Roboguru

Kesetaraan gender merupakan salah satu gejala sosial akibat heterogenitas sosial. Perempuan dengan laki-laki memiliki kesempatan sama untuk berkompetisi. Gender tidak sama dengan jenis kelamin. Jelaskan perbedaan antara jenis kelamin dengan gender !

Pertanyaan

Kesetaraan gender merupakan salah satu gejala sosial akibat heterogenitas sosial. Perempuan dengan laki-laki memiliki kesempatan sama untuk berkompetisi. Gender tidak sama dengan jenis kelamin.

Jelaskan perbedaan antara jenis kelamin dengan gender !space space 

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah tentang diferensiasi gender

Gender adalah pembedaan peran, atribut, sifat, sikap dan perilaku yang tumbuh dalam masyarakat. Sementara itu, seks atau jenis kelamin adalah perbedaan biologis antara pria dan wanita. Perbedaan biologis tersebut dapat dilihat dari alat kelamin serta perbedaan genetik. Jenis kelamin terbentuk dengan alami, dapat dilihat sejak seorang individu lahir. Sedangkan gender dibentuk oleh sosial dan budaya.

Jadi ketika kita membedakan pria dan wanita berdasarkan jenis kelamin maka yang dilihat adalah perbedaan biologisnya, sedangkan jika kita membedakan pria dan wanita berdasarkan gender maka yang dilihat adalah peran pria dan wanita berdasarkan ukuran sosial budaya masyarakatnya.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan tentang konsep gender!

Pembahasan Soal:

Gender berasal dari bahasa Latin, yaitu "genus", berarti tipe atau jenis. Gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya.  Karena dibentuk oleh sosial dan budaya setempat, maka gender tidak berlaku selamanya tergantung kepada waktu (tren) dan tempatnya. Gender ditentukan oleh sosial dan budaya setempat sedangkan seks adalah pembagian jenis kelamin yang ditentukan oleh Tuhan.

Dari pengertian tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa gender adalah seperangkat sikap, peran, tanggung jawab, fungsi, hak, dan perilaku yang melekat pada diri laki laki dan perempuan akibat bentukan budaya atau lingkungana masyarakat tempat manusia itu tumbuh dan dibesarkan.

Masalah gender masih menjadi isu yang seringkali dipersoalkan di Indonesia hingga saat ini, hal ini dikarenakan secara sosial, gender menimbulkan adanya perbedaan peran, tanggung jawab, hak dan fungsi serta ruang aktivitas laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Hingga muncullah ketimpangan dan ketidakadilan gender.space space

0

Roboguru

Jelaskan dan berilah contoh bentuk diferensiasi sosial berdasarkan jenis kelamin!

Pembahasan Soal:

Diferensiasi sosial berdasarkan jenis kelamin ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ketika di Sekolah atau di Mall ada pembedaan atas toilet antara laki-laki dan perempuan. Gender dan jenis kelamin itu mempunyai arti yang berbeda. Gender itu berkaitan dengan pembedaan yang didasari dengan perbedaan peran secara budaya. Sedangkan Jenis kelamin merupakan pembedaan antara laki-laki dan perempuan berdasarkan ciri fisik biologi.  

Pada dasarnya kedudukan laki-laki dan perempuan memiliki peran, kesempatan dan status yang sama. Namun di suatu pekerjaan dan kelompok masyarakat tertentu terdapat tingkatan kedudukan antara laki-laki dan perempuan.    

0

Roboguru

Apa yang di maksud gender?

Pembahasan Soal:

Gender merupakan bentuk pembedaan yang menekankan pada kategori sifat yang dibentuk oleh masyarakat melalui proses panjang dalam kebudayaannya sehingga akhirnya dapat mempengaruhi identitas gender seseorang, baik dalam berperilaku maupun berinteraksi.


Selain dapat menandai sifat dan perilaku seseorang, gender juga berkaitan dengan perbedaan peran sosial yang dijalankan laki-laki dan perempuan dalam masyarakat.

Misalnya, dalam masyarakat yang menganut sistem patrilineal, laki-laki memiliki peran sebagai kepala keluarga dan mencari nafkah, sedangkan perempuan cenderung berperan dalam mengurus sektor domestik atau rumah tangga, seperti memasak dan mengurus anak.

Namun, karena gender dibentuk oleh masyarakat melalui proses kebudayaan, maka sifat gender dapat berbeda di tiap daerah, dapat berubah seiring berkembangnya sistem norma, bahkan dapat dipertukarkan perannya.

0

Roboguru

Penyebab Indonesia memiliki keragaman gender adalah...

Pembahasan Soal:

Keberagaman merupakan kondisi di masyarakat dengan berbagai perbedaan mulai dari ras, suku, agama, dan gender. Gender merupakan kontruksi sosial mengenai laki-laki dan perempuan. Laki-laki dikontruksikan memiliki sifat maskulin, bekerja di ranah publik, dan memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari perempuan. Sementara perempuan dikontruksikan memiliki sifat feminim, bekerja di ranah domestik. Penyebab keberagaman gender di masyarakat karena adanya pandangan bahwa pekerjaan tertentu seperti merawat anak, memelihara rumah lebih cocok dilakukan perempuan karena memiliki sifat yang telaten. Sedangkan pekerjaan di ranah publik misalkan pemimpin, supervisor lebih cocok dipegang laki-laki karena dianggap lebih tegas.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan gender, kesetaraan gender dan ketidakadilan gender ?

Pembahasan Soal:

Pengertian gender adalah sifat dan perilaku yang dilekatkan pada laki-laki dan perempuan yang dibentuk secara sosial maupun budaya. Kesetaraan gender adalah tidak adanya diskriminasi terhadap identitas gender yang bersifat kodrati, jadi setiap gender memiliki perlakuan yang setara, jika terjadi diskriminasi dan perbedaan perlakuan karena perbedaan identitas gender, maka hal tersebut disebut ketidakadilan genderspace space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved