Roboguru

Koloid di bawah ini yang tidak dapat dibuat dengan cara kondensasi adalah ....

Koloid di bawah ini yang tidak dapat dibuat dengan cara kondensasi adalah ....

  1. sol belerang

  2. sol AgCl

  3. sol Fe(OH)3

  4. sol alumunium

  5. sol emas

Jawaban:

Pembuatan oloid salah satunya menggunakan teknik kondensasi. Yaitu pembuatan kolid dengan cara menggabungkan partikel molekul atau ion menjadi partikel koloid. Metode ini dapat dilakukan dengan reaksi-reaksi kimia seperti reaksi redoks, hidrolisis dan dekomposisi atau pergantian pelarut.

  • Reaksi redoks merupakan reaksi yang ditandai dengan adanya perubahan bilangan oksidasi. Contoh reaksi redoks yang menghasilkan partikel koloid adalah reaksi pembuatan sol belerang dari reaksi antara hidrogen sulfida (H2S) dengan belerang dioksida (SO2)
  • Reaksi hdrolisis adalah reaksi suatu senyawa dengan molekul air. Reaksi ini juga dikenal dengan reaksi pemcahan molekul air. Biasanya reaksi ini digunakan untuk menghasilkan sol logam. Contoh dari reaksi hidrolisis yang dapat menghsilkan partikel koloid adalah reaksi pembuatan sol Fe(OH)3 dari hidrolisis FeCl3 
  • Dekomposisi rangkap adalah reaksi penguraian suatu zat menjadi zat yang lebih sederhana. Contoh dari reaksi dekomposisi rangkap yang dapat menghasilkan partikel koloid adalah sol AgCl yang dapat dibuat dengan mencampurkan larutan perak nitrat dengan larutan HCl 
  • Penggantian pelarut dilakukan untuk menurunkan kelarutan suatu zat terlarut. Pelarut yang digunakan untuk mengganti dapat disesuaikan dengan zat terlarutnya. Contoh dari penggantian pelarut dapat dilihat pada proses pembuatan larutan jenuh kalsium asetat.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah D.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved