Roboguru

Kesimpulan di atas didapat dengan cara ....

Pertanyaan

Kesimpulan di atas didapat dengan cara .... space

  1. Analogi space

  2. Sebab-akibat space 

  3. Beropini space 

  4. Generalisasi space 

  5. Berpikir space 

Pembahasan Soal:

Kesimpulan adalah pendapat atau gagasan akhir dari suatu teks. Pernyataan tersebut dibuat dari ide pokok atau gagasan utama dan kalimat penjelas dengan menggunakan kalimat sendiri. Kesimpulan dapat ditentukan dengan memerhatikan pola pengembangan teks. Pola pengembangan teks terdiri dari:

  1. Analogi: pengembangan paragraf yang berisi pemaparan objek dengan membandingkan dua hal yang memiliki tingkat kesamaan. Pemaparan dengan analogi ini diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang diakhir dengan kalimat utama sebagai kesimpulan.
  2. Sebab-akibat: pengembangan paragraf yang diawali fakta khusus sebagai sebab dan simpulan sebagai akibat.
  3. Generalisasi: pengembangan paragraf diawali dengan pemaparan sejumlah data kemudian diakhir dengan kesimpulan.

Berdasarkan soal, kutipan tersebut memiliki kesimpulan sampah elektronik yang banyak dan berdampak buruk jika tidak diatasi. Hal tersebut karena paragraf tersebut menggunakan pengembangan sebab-akibat. Paragraf tersebut diawali penjelasan fakta sebagai sebab adanya sampah elektronik yang memiliki banyak komponen. Komponen tersebut sulit diurai atau didaur ulang. Sampai saat ini masih sedikit orang mampu mengurai dan mendaur ulang sampah tersebut. Keadaan tersebut disimpulkan dalam kalimat Padahal, jumlah sampah ini begitu banyak dan berdampak buruk jika tidak dapat diatasi dengan baik melalui penguraian maupun daur ulang. Kalimat tersebut merupakan akibat adanya sampah elektronik yang sulit diurai dan masih sedikit orang yang mendaur ulang maka sampah elektronik berdampak buruk.
Dengan demikian, kesimpulan di atas didapat dengan cara sebab-akibat.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perbedaan pola pengembangan teks di atas adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks atau tulisan yang berisi informasi dan pengetahuan. Informasi ini didapat berdasarkan fakta atau kejadian yang benar-benar terjadi. Selain itu, di dalam teks eksposisi juga terdapat pendapat (argumen) dari si penulisnya. Teks eksposisi terdiri dari beberapa struktur, yaitu:

  1. Tesis atau Pernyataan Pendapat
    Tesis merupakan bagian awal dari teks eksposisi yang biasanya berisi dugaan atau prediksi penulis dengan berlandaskan data-data yang valid. Teks eksposisi digunakan penulis untuk mengemukakan pendapat, maka nantinya pembaca bisa menempatkan dirinya pada posisi yang sependapat ataupun pada posisi yang berseberangan dengan penulis. Biasanya struktur ini bisa ditemukan pada awal kalimat, tapi tidak menutup kemungkinan bisa menemukannya di bagian akhir.
  2. Argumentasi atau Alasan
    Bagian kedua dari teks eksposisi adalah argumentasi yang berisikan kalimat-kalimat pendukung dari tesis. Selain berisi kalimat pendukung, juga bisa berisi argumentasi berupa sanggahan dari tesis. Argumentasi tersebut berupa argumen yang bersifat penelitian ilmiah, umum, atau bahkan pendapat dari para ilmuwan yang dapat dipertanggung jawabkan.
  3. Penegasan Ulang
    Bagian ini berisi penegasan kembali terhadap kesimpulan yang bisa diambil. Pengulangan tersebut bisa dilakukan berdasarkan argumen yang sudah diungkapkan pada bagian sebelumnya.

Perbedaan pola pengembangan teks di atas adalah teks 1 tersusun dari bagian pendahuluan pada paragraf pertama, bagian argumen pada paragraf kedua, bagian kesimpulan pada paragraf ketiga. Teks 2 tersusun dari bagian kesimpulan pada paragraf pertama, bagian argumen pada paragraf kedua, bagian tesis pada paragraf ketiga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Apa judul yang tepat untuk teks di atas?

Pembahasan Soal:

Pelatihan Pembuatan Anyamanundefined 

0

Roboguru

Struktur penegasan ulang dalam teks eksposisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Teks eksposisi adalah teks yang digunakan untuk menyampaikan pendapat tentang suatu permasalahan dengan menyajikan argumen/pendukung berupa bukti, contoh, dan alasan yang logis. Penulisan teks eksposisi harus memerhatikan struktur. Struktur teks eksposisi terdiri dari pernyataan pendapat/tesis, argumentasi, dan penegasan ulang. Untuk mengakhiri sebuah teks eksposisi, penegasan ulang perlu diperhatikan. Bagian penegasan ulang berisi penegasan kembali pernyataan pendapat yang ditulis di awal paragraf serta mendukung pernyataan tersebut dengan bukti-bukti faktual.

Berdasarkan teks di soal, hal yang perlu dicermati sebagai penegasan ulang adalah:

Namun, ternyata banyak juga masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dianggap sangat mendadak dan dipaksakan. Bahkan, ada yang beranggapan kurikulum ini kurang fokus karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda. Meskipun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, tingkat pengetahuan dan pemahaman yang dimiliki peserta didik akan semakin berkurang. Hal ini disebabkan mata pelajaran tersebut tidak dipelajari secara utuh, tetapi secara terpisah-pisah sehingga akan membuat peserta didik menjadi bingung.

Kutipan tersebut berisi tentang kurikulum 2013 yang mendapat penolakan oleh masyarakat karena dianggap mendadak dan dipaksakan, bahkan kurang fokus terhadap mata pelajaran. Paragraf tersebut juga menegaskan pernyataan di paragraf pertama bahwa kurikulum 2013 tidak digunakan semua sekolah, namun tetap dijalankan.
Dengan demikian, struktur penegasan ulang dalam teks eksposisi tersebut adalah paragraf kelima.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.undefined

0

Roboguru

Makna tersirat dari teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Dalam beberapa teks bacaan sering kali ditemukan informasi yang disajikan secara tersurat dan tersirat. Informasi tersurat maksudnya ialah informasi yang sudah jelas tertulis dalam teks bacaan, sedangkan informasi tersirat tidak tertulis secara langsung dalam teks. Pada teks tersebut terdapat kalimat "Hidangan laut sudah menjadi penganan utama bagi pencinta kuliner yang berkunjung ke Tanjung Pinang, atau saat mengelilingi Pulau Bintan secara luas." yang secara tersirat bermakna bahwa hidangan laut banyak terdapat di wisata Tanjung Pinang.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.space  

0

Roboguru

Kerangka karangan yang sesuai untuk teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Kerangka karangan berfungsi untuk mengarahkan isi tulisan. Dengan kerangka, tulisan bisa ditulis secara terarah dan runtut. Kerangka karangan merupakan susunan sistematis dari pikiran-pikiran utama dan pikiran-pikiran penjelas yang akan menjadi pokok tulisan. Pokok Pikiran utama pada teks di atas terdapat pada kalimat "Menjamurnya pedagang masker di pinggir jalan menjadi pemandangan baru di tengah pandemi." sehingga pokok pikiran utama di atas ialah menjamurnya pedagang masker. Pikiran penjelas pada teks di atas selanjutnya membahas fungsi masker yang terdapat dalam kalimat "Masker tak lain sebagai alat pelindung diri untuk meminimalisasi penularan Covid-19." Adapun kerangka terakhir membahas jenis masker, hal ini dapat terlihat pada kalimat "Namun, efektivitasnya bergantung pada bahan dan jenis kain yang digunakan...".

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved