Roboguru

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor....

Pertanyaan

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor....space 

  1. (1)space 

  2. (2)space 

  3. (3)space 

  4. (4)space 

Pembahasan Soal:

Penggunaan tanda titik koma pada kalimat nomor 3, salah. Titik koma digunakan untuk menggantikan konjungsi koordinatif pada kalimat majemuk setara. Sebelum kata yang tidak perlu ditambahkan titik koma karena kata yang merupakan bagian perluasan dari unsur yang berada di sebelah kirinya. Begitu pun dengan kata adalah tidak perlu didahului titik koma karena kata adalah biasanya merupakan penjelas dari kata yang berada di sebelah kirinya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Novitasari

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Cermatilah ilustrasi berikut! 1) Peristiwa yang terjadi: Pesawat Sarijaya Air tergelincir. 2) Orang yang mengalami peristiwa: 131 penumpang dan awak pesawat. 3) Tempat terjadinya peristiwa: di Band...

Pembahasan Soal:

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah (B) Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 28 Desember 2011 sekitar pukul 17.15. Peristiwa itu terjadi karena cuaca buruk. Teks berita tersebut sudah sesuai dengan ilustrasi.

Pilihan jawaban (A), (C), dan (D) kurang tepat karena ketiganya terdapat kalimat pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Kalimat tersebut tidak terdapat pada ilustrasi. Jadi, jawaban (A), (C), dan (D) salah dan jawaban yang tepat adalah (B).

0

Roboguru

Perhatikan judul berita berikut! Damkar Memadamkan Api yang Membakar Dua Rumah di Manggarai Utara Judul berita tersebut tidak efektif. Kalimat yang tepat untuk memperbaiki judul berita tersebut ad...

Pembahasan Soal:

Judul berita tersebut tidak efektif. Oleh karena itu, judul tersebut harus disederhanakan, misalnya, menjadi "Dua Rumah Terbakar di Manggarai Utara". Pilihan jawaban B, C, dan D bukan merupakan kalimat yang efektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. undefined  

0

Roboguru

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan berita tersebut adalah...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut merupakan kutipan dari teks berita. Teks berita merupakan teks yang berisi tentang segala peristiwa yang terjadi di dunia. Teks berita disebarkan melalui berbagai media seperti radio, televisi, internet, situs web, ataupun media yang lainnya.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan berita tersebut adalah:

Biasanya ditandai dengan gejala batuk pilek dan bersin-bersin. (seperti influenza)

Sehingga menjadi:

Kebanyakan virus ini menyebar seperti virus influenza pada umumnya. Biasanya ditandai dengan gejala batuk pilek dan bersin-bersin. Penyebarannya juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, wajah, dan bagian lain yang umum disentuh.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Perbaikilah kalimat tersebut agar menjadi kalimat yang efektif!

Pembahasan Soal:

Kalimat efektif adalah kalimat yang dapat mengungkapkan gagasan penulis secara tepat sehingga dapat dipahami secara tepat. 

Beberapa syarat kalimat efektif, di antaranya hemat dalam penggunaan kata dan sesuai dengan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).

Ada beberapa hal yang harus diperbaiki pada kalimat tersebut:

  1. Semua pengemudi-pengemudi seharusnya semua pengemudi.  Tidak hemat dalam penggunaan kata karena kata semua dan pengemudi-pengemudi memiliki makna yang sama, yaitu kuantitas (banyak).
  2. Polisi lalu lintas (polantas) seharusnya polisi lalu lintas (Polantas). Kaidah PUEBI: Akronim nama diri yang berupa gabungan suku kata atau gabungan huruf dan suku kata dari deret kata ditulis dengan huruf awal kapital.

Dengan demikian, perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat yang efektif adalah "Semua pengemudi kendaraan bermotor di jalan raya tentu pernah mengalami penertiban pengendara yang dilakukan oleh polisi lalu lintas (Polantas)."space  

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut! 1000 eksemplar buku tentang Sejarah Indonesia Baru terjual sudah.   Perbaikan kalimat tersebut yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Subjek pada kalimat tersebut dapat berupa frasa buku tentang Sejarah Indonesia Baru diikuti predikat sudah terjual dan frasa 1000 eksemplar berfungsi sebagai pelengkap. Dengan demikian, perbaikan kalimat tersebut adalah Buku tentang Sejarah Indonesia Baru sudah terjual 1000 eksemplar. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved