Roboguru

Komponen biotik dalam ekosistem dikelompokkan menjadi 4 kelompok sebutkan, jelaskan pengertiannya dan sebutkan contohnya!

Komponen biotik dalam ekosistem dikelompokkan menjadi 4 kelompok sebutkan, jelaskan pengertiannya dan sebutkan contohnya!

Jawaban:

  1. Produsen
    Produsen ialah organisme yang bisa menyusun senyawa organik (yang mengandung bahan-bahan kehidupan) dari bahan anorganik (tidak mengandung bahan kehidupan) menjadi makanannya sendiri. Didalam membentuk makananya sendiri, organisme ini dibantu dengan cahaya matahari serta sering kita sebut organisme autotrof. Yang juga termasuk dalam kelompok ini ialah jenis-jenis bakteri, tumbuhan hijau serta ganggang biru-hijau.
  2. Konsumen
    Konsumen ialah organisme yang tidak bisa membuat zat makanan sendiri, serta untuk memenuhi kebutuhan makananya bergantung pada organisme lainnya. Organisme tersebut dinamakan organisme heterotrof. Komponen yang ada dalam golongan heterotrof ialah, manusia, jamur, hewan, serta mikroba. Organisme konsumen dapat dibedaka dengan berdasarkab jenis makananya menjadi golongan herbivor (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), serta omnivora (pemakan segala). Berdasarkan tingkatannya, konsumen dapat kita bagi menjadi:
    – Konsumen primer ialah pemakan langsung produsen
    Contoh: semua bangsa herbivora serta omnivora seperti: tikus, kambing, ulat, sapi, dll.
    – Konsumen sekunder ialah pemakan konsumen primer
    Contoh: sebagian karnivora dan omnivora seperti: ular, katak, trenggiling, cheetah, ayam, harimau, dll.
    – Konsumen tersier ialah pemakan konsumen sekunder.
    Contoh: sebagian karnivora dan omnivora seperti: elang, gurita, hiu, dll.
  3. Dekomposer
    Dekomposer disebut pengurai. Memungkinkan zat-zat organik terurai dan mengalami daur ulang kembali menjadi hara. Yang termasuk kelompok perombak adalah bakteri dan jamur.
  4. Detrivora
    Detrivora merupakan suatu organisme yang memakan suatu pertikel organik. Detritus adalah hancuran jaringa tumbuhan hewan yang melepuk. Yang termasuk golongan tersebut, siput, cacing tanah, lipan, teripang dan keluwing.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved