Roboguru

Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki tingkat atau kedudukan yang sama. Kedudukan tersebut bersumber dari adanya pandangan bahwa ....

Pertanyaan

Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki tingkat atau kedudukan yang sama. Kedudukan tersebut bersumber dari adanya pandangan bahwa .... 

  1. Manusia memiliki kemampuan utuk bekerja 

  2. Manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan pikiran 

  3. Setiap manusia memiliki kemampuan untuk mempertahankan hidup 

  4. Semua manusia memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh makhluk lain 

  5. Semua manusia diciptakan sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhluk lainnya 

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang prinsip kesetaraan.

Prinsip kesetaraan dilaksanakan sesuai dengan isi dari sila kelima dalam Pancasila, dimana keadilan tidak hanya untuk golongan tertentu saja namun berlaku untuk seluruh golongan di masyarakat "keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia", tanpa membedakan atas dasar kekayaan, jabatan, agama, suku dan lain sebagainya.

Perbedaan yang dimiliki oleh masyarakat adalah bagian dari karunia Tuhan yang patut disyukuri, juga sebagai makhluk ciptaan Tuhan manusia semua diciptakan sebagai makhluk yang mulia serta tinggi derajatnya dibandingkan makhluk lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Tri

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prinsip-prinsip kesetaraan dilaksanakan sesuai dengan sila kelima dalam Pancasila, yang berarti....

Pembahasan Soal:

Prinsip-prinsip kesetaraan dilaksanakan sesuai dengan sila kelima dalam Pancasila yang berbunyi “Keadilan sosial untuk seluruh rakyat Indonesia”, artinya keadilan itu tidak untuk golongan tertentu saja, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia, tanpa membedakan kekayaan, jabatan, maupun suku tertentu seperti mengembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, menghormati hak orang Iain. Jadi, jelas bahwa hal tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip kesetaraan.

Roboguru

Agar masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai, maka kita harus menerapkan prinsip-prinsip...

Pembahasan Soal:

Perbedaan dalam masyarakat haruslah kita maknai sebagai suatu keberagaman yang menekankan adanya kesederajatan antarperbedaan yang menunjukkan bahwa tidak ada sistem nilai, norma, dan budaya yang lebih tinggi, lebih luhur dan lebih agung dari budaya yang lain. Kesederajatan merupakan jantung dari perdamaian dalam perbedaan. 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah A. space

Roboguru

Mengapa kesetaraan dalam berbagai bidang kehidupan dapat mewujudkan harmonisasi dalam kehidupan?

Pembahasan Soal:

Kesetaraan dalam sosiologi adalah suatu tata politik sosial dimana masing-masing orang memiliki status yang sama. Ini bisa dibilang kita semua setara dalam hak hukum, keamanan, hak kebebasan berpendapat, dan hak-hak lainnya. Kesetaraan melihat manusia sebagai orang yang memiliki derajat yang sama dan tidak terpengaruhi oleh status seseorang seperti ras dan suku seseorang, atau juga kekayaan seseorang atau besarnya kekuasaan yang dimiliki oleh suatu individu. Hal tersebut menciptakan kehidupan yang harmonis dalam masyarakat yang beragam seperti Indonesia. Kesetaraan akan mewujudkan masyarakat yang adil dan bebas dari diskriminasi.

Roboguru

Kesetaraan sejak awal, yaitu kompetisi yang adil dan setara mensyaratkan bahwa semua individu mulai dari yang sama, seperti pada bidang pendidikan yaitu....

Pembahasan Soal:

Kesetaraan sejak awal, yaitu kompetisi yang adil dan setara mensyaratkan bahwa semua individu mulai dari garis start yang sama.  dalam konteks pendidikan kali ini berarti kesetaraan dalam mengakses pendidikan yang dimulai dari kelas paling awal atau dasar di setiap jenjang pendidikan, dan mengikuti proses belajar dari awal, bersamaan dengan individu lainnya.

Konsep yang terakhir adalah kesetaraan hasil, yaitu kesetaraan dalam hal menikmati standar hidup dan peluang kehidupan. Misalnya standar kelulusan suatu jenjang pendidikan itu setara, tidak ada pembedaan antara siswa yang satu dengan yang lainnya. maka jawabannya adalah D.

Roboguru

Kesetaraan kesempatan hanya mungkin terjadi jika kompetisi yang adil dan setara mensyaratkan bahwa semua peserta memulai dari garis start yang sama. Pendapat ini berasal dari pendukung konsep kesetara...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan mengenai konsep kesetaraan.

Kesetaraan sosial bisa juga diartikan sebagai tata politik sosial di mana semua orang yang berada dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Secara keseluruhan konsep ini dibagi menjadi 3 yaitu kesetaraan sejak awal, kesetaraan kesempatan dan kesetaraan hasil.

  • Kesetaraan sejak awal yang artinya kompetisi yang adil dan setara mensyaratkan bahwa semua peserta mulai dari garis start yang sama
  • Kesetaraan kesempatan mengindikasikan bahwa akses ke semua posisi sosial harus di atur oleh kriteria universal
  • Kesetaraan hasil, yaitu semua orang harus menikmati standar hidup dan peluang kehidupan yang setara

Jadi, jawaban yang tepat ialah B 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved