonomi, sosial, dan pemerintahan. Sebagai pusat ekonomi, kota menyediakan lapangan pekerjaan bagi penduduk desa, sehingga banyak penduduk desa yang bekerja di kota. Di sisi lain, banyaknya penduduk desa bekerja di kota mengakibatkan munculnya permukiman kumuh.
  3. Prinsip deskripsi berarti memberikan uraian atau gambaran tentang sebuah fenomena geosfer. Deskripsi dapat berupa peta, tabel, diagram, atau grafik.
  4. Prinsip korologi mengkaji tentang
    fenomena alam yang terjadi selalu menimbulkan akibat-akibat. Prinsip korologi mempelajari gejala dan fakta geosfer dengan memperhatikan distribusi interaksi, dan interelasi. Dengan kata lain, prinsip korologi ini adalah gabungan dari ketiga prinsip geografi sebelumnya. Misalnya, pendangkalan sungai terjadi akibat erosi di bagian hulu tinggi. Akibatnya ketika hujan tinggi, volume sungai menjadi naik dan banjir. Banjir · tersebut melanda rumah warga dan menimbulkan banyak kerugian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

4

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Di Indonesia terjadi perpindahan penduduk musiman pada waktu mudik lebaran dari kota ke desa, ketika kembali ke kota mereka membawa saudaranya untuk mendapatkan pekerjaan. Hal ini mengakibatkan terjad...

721

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia