Roboguru

Kesimpulan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan siswa Prof Relo adalah ....

Pertanyaan

Kesimpulan yang tepat berdasarkan data hasil pengamatan siswa Prof Relo adalah ....

  1. Sampel A dan B mengandung karbohidrat, sedangkan sampel C mengandung protein undefined 

  2. Sampel A mengandung karbohidrat, sedangkan sampel B dan C mengandung karbohidrat dan protein. Khusus sampel C mengandung polisakaridaundefined 

  3. Sampel A mengandung protein, sedangkan sampel B dan C mengandung karbohidratundefined 

  4. Sampel A dan C mengandung protein, sedangkan sampel B mengandung karbohidrat dan proteinundefined 

  5. Sampel A dan C mengandung protein dan karbohidrat, sedangkan sampel B hanya mengandung karbohidrat sajaundefined 

Pembahasan Soal:


Uji kualitatif identifikasi Karbohidrat dan protein diantaranya adalah sebagai berikut:

  1.  Larutan Benedict digunakan untuk menguji keberadaan gula pereduksi dalam suatu sampel. Hasil positif yang ditunjukkan dari uji ini adalah terbentukan endapan berwarna merah bata yang tidak larut. Endapan merah bata diakibatkan reaksi dari ion logam tembaga(II) direduksi menjadi tembaga (I).
  2. Prisip dari pengujian iodin yaitu amilum atau pati yang bereaksi dengan iodin akan membentuk warna biru, dekstrin membentuk warna merah keunguan, dan glikogen akan membentuk warna merah kecoklatan.
  3. Uji Ninhidrin atau tes ninhidrin digunakan untuk menunjukkan adanya asam amino dalam zat yang di uji. Hasil positif ditandai dengan terbentuknya kompleks berwarna biru/keunguan.

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa:undefined 

  • sampel A mengandung gula pereduksi (monosakarida)
  • sampel B mengandung protein dan karbohidrat
  • sampel C mengandung polisakarida dan protein.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuiskan reaksi pengenalankarbohidrat!

Pembahasan Soal:

Reaksi pengenalan karbohidrat diantaranya:

  1. Uji umum untuk karbohidrat adalah uji Molisch. Apabila larutan atau suspensi karbohidrat diberi beberapa tetes larutan alfa naftol dan asam sulfat pekat secukupnya, akan terbentuk dua lapisan cairan. Pada bidang batas kedua lapisan tersebut, akan terbentuk warna merah-ungu.
  2. Uji Fehling, digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa dll), uji positif ditandai dengan warna merah bata
  3. Uji Benedict, merupakan uji umum untuk karbohidrat yang memiliki gugus aldehid atau keton bebas, uji ini berdasarkan reduksi Cu to the power of 2 plus sign menjadi Cu to the power of plus sign oleh gugus aldehida atau keton bebas dalam suasana alkalis, uji positif ditandai dengan terbentuknya larutan hijau, merah, orange/merah bata serta adanya endapan.
  4. Uji Seliwanoff adalaha uji spesifik dalam mengidentifikasi gula ketosaheksosa seperti fruktosa. Hasil uji positif jika pada larutan terbentuk kompleks yang bewarna merah. 
  5. Uji Barfoed, digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dalam sampel, uji positif ditunjukkan dengan terbentuknya endapan merah orange
  6. Uji Iodin, menunjukkan adanya polisakarida, dimana pada amilum dengan iodin dapat membentuk kompleks biru, pada amilopektin dengan iodin akan memberi warna merah ungu sedangkan dengan glikogen dan dekstrin akan membentuk warna merah coklat.

Jadi, reaksi pengenalan karbohidrat adalah uji Molisch, uji Fehling, uji Benedict, ujiundefinedSeliwanoff, uji Barfoed dan uji Iodin.

0

Roboguru

Perhatikan data hasil uji karbohidrat berikut. Pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor....

Pembahasan Soal:

Karbohidrat adalah sumber utama energi kita. Karbohidrat terdiri atas ikatan polihidroksi yang mengandung gugus aldehid dan keton. Ada banyak jenis karbohidrat di sekitar kita. Karbohidrat dapat diuji dengan beberapa cara, seperti uji benedict, uji mollisch, uji tollens, uji fehling, dan uji iodin.

  1. Uji benedict digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dan gula pereduksi. Uji benedict akan bereaksi dengan monosakarida dan gula pereduksi membentuk endapan berwarna merah bata. 
  2. Uji Molisch, ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna ungu di bagian bawah tabung. Uji Molisch umumnya bisa digunakan untuk berbagai jenis monosakarida.
  3. Uji gula pereduksi ( karbohidrat kecuali sukrosa, amilum dan selulosa) dengan uji fehling menghasilkan endapan merah bata dan uji tollens menghasilkan cermin perak.
  4. Uji Iodin adalah reaksi kimia yang digunakan untuk menguji keberadaan pati atau iodium. Uji iodin pada amilum akan menghasilkan warna biru.

Berdasarkan penjelasan diatas, pasangan yang tepat antara jenis karbohidrat, pereaksi, dan hasil pengamatan ditunjukkan oleh nomor 2, karena sukrosa tidak dapat bereaksi dengan fehling sehingga tidak berubah warna.

Jadi, jawaban yang tepat adalah no.2.undefined

0

Roboguru

Data yang berhubungan dengan tepat adalah …

Pembahasan Soal:

Uji Molisch

Uji Molisch sangat efektif untuk membedakan senyawa karbohidrat atau bukan karbohidrat. Uji Molisch dilakukan dengan meneteskan larutan alfanaftol dan asam sulfat pekat pada larutan yang akan diuji. Jika suatu senyawa adalah karbohidrat maka hasil uji menunjukkan adanya cincin atau lapisan warna merah ungu.

 

Uji Benedict dan Fehling

Uji Benedict dan Fehling digunakan untuk menunjukkan adanya gula pereduksi.

Berikut ini hasil dari uji Benedict dan Fehling.

  1. fruktosa, glukosa, maltosa, dan laktosa menunjukkan hasil positif,
  2. sukrosa dan amilum menunjukkan hasil negatif.

Reaksi positif ditandai dengan adanya endapan Cu2O yang berwarna merah bata, kuning, atau biru kehijauan tergantung kadar gula pereduksinya. Karbohidrat yang menunjukkan hasil positif disebut gula pereduksi. Uji Benedict ini biasanya digunakan untuk menentukan kadar gula dalam urine.

 

Uji Iodin

Uji iodin digunakan untuk membuktikan adanya polisakarida.

  1. amilum menghasilkan warna biru ungu,
  2. dekstrin menghasilkan warna merah anggur,
  3. glikogen menghasilkan warna merah coklat, dan
  4. selulosa menghasilkan warna coklat.

0

Roboguru

Berikut ini data hasil uji adanya makromolekul dalam beberapa jenis makanan. Pasangan bahan makanan yang mengandung protein dan amilum berturut-turut adalah ....

Pembahasan Soal:

Uji pereaksi biuret digunakan untuk mendeteksi adanya ikatan peptida pada zat makanan. Ikatan peptida dapat menunjukkan adanya protein yang terkandung pada bahan makanan. Jika bahan makanan mengandung ikatan peptida, maka akan terjadi perubahan warna menjadi ungu saat ditetesi biuret.

  • Pada tabel yang mengandung ikatan peptida (bereaksi dengan uji biuret) adalah bahan ke-2 dan 4.

Uji Xantoproteat digunakan untuk mendeteksi inti benzena yang terdapat pada protein yang terkandung pada bahan makanan. Jika, bahan makanan mengandung inti benzena, akan terjadi perubahan warna menjadi jingga.

  • Pada tabel yang bereaksi positif dengan uji Xantoproteat adalah bahan ke-2.

Uji Iodin digunakan untuk mendeteksi adanya amilum pada zat makanan. Jika terdapat amilum, maka akan terjadi perubahan warna menjadi biru.

  • Pada tabel yang bereaksi positif terhadap uji Iodin adalah bahan ke-1, 2, dan 4.

Pasangan bahan makanan yang mengandung protein dan amilum berturut-turut adalah 2 dan 4.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

0

Roboguru

Suatu bahan pangan di ujicoba dengan beberapa tes sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji tersebut, bahan pangan tersebut mengandung...

Pembahasan Soal:

Uji Molisch adalah uji yang digunakan untuk mengidentifikasi adanya karbohidrat dalam bahan pangan. Uji positif adanya karbohidrat ditandai dengan terbentuknya cincin berwarna merah-ungu pada batas antara kedua lapisan.

Uji Fehling adalah uji gula pereduksi bertujuan untuk membuktikan adanya gula pereduksi, misal glukosa, fruktosa, galaktosa,maltosa, dan laktosa. Uji positif dengan pereaksi Fehling menghasilkan endapan merah bata (begin mathsize 14px style Cu subscript 2 O end style). Senyawa sukrosa, amilum dan selulosa tidak bereaksi dengan pereaksi Fehling.

Uji Biuret adalah uji yang dilakukan untuk mengetahui adanya ikatan peptida. Uji positif jika terbentuk warna merah muda-ungu.

Uji iodium adalah uji yang dilakukan untuk membuktikan adanya polisakarida (amilum, glikogen, dan dekstrin). Reaksi iodin dengan amilum atau pati menghasilkan warna biru, dengan dekstrin menghasilkan warna merah, serta dengan glikogen dan sebagian pati menghasilkan warna coklat.

Berdasarkan tabel uji coba bahan pangan, teridentifikasi bahwa positif uji Molisch artinya mengandung karbohidrat, negatif uji Fehling artinya tidak mengandung gula pereduksi, positif uji Biuret artinya mengandung ikatan peptida (protein), dan positif uji iodium artinya mengandung polisakarida.

Dengan demikan, dapat disimpulkan bahwa bahan pangan tersebut mengandung karbohidrat polisakarida tanpa gula pereduksi (amilum) dan mengandung protein. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved