Iklan

Iklan

Pertanyaan

Konflik antara kakak dan adik akhirnya selesai setelah mereka dimarahi oleh orangtuanya dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya. Bentuk akomodasi penyelesaian konflik tersebut adalah....

Konflik antara kakak dan adik akhirnya selesai setelah mereka dimarahi oleh orangtuanya dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya. Bentuk akomodasi penyelesaian konflik tersebut adalah....

  1. koersi

  2. toleransi

  3. mediasi

  4. arbitrasi

  5. kompromi

Iklan

M. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Arbritasi merupakan proses penyelesaian konflik dengan cara melibatkan pihak ketiga dan keputusannya mengikat harus diikuti atau dijalankan oleh pihak yang berkonflik. Berdasarkan ilustrasi konflik antara kakak dan adik akhirnya selesai setelah mereka dimarahi oleh orang tuanya dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya. Orang tua sebagai pihak ketiga dengan meminta untuk tidak mengulangi perbuatannya merupakan keputusan yang mengikat dan harus diikuti. Adapun Penjelasan dari pilihan jawaban lain yaitu: Koersi yaitu bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan secara fisik atau psikologis. Toleransi merupakan bentuk akomodasi yang terjadi tanpa persetujuan formal, toleransi timbul secara tidak sadar dan spontan akibat reaksi alamiah individu yang ingin menghindari perselisihan. Mediasi merupakan penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dengan keputusan tidak mengikat Kompromi merupakan proses penyelesain konflik dengan kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan.

Arbritasi merupakan proses penyelesaian konflik dengan cara melibatkan pihak ketiga dan keputusannya mengikat harus diikuti atau dijalankan oleh pihak yang berkonflik. Berdasarkan ilustrasi konflik antara kakak dan adik akhirnya selesai setelah mereka dimarahi oleh orang tuanya dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatannya. Orang tua sebagai pihak ketiga dengan meminta untuk tidak mengulangi perbuatannya merupakan keputusan yang mengikat dan harus diikuti.

Adapun Penjelasan dari pilihan jawaban lain yaitu:

  • Koersi yaitu bentuk akomodasi yang prosesnya melalui paksaan secara fisik atau psikologis.
  • Toleransi merupakan bentuk akomodasi yang terjadi tanpa persetujuan formal, toleransi timbul secara tidak sadar dan spontan akibat reaksi alamiah individu yang ingin menghindari perselisihan.
  • Mediasi merupakan penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dengan keputusan tidak mengikat
  • Kompromi merupakan proses penyelesain konflik dengan kedua belah pihak saling mengurangi tuntutan.

Latihan Bab

Mengenal Konflik Sosial dan Kekerasan

Sikap-Sikap Pemicu Konflik

Faktor Penyebab Konflik Sosial

Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya

65

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan tabel berikut ini ! Berdasarkan tabel pengendalian sosial, maka isian yang tepat untuk melengkapi isi tabel tersebut, yang sesuai dengan urutan A,B,C adalah ….

42

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia