Roboguru

Konfigurasi elektron atom 19K berdasarkan urutan kulit atomnya adalah sebagai berikut. 19K =  2  8  8   1            K  L  M  N Berdasarkan konfigurasi tersebut, mengapa kulit M tidak berisi 9 elektron tetapi berisi 8 elektron, padahal jumlah elektron maksimum yang dapat ditempatkan pada kulit Msebanyak 18?

Pertanyaan

Konfigurasi elektron atom 19K berdasarkan urutan kulit atomnya adalah sebagai berikut.

19K =  2  8  8   1
           K  L  M  N

Berdasarkan konfigurasi tersebut, mengapa kulit M tidak berisi 9 elektron tetapi berisi 8 elektron, padahal jumlah elektron maksimum yang dapat ditempatkan pada kulit Mundefinedsebanyak 18?

Pembahasan Soal:

    Konfigurasi elektron pada unsur golongan utama dapat menentukan posisi unsur dalam tabel periodik. Elektron valensi (elektron terakhir) dapat menentukan posisi unsur pada golongan sedangkan jumlah kulit yang terisi elektron menunjukkan posisi unsur pada periode.

    Dikarenakan jumlah golongan pada tabel periodik unsur hanya sampai VIIIA, maka jumlah elektron yang boleh menempati kulit terakhir maksimal adalah 8 meskipun kulit tersebut mampu menampung lebih dari 8 elektron.

Jadi, jumlah elektron valensi hanya boleh sampai 8 karena pada sistem periodik unsur terdiri dari 8 golongan utama.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 15 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved