Roboguru

Konflik yang terjadi di masyarakat tidak selalu berakhir dengan kemenangan di salah satu pihak. Hal ini dikarenakan....

Pertanyaan

Konflik yang terjadi di masyarakat tidak selalu berakhir dengan kemenangan di salah satu pihak. Hal ini dikarenakan....space space 

  1. adanya lembaga negara yang menjadi pihak ketiga

  2. ikut campurnya pengadilan untuk menyelesaikan konflik

  3. kedua belah pihak tidak dapat menyelesaikan konflik yang dihadapi

  4. pihak yang berkonflik membuat kesepakatan yang menguntungkan kedua belah pihak

  5. adanya perjanjian dengan pihak ketiga

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Konflik merupakan peristiwa atau fenomena sosial di mana terjadi pertentangan atau pertikaian baik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, maupun kelompok dengan pemerintah. Dalam sebuah konflik memiliki banyak sekali faktor-faktor seperti adanya banyak perbedaan-perbedaan yang ada dilingkungan masyarakat, sehingga perbedaan itu memicu konflik dan perpecahan. Dalam konflik pun tidak terjadi sepanjang waktu, teteapi masyarakat juga memiliki upaya-upaya dalam pengendalian dan penyelesaian konflik oyaitu sebagai berikut : 

Konsoliasi merupakan usaha mempertemukan dua pihak yang berkonflik dengan tujuan untuk menemui kesepakatan kedua belah pihak. 
Mediasi merupakan usaha yang tidak dilakukan sendiri oleh dua pihak yang bertikai. Kedua pihak biasanya meminta seseorang yang disebut sebagai mediator.
Arbitrasi juga merupakan bentuk pengendalian konflik sosial yang menggunakan jasa orang ketiga. Bedanya, pihak ketiga ini memberikan keputusan yang mengikat untuk kedua pihak yang berkonflik.
Kompromi merupakan pengendalian konflik sosial dimana kedua pihak menyelesaikan permasalahannya secara langsung dengan mengurangi tuntutan masing-masing. 
 Ajudikasi bisa dilakukan. Proses ajudikasi ini dilakukan dengan cara kedua belah pihak yang berkonflik mengadukan masalah mereka pengadilan dan kemudian masalah tersebut diselesaikan secara hukum

Dari upaya-upaya itu penyelesaian konflik selalu diupayakan menguntungkan kedua belah pihak yang berkonflik, agar konflik tidak berkelanjutan. Penyelesaian konflik yang demikian biasanya diselesaikan melalui kompromi, toleransi atau gencatan senjata, Jika penyelesaian konflik hanya menguntungkan satu pihak, maka dapat memunculkan konflik baru. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace space space space space space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved