Roboguru

Kita sepakat harga minyak naik, tetapi pemerintah perlu memikirkan agar tidak menaikkan terlalu tinggi karena bahan bakar minyak lebih banyak dipakai kelas bawah, seperti minyak tanah dan premium. Pertamaks, avtur, dan sejenisnya, bolehlah harganya ditetapkan lebih tinggi. Kalau ini dilakukan, dampak buruk ke masyarakat bawah bisa dikurangi, apalagi jika program bantuan untuk rakyat miskin itu tepat pada sasarannya. Masalah bantuan yang tepat sasaran ini juga persoalan rumit. Proyek semacam ini sudah pernah dicoba di masa lalu, meski dengan pola yang berbeda. Hasilnya gagal. Minyak tanah dengan harga yang lebih murah tidak jatuh ke tangan orang miskin, tetapi ada juga yang mengalir ke pabrik-pabrik yang membutuhkannya lewat berbagai permainan jahat. Uang dan beras dari pengalihan subsidi minyak juga seret sampai di bawah. Yang lebih krusial adalah tidak ada data yang akurat tentang kantong-kantong orang miskin itu. Bahkan, terjadi korupsi dengan memanipulasi orang miskin dengan membuat laporan fiktif.   Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah.....

Pertanyaan

Kita sepakat harga minyak naik, tetapi pemerintah perlu memikirkan agar tidak menaikkan terlalu tinggi karena bahan bakar minyak lebih banyak dipakai kelas bawah, seperti minyak tanah dan premium. Pertamaks, avtur, dan sejenisnya, bolehlah harganya ditetapkan lebih tinggi. Kalau ini dilakukan, dampak buruk ke masyarakat bawah bisa dikurangi, apalagi jika program bantuan untuk rakyat miskin itu tepat pada sasarannya.

Masalah bantuan yang tepat sasaran ini juga persoalan rumit. Proyek semacam ini sudah pernah dicoba di masa lalu, meski dengan pola yang berbeda. Hasilnya gagal. Minyak tanah dengan harga yang lebih murah tidak jatuh ke tangan orang miskin, tetapi ada juga yang mengalir ke pabrik-pabrik yang membutuhkannya lewat berbagai permainan jahat. Uang dan beras dari pengalihan subsidi minyak juga seret sampai di bawah. Yang lebih krusial adalah tidak ada data yang akurat tentang kantong-kantong orang miskin itu. Bahkan, terjadi korupsi dengan memanipulasi orang miskin dengan membuat laporan fiktif.

 

Opini penulis yang terungkap dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah.....

  1. Harga minyak jangan terlalu tinggi agar minyak berharga murah sebagai bantuan tidak jatuh ke orang miskin.

  2. Pemerintah perlu memikirkan harga minyak agar jangan terlalu tinggi karena bahan bakar minyak banyak dipakai kelas bawah.

  3. Masalah bantuan bagi orang miskin merupakan persoalan sulit untuk dicarikan solusinya.

  4. Minyak tanah harga murah tidak jatuh ke tangan orang miskin karena ada yang mengalir ke pabrik-pabrik.

  5. Uang dan beras pengalihan subsidi minyak seret sampai di bawah karena banyak dikorupsi dengan memanipulasi orang miskin.

Pembahasan:

Dalam teks editorial atau teks opini, hal yang menjadi opini penulis merupakan sebuah topik yang sebenarnya secara keseluruhan dalam teks tersebut dibahas. Hal yang dibahas oleh penulis adalah kenaikan harga minyak yang akan berdampak pada naiknya harga bahan pokok dan kemudian akan menyulitkan masyarakat miskin. Pernyataan tersebut muncul pada paragraf pertama.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks editorial berikut!       Kondisi Jakarta yang selalu menjadi langganan banjir tahunan yang belum bisa diatasi seolah-olah menegaskan bahwa masa depan Jakarta bakal tenggelam. Merujuk ...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved