Roboguru

Ketimpangan sosial cenderung merujuk pada...

Pertanyaan

Ketimpangan sosial cenderung merujuk pada...undefined  

  1. perbedaan secara horizontal dalam masyarakat

  2. ketidaksetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam masyarakat

  3. perbedaan yang mencolok dalam mengakses serta menikmati bidang-bidang kehidupan

  4. perbedaan antar individu yang telah dibawa sejak lahir sebagai karunia Tuhan Yang Maha Kuasa

  5. pelapisan-pelapisan individu dan kelompok berdasarkan kelas-kelas sosial dalam struktur masyarakat

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ketimpangan sosial disebut juga kesenjangan sosial. Ketimpangan sosial dapat diartikan suatu ketidakseimbangan dalam masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan demikian mencolok. Ketimpangan sosial atau kesenjangan sosial juga dapat diartikan perbedaan jarak antara kelompok atas dan kelompok bawah. Kelompok atas dapat dimaknai kelas, golongan, kekuatan, atau pengaruh yang lebih menguasai dan dominan. Adapun kelompok bawah merupakan kelas, golongan, kekuatan, atau pengaruh yang tidak menguasai dan minoritas. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi adanya  ketimpangan sosial adalah sebagai berikut : 

1. Faktor internal
        Faktor yang muncul dari dalam diri seseorang. Hal ini bisa diakibatkan karena rendahnya kualitas sumber daya manusia, seperti rendahnya pendidikan atau keterampilan, kesehatan yang dimiliki, serta hambatan budaya seperti kemiskinan.

2. Faktor eksternal 
     Faktor eksternal berasal dari luar kemampuan diri seseorang. Faktor eksternal terjadi karena adanya peraturan atau kebijakan yang ada di lingkungan sekitar. Hal ini bisa memperkecil kemampuan seseorang dalam pemanfaatan peluang atau kesempatan yang ada. 

3. Faktor kultural 
        Faktor kultural berkaitan dengan kebijakan atau karakter yang dilakukan oleh masyarakat. Misalnya, kondisi masyarakat itu malas, mudah menyerah, rajin, jujur, atau lain sebagainya. 

4. Faktor struktural 
        Faktor struktural berkaitan erat dengan cara pengelolaan dalam kebijakan pemerintah, baik itu formal maupun hanya pelaksanaan kebijakan-kebijakannya. Misalnya, bagaimana penyaluran listrik ke masyarakat agar dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat.

Dari penjelasan dan faktor aadanya sebuah kesenjangan atau ketimpangan sosial dapat disimpulkan bahwak ketimpangan atau kesenjangan sosial lebih merujuk pada adanya ketidaksetaraan dalam kehidupan masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved