Roboguru

Konsep ruang dan waktu dalam sejarah meliputi dua hal, yaitu Ruang (dimensi spasial) dan waktu (dimensi temporal). waktu dalam dimensi temporal memiliki dua makna, yaitu makna denotatif dan makna konotatif, Jelaskan makna waktu secara denotatif!

Pertanyaan

Konsep ruang dan waktu dalam sejarah meliputi dua hal, yaitu Ruang (dimensi spasial) dan waktu (dimensi temporal). waktu dalam dimensi temporal memiliki dua makna, yaitu makna denotatif dan makna konotatif, Jelaskan makna waktu secara denotatif!

Pembahasan Soal:

Sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang berarti pohon. Dalam sejarah, dikenal adanya unsur konsep ruang (dimensi spasial) dan konsep waktu (dimensi temporal). Konsep waktu berhubungan dengan lokasi sebuah peristiwa dan kejadian pada saat sejarah terjadi. Sedangkan dimensi temporal merupakan kapan (waktu) suatu peristiwa dan kejadian berlangsung. Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makna denotatif berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari dan seterusnya

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konsep ruang dan waktu merupakan unsur penting dalam sejarah. Jelaskan keterkaitan konsep ruang dan konsep waktu dalam sejarah!

Pembahasan Soal:

Sejarah berasal dari bahasa arab syajaratun yang berarti pohon. Pohon memiliki makna pertumbuhan yang terjadi terus-menerus dari ranting, dahan, daun, bunga, dan hasil buahnya seperti kejadian sejarah. Pertumbuhan pada seluruh bagian pohon dapat diartikan sebagai keturunan, asal-usul, dan silsilah. Dalam sejarah, dikenal adanya unsur konsep ruang (dimensi spasial) dan konsep waktu (dimensi temporal). Konsep waktu berhubungan dengan lokasi sebuah peristiwa dan kejadian pada saat sejarah terjadi. Sedangkan dimensi temporal merupakan kapan (waktu) suatu peristiwa dan kejadian berlangsung. Pada peristiwa dan kejadian sejarah, manusia berperan sebagai subjek (pelaku) dan objek (penulis). Setiap aktivitas dalam kehidupannya selalu diiringi dengan ruang dan waktu yang mengakibatkan unsur dari keduanya tidak dapat dipisahkan dan saling melengkapi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ruang dan waktu adalah unsur yang penting dalam sejarah

Roboguru

Perhatikan data berikut! Perubahan Kesinambungan Perkembangan Pengulangan Hal-hal tersebut merupakan unsur-unsur dari konsep … dalam sejarah

Pembahasan Soal:

Waktu dalam sejarah merupakan sesuatu yang terus bergerak dari masa sebelumnya ke masa berikutnya. Gerakan ini menimbulkan perubahan bagi kehidupan manusia secara positif ataupun negatif. Di sisi lain, John Dewey (1959) memaparkan bahwa penulisan sejarah harus mencakup masa lampau dan sekarang. Sejarah harus bersifat instrumental dalam memecahkan masalah masa kini. Konsep waktu memiliki dua jenis dalam maknanya, yaitu makna denotatif yang berarti waktu dalam satu kesatuan seperti detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan lainnya. Sedangkan makna konotatif yaitu konsep waktu sebagai suatu konsep. Sebagai contoh, kamar mandi kecil pada zaman sebelumnya diartikan sebagai kamar yang berukuran kecil (denotatif), tetapi kamar kecil dalam generasi yang berbeda diartikan sebagai kamar mandi (konotatif). Adapun beberapa konsep waktu dalam memahami sejarah pada umumnya sebagai berikut:

  • Masa lampau merupakan waktu yang sudah terlewat (terjadi). Namun, masa lampau terkadang masa yang yang masih berlanjut dan belum berhenti.
  • Masa lampau bersifat terbuka dan saling terhubung antar waktunya. Sehingga, apapun yang sudah terjadi di masa lampau dapat dijadikan sebuah pembelajaran untuk waktu yang akan datang.
  • Sejarah dapat digunakan sebagai pedoman untuk merencanakan masa sekarang dan masa depan.

Dalam setiap peristiwa dan kejadian perkembangan manusia dapat dijelaskan secara konkret dengan konsep waktu. Hal tersebut mengartikan bahwa sejarah tidak dapat lepas dari struktur waktu. Beberapa konsep waktu esensial dalam sejarah sebagai berikut:

  1. Perkembangan. Setiap generasi masyarakat yang baru akan terus memperbarui dan membawa bentuk baru yang sesuai dengan kondisi zamannya. Pembaruan setiap generasi menjadikan keberhasilan dalam kehidupan masyarakat.
  2. Kesinambungan. Masyarakat akan mengambil beberapa cara yang dapat dipakai dari zaman-zaman sebelumnya yang menyebabkan adanya kesinambungan sejarah. Walaupun mengambil pembelajaran dari masa lalu, masyarakat tetap mengembangkan sesuatu sesuai zamannya.
  3. Pengulangan. Tidak jarang banyak peristiwa sejarah yang mengalami pengulangan. Walaupun secara waktu berbeda, namun latar belakangnya terkadang hampir sama.
  4. Perubahan. Perubahan dalam masyarakat yang terjadi secara besar dan singkat, biasanya dipengaruhi adanya kekuatan dari luar yang menjadikanya perubahan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

Roboguru

Kajian tentang sejarah pada dasarnya tidak dapat dilepaskan dari konsep ruang dan waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, jika mengkaji sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia, maka "konsep waktunya" a...

Pembahasan Soal:

Konsep ruang dan waktu dalam sejarah, berhubungan erat dengan saat dan tempat terjadinya suatu peristiwa atau kejadian sejarah. Ruang menggambarkan dimana peristiwa itu terjadi. Waktu menggambarkan kapan peristiwa itu terjadi. Sebagai gambaran, peristiwa pembacaan Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta. Sangat jelas, peristiwa itu disebutkan rinci waktunya pada 17 Agustus 1945 di wilayah Indonesia Kota Jakarta.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.

Roboguru

Unsur sejarah, yaitu ruang, waktu dan ....

Pembahasan Soal:

Sejarah memiliki tiga unsur penting, yaitu manusia, ruang, dan waktu. Dalam semua peristiwa atau kejadian, manusia adalah pelaku dari semuanya. Peran manusia sangat menentukan dalam setiap peristiwa sehingga manusia dan sejarah tidak dapat dipisahkan. Sementara itu, unsur ruang atau tempat memberikan gambaran jelas kepada kita bahwa peristiwa itu memang ada dan nyata. Adapun waktu akan menjadi batasan temporal dari setiap peristiwa yang telah terjadi dalam perjalanan hidup manusia. 

Dengan demikian unsur sejarah yaitu ruang, waktu, dan manusia.

Roboguru

Dalam sejarah dikenal konsep berfikir diakronis/ meneliti gejala-gejala yang memanjang dalam waktu, dan konsep sinkronis/ meluas dalam ruang waktu, jika konsep waktu menitikberatkan kapan peristiwa te...

Pembahasan Soal:

Dalam sejarah terdapat tiga unsur penting, yaitu 

  • manusia,
  • ruang,
  • waktu.

Manusia merupakan pelaku utama dari setiap peristiwa yang terjadi. Maka dari itu, peran manusia sangat menentukan karena setiap kajian tentang peristiwa akan selalu melibatkan manusia di dalamnya. Selain itu, peristiwa ataupun kejadian dari masa yang lampau selalu berlangsung dalam batasan ruang atau tempat tertentu. Unsur ruang yang menjadi tempat terjadinya peristiwa akan memberikan gambaran jelas kepada kita bahwa peristiwa itu memang ada dan nyata. Adapun waktu akan menjadi batasan temporal dari setiap peristiwa yang telah terjadi. Karena sejarah manusia tidak dapat terlepas dari waktu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved