Roboguru

Konflik yang kadang-kadang terjadi antara generasi muda dengan generasi tua di tandai dengan adanya pandangan, sikap, tingkah laku, tutur kata. Contoh konflik antar generasi tersebut umumnya disebabkan oleh faktor ...

Pertanyaan

Konflik yang kadang-kadang terjadi antara generasi muda dengan generasi tua di tandai dengan adanya pandangan, sikap, tingkah laku, tutur kata. Contoh konflik antar generasi tersebut umumnya disebabkan oleh faktor ...space 

  1. umur/usiaspace 

  2. kepentinganspace 

  3. perubahan sosialspace 

  4. posisi masyarakat dalamspace 

  5. peranan yang berbedaspace 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal adalah faktor penyebab konflik sosial. 

Konflik sosial adalah pertentangan antaranggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Artinya konflik sosial ini akan mengakibatkan perubahan dalam pola kehidupan masyarakat, yang akan mengarah pada perpecahan dan perselisihan. Konflik menjadi fenomena sosial yang tidak bisa di hindari oleh masyarakat karena konflik sebagain dari interaksi yang memiliki sifat disosiatif. Konflik sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat karena dipengaruhi dari beberapa faktor-faktor yaitu : 

1. Perbedaan antara individu-individu, pada perebedaan ini terkait dengan adanya perbedaan perasaan, kepercayaan atau bahkan perbedaan ideologi individu.

2. Perbedaan kebudayaan, perbedaan kebudayaan ini terkait dengan adanya perbedaan latar belakang budaya yang berbeda, yang mana pada perbedaan kebudayaan ini akan mempengaruhi dari kepribadian seorang individu.

3. Perbedaan kepentingan, Perbedaan kepentingan antara individu maupun kelompok merupakan sumber lain dari pertentangan baik kepentingan ekonomi, politik, dan sebagainya.

4. Perubahan sosial, perubahan sosial yang terjadi secara cepat memunculkan golongan-golongan masyarakat yang kemudian akan mempengaruhi  sistem sosial seperti nilai dan norma dalam penerapan pada kehidupan masyarakat yang akan memicu konflik dan perselisihan.

Jika dianalisis penyebab konflik pada soal karena adanya perubahan sosial yang di pengaruhi perubahan budaya yang membuat  sikap, dan perilaku di dalam masyarakat mulai berubah. Hal tersebut menyebabkan konflik antara generasi muda dan generasi tua, yang terjadi karena adanya perbedaan budaya, sikap, dan perilaku. Dan biasanya pada perubahan sosial yang ada geneeasi muda yang cenderung memiliki pemikiran yang berbeda dan sikap yang dianggap kurang sesuai dengan nilai dan norma, kerap kali membuat perselisihan antar dua generasi itu. 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Nilai dan norma sosial yang mendasari berbagai interaksi dan proses sosial pada dekade 1990-an tentu berbeda dengan dekade 2000-an. Akibatnya, di antara individu atau kelompok dalam masyarakat dapat b...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan proses dinamis dalam sistem sosial yang menghasilkan perbedaan-perbedaan dalam kurun waktu tertentu. Perbedaan nilai dan norma social pada masa 1990 dan 2000an jelas menunjukkan ada perubahan. Perubahan tersebut akhirnya menjadi sebab konflik yang mengakibatkan perbedaan persepsi dalam menerima atau menolak perubahan nilai dan norma sosialnya.

0

Roboguru

Jelaskan 4 penyebab konflik yang terjadi dalam masyarakat yang beragam!

Pembahasan Soal:

Masalah yang muncul dari adanya keberagaman masyarakat Indonesia adalah munculnya konflik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konflik didefinisikan sebagai perselisihan, percekcokan, dan pertentangan. Secara singkat konflik merupakan sesuatu yang bertentangan dan tidak selaras dalam kehidupan di masyarakat. Konflik disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut.

  1. Perbedaan antar individu. Setiap individu memiliki pendirian, perasaan, dan pandangan yang berbeda-beda terhadap suatu hal. Perbedaan perbedaan tersebut dapat memicu munculnya konflik di masyarakat.
  2. Perbedaan kebudayaan. Kepribadian seseorang salah satunya dipengaruhi oleh kelompok yang secara sadar maupun tidak sadar mempengaruhi pemikiran dan pendirian seseorang sehingga menjadi salah satu pemicu konflik.
  3. Perbedaan kepentingan, Setiap individu dengan individu lainnya  maupun antar kelompok memiliki perbedaan kepentingan baik dalam politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang dapat memicu terjadinya konflik.
  4. Perubahan sosial. Masyarakat selalu mengalami perubahan seiring perkembangan kebutuhan dan pengetahuan yang kemudian mempengaruhi cara pandang sebagian anggota masyarakat terhadap nilai dan norma. undefined

0

Roboguru

Berikut ini tidak termasuk penyebab konflik adalah...

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, sebab-sebab terjadinya konflik, antara lain sebagai berikut (Novi Susan, 2010).

1. Perbedaan antara orang perorangan, misalnya karena perbedaan pendirian dan perasaan sehingga dapat menyebabkan bentrokan antara orang perorangan.

2. Perbedaan kebudayaan karena kepribadian seseorang sedikit banyak dipengaruhi oleh kebudayaan masyarakatnya sehingga sadar atau tidak sadar, sedikit atau banyak memengaruhi pola pikir dan pola pendiriannya yang kemudian dapat menyebabkan pertentangan antarkelompok manusia.

3. Bentrokan kepentingan, baik kepentingan antara orang per orang, antara kelompok dan kelompok, maupun antara orang dan kelompok, misalnya perbedaan kepentingan buruh dan majikan dapat menimbulkan konflik di antara mereka.

4. Perubahan sosial yang cepat untuk sementara waktu mengubah nilainilai dalam masyarakat. Hal ini dapat menimbulkan konflik antara golongan-golongan yang berbeda pendapat mengenai pembentukan kembali sistem nilai yang akan dipakai selanjutnya.

Selain keempat penyebab tersebut, konflik sosial juga dapat disebabkan karena adanya kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial merupakan kondisi sosial yang terjadi akibat adanya ketidaksamaan peluang atau kesempatan dalam masyarakat. Kondisi tersebut seringkali memicu kecemburuan sosial sehingga berujung pada konflik sosial. Oleh karena itu, opsi pilihan C kurang tepat karena tidak ada konteks yang jelas dari perbedaan yang tajam. Sebab, tidak selalu perbedaan yang tajam dapat menyebabkan konflik secara langsung. Misalnya, perbedaan warna kulit, agama, ataupun kekayaan tidak selalu menghasilkan konflik ketika tidak ada diskriminasi ataupun kesenjangan sosial dalam masyarakat.

0

Roboguru

Awalnya kehidupan sebuah daerah relatif tenang dan tidak ada gejolak yang berarti. Lambat laun mulai terlihat ada perbedaan semenjak kedatangan pendatang yang memiliki nilai dan norma baru. Konflik pu...

Pembahasan Soal:

Faktor penyebab konflik antara lain: perbedaan antar individu, perbedaan antarkebudyaan, perbedaan etnis, ras dan agama.

Dari beberapa faktor tersebut, yang berkaitan dengan ilustrasi pada soal adalah perbedaan antarindividu dan perbedaan antarkebudayaan.

  1. Perbedaan antarindividu menjadi salah satu penyebab konflik, misalnya mulai dari perbedaan pendapat yang memicu baku hantam hingga perbedaan kepentingan yang dapat mejadi penyebab konflik.
  2. Sedangkan kebudayaan adalah warisan yang diwariskan secara turun-temurun, sehingga hal ini dapat menjadi suatu hal yang sangat rapuh jika disinggung dengan cara yang tidak tepat, misalnya seorang dengan suku X menghina kebudayaan orang lain dengan suku Y yang memicu terjadinya konflik.

0

Roboguru

Sebutkan sebab-sebab terjadinya konflik!

Pembahasan Soal:

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial antara lain:

  1. Faktor Perbedaan Pendirian dan Keyakinan, seperti perbedaan pendirian dalam parpol, perbedaan keyakinan dalam beragama dan perbedaan pandangan dalam menyikapi sebuah persoalan dapat memicu sebuah konflik.
     
  2. Faktor Perbedaan Kebudayaan, nilai dan norma sosial yang terkandung dalam kebudayaan membentuk pola-pola kepribadian dan pola-pola perilaku yang berbeda. Perbedaan tersebut dapat menyebabkan munculnya konflik sosial.
     
  3. Faktor Perbedaan Kepentingan, perbedaan kepentingan dapat membuat pihak-pihak yang bersangkutan saling bersaing seperti untuk memperebutkan kekuasaan, sumber daya, kesempatan dsb yang dapat memicu konflik sosial.
     
  4. Faktor Perubahan Sosial, situasi masyarakat yang sedang berubah membuat norma dan nilai sosial goyah sehingga mengakibatkan terjadinya peningkatan konflik.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved