Roboguru

Kondisi sungai di Jakarta semakin memprihatinkan. Tema yang tepat sesuai dengan fenomena tersebut adalah ...

Pertanyaan

Kondisi sungai di Jakarta semakin memprihatinkan. Tema yang tepat sesuai dengan fenomena tersebut adalah ...space 

  1. penyebab banjir di Jakartaundefined 

  2. tingkat penggunaan air tanah di Jakartaundefined 

  3. pariwisata keliling sungai di Jakartaundefined 

  4. kualitas air sungai di Jakartaundefined 

  5. kualitas penduduk di Jakartaspace space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kondisi sungai di ibu kota Jakarta semakin memprihatinkan. Tema penelitian yang tepat sesuai dengan fenomena tersebut adalah kualitas air sungai di Jakarta. Kondisi sungai mengindikasikan kualitas yang buruk akibat pencemaran dan hal tersebut akan merambat pada penyebab banjir apabila tidak segera ditangani.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Objek penelitian geografi yang sesuai dengan tema dampak abu vulkanis terhadap kondisi lahan di sekitar gunung api adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Pada penelitian dengan tema dampak abu vulkanik terhadap lahan, maka objek penelitiannya adalah lahan yang terkena dampak dari abu vulkanik. Maka, objek penelitian yang tepat adalah kondisi tanah dan udara. Hal ini disebabkan tanah dan udara yang terkena dampak abu vulkanik akan dapat mempengaruhi kondisi lahan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Seorang peneliti ingin melakukan penelitian tentang pendangkalan sungai, maka faktor fisik geografi yang harus diperhatikan dan berhubungan dengan hal tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Geografi fisik adalah bagian ilmu geografi yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan studi tentang proses dan pola dalam lingkungan alam di muka bumi. Dalam geografi penelitian tentang pendangkalan sungai yang tergolong aspek fisik adalah erosi di hulu sungai. Erosi di hulu sungai termasuk kedalam aspek fisik karena termasuk bentang alam fisik bumi. Sedangkan pilihan jawaban B,C,dan E itu merupakan aspek sosial geografi dan pada pilihan D sulit untuk ditentukan antara aspek fisik atau sosial

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Fenomena geografi yang sesuai untuk objek penelitian fisik adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Objek penelitian fisik adalah fenomena-fenomena geografi yang berkaitan dengan geografi fisik, seperti hidrosfer, atmosfer, litosfer, dan objek geografi fisik lainnya. Maka, fenomena yang diteliti dalam penelitian geografi fisik adalah sedimentasi di sekitar muara sungai, yang mana hal ini berkaitan dengan objek material hidrosfer. Sementara, fenomena geografi pada pilihan jawaban lainnya berhubungan dengan fenomena sosial ekonomi masyarakat. Jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Arus komuter setiap hari semakin banyak jumlahnya. Hal ini memerlukan perhatian khusus dari pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Tema penelitian yang tepat untuk peristiwa tersebut adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah meningkatnya arus komuter setiap harinya, sehingga hal ini membutuhkan perhatian yang lebih dari pemerintah, terutama pemerintah daerah. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tema penelitian yang sesuai untuk soal ini adalah penyebab meningkatnya arus komuter setiap harinya. Dengan penelitian tersebut, maka akan dapat ditemukan penyebab peningkatan arus komuter ini, dan dapat dijadikan pertimbangan bagi pemerintah untuk mencari solusi bagi hal tersebut. Jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Langkah pertama dalam penelitian geografi adalah menentukan objek penelitian. Hal ini bertujuan untuk....

Pembahasan Soal:

Langkah pertama dalam penelitian geografi adalah menentukan objek penelitian. Objek penelitian adalah hal yang menjadi sasaran penelitian yang dapat berupa orang, organisasi atau barang yang akan diteliti. Hal tersebut bertujuan untuk menentukan arah kegiatan penelitian dan menerapkan metodologi yang paling sesuai. Dari objek penelitian juga dapat menentukan langkah penelitian yang akan ditempuh.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved