Roboguru

Ketika para siswa hendak mengadakan wisata, terjadilah perbedaan pendapat dalam menentukan objek wisata. Untuk mencapai kata mufakat maka diadakan votting. Contoh penyelesaian konflik tersebut termasuk ...

Pertanyaan

Ketika para siswa hendak mengadakan wisata, terjadilah perbedaan pendapat dalam menentukan objek wisata. Untuk mencapai kata mufakat maka diadakan votting. Contoh penyelesaian konflik tersebut termasuk ...space 

  1. subjugationspace 

  2. majority rulespace 

  3. eliminationspace 

  4. integrationspace 

  5. stalematespace 

Pembahasan Soal:

Poin pada soal terkait dengan upaya penyelesaian konflik dalam kehidupan masyarakat. 

Konflik yang terjadi dalam kehidupan masysrakat sebagai fenomena sosial yang tidak dapat di hidnari oleh masyarakat, karena konflik berasal dari interaksi yang terjadi dan memiliki sifat disosiatif yang mengarah pada perselisihan dan perpecahan dalam masyarakta. Yang biasanya konflik ini di latar belakangi perbedaan-perbedaan dilingkungan masyarakat. Pada kondisi ini untuk menyelesaikan konflik agar tidak semakin meluas maka di lakukan sebuah upaya akomodasi atau upaya penyelesaian konflik. Dalam upaya-upaya ini biasanya melakukan sebuah cara-cara yaitu : 

  1. Elimination, yaitu pengunduran diri salah satu pihak yang terlibat di dalam konflik
  2. Subjugation atau domination, yaitu orang atau pihak yang mempunyai kekuatan terbesar untuk dapat memaksa orang atau pihak lain menaatinya
  3. Majority rule adalah upaya pengambil keputusan di tengah-tengah perselisihan atau perbedaan dengan cara menggunakan suara terbanyak sebagai keputusan akhir.
  4. Minority consent, yaitu kemenangan kelompok mayoritas yang diterima dengan senang hati oleh kelompok minoritas. 

Contohnya yang tertera dalam soal adalah termasuk dalam penyelesaian konflik dengan menggunakan cara majority rule karena  voting yang dilakukan untuk menentukan objek wisata mana yang harus dikunjungi oleh para siswa, sehingga suara terbanyak akan menentukan objek wisata tersebut tanpa mempertimbangkan argumentasi pada dua be;ah pihak yang akan mengakibatkan perselisihan dan konflik. 

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya menangani konflik merupakan suatu kewajiaban yg harus dilaksanakan oleh?

Pembahasan Soal:

Konflik artinya percekcokan, perselisihan dan pertentangan. Sedangkan konflik sosial yaitu pertentangan antar anggota atau masyarakat yang bersifat menyeluruh di kehidupan. Oleh karena itu, yang memiliki kewajiban untuk menyelesaikan konflik tersebut adalah pihak yang berkonflik atau masyarakat itu sendiri sehingga konflik tidak berdampak kepada masyarakat yang lebih luas lagi. space 

0

Roboguru

“Semua masalah bisa diselesaikan secara damai jika pihak yang bermusuhan saling berbicara atas nama cinta dan kebenaran”. Dikutip dari Satya Graha yang dikemukakan oleh Mahatma Gandhi. Pernyataan di a...

Pembahasan Soal:

Prinsip Gandhi, satyagraha, sering diterjemahkan sebagai "jalan yang benar" atau "jalan menuju kebenaran", telah menginspirasi berbagai generasi aktivis-aktivis demokrasi dan anti-rasisme. Gandhi sering mengatakan kalau nilai-nilai ajarannya sangat sederhana, yang berdasarkan kepercayaan Hindu tradisional: kebenaran (satya), dan non-kekerasan (ahimsa). Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space

0

Roboguru

Sebutkan solusi konflik sosial!

Pembahasan Soal:

Solusi dalam menyelesaikan konflik sosial:

  1.  MEDIASI Yaitu salah satu cara untuk menyelesaikan konflik sosial di masyarakat, penyelesaian dapat di lakakukan melalui pihak ketiga sebagai mediator apabila pihak – pihak yang sedang memiliki konflik sosial sepakat. Hal tersebut termasuk dalam pengendalian konflik sosial dengan adanya mediator dengan persetujuan pihak yang sedang memiliki konflik sosial.

  2. KONSILIASI Yaitu cara pengendalian konflik sosial yang dilakukan oleh lembaga – lembaga yang berwewenang untuk mengadili suatu konflik sosial seperti lembaga perwakilan rakyat dimana dapat memberikan keputusan dengan adil. Konfiliasi akan menengahi dua pihak kelompok yang mendapat konflik sosial untuk saling berdiskusi.
  3. ARBITRASI Yaitu bentuk mengendalikan suatu konflik sosial melalui pihak ketiga dimana pihak ketiga ini tidak mengikat apapun dari kedua pihak kelompok yang berkonflik tersebut serta kedua pihak individu maupun kelompok yang berkonflik setuju. Pihak ketiga akan mengadili serta mengambil keputusan konflik yang terjadi antara kedua pihak atas persetujuan mereka.
  4.  ADJUDICATION Yaitu menyelesaikan konflik melalui pengadilan yang jelas dan adil. Adjudication salah satu cara menyelesaikan konflik sosial antara dua kelompok pihak dengan jelas dan adil dengan melalui pengadilan di pemerintahan, penyelesaian melalui pengadilan memiliki beberapa syarat yang sudah di tentukan oleh negara sebagai pemenuhan syarat dua pihak.
  5.  KOMPROMI yaitu penyelesaian konflik sosial yang dilakukan kedua belah pihak kelompok maupun individu berusaha untuk mencari penyelesaian dengan mengurangi beberapa tuntunan karena terjadinya pertentangan, hal ini akan menguntungkan satu sama lain karena penyelesaian konflik sosial dengan cara berkompromi antar pihak.
  6. STALEMATE yaitu penyelesaikan konflik sosial antar dua belah pihak yang akan selesai dengan sendirinya di karenakan terjadi kekuatan yang seimbang dan kedua belah pihak setuju untuk menyelesaikan konflik sosial tersebut tanpa adanya peperangan yang terjadi karena kekuatan yang mereka keluarkan seimbang atau memiliki kelebihan yang sama.space space space 

0

Roboguru

Bentuk pengendalian konflik yang di lakukan dengan cara subjugation adalah ...

Pembahasan Soal:

Subjugation atau dominasi adalah bentuk akomodasi dimana orang atau pihak yang mempunyai kekuatan terbesar dapat memaksa orang atau pihak lain untuk menaatinya. Contohnya, pemerintah membuat hukum dan peraturan perundang-undangan untuk ditaati rakyat karena hukum bersifat mengikat dan memaksa.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E. 

1

Roboguru

Identifikasikan pendidikan perdamaian untuk mengatasi dan menanggulangi kekerasan!

Pembahasan Soal:

Pendidikan perdamaian (peace education) sebagai bagian dari tawaran untuk mencegah semakin maraknya aksi kekerasan secara komunal di kalangan generasi muda yang menjadi harapan bangsa ke depan. Melalui penerapan peace education dalam kurikulum sekolah, kita bisa menekan tindakan kekerasan atau sikap intoleransi yang dapat merugikan orang lain karena anak didik diajarkan sejak dini bagaimana membangun bina damai tanpa mengedepankan egosentrisme yang menyulut api permusuhan.

Generasi yang dibalut dengan karakter cinta damai diharapkan mampu menjadi teladan generasi masa kini untuk berbuat lebih baik bagi perbaikan bangsa yang sedang menghadapi ancaman kekerasan yang bertubi-tubi.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved