Roboguru

Kertas berkolom yang dirancang oleh akuntan untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan disebut ….

Pertanyaan

Kertas berkolom yang dirancang oleh akuntan untuk mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan disebut …. space space 

  1. Buku Besar space space 

  2. Kertas Kerja space space 

  3. Neraca space space 

  4. Jurnal space space 

  5. Jurnal umum space space 

Pembahasan Soal:

Kertas kerja adalah kolom yang memuat daftar saldo yang akan mempermudah untuk membuat laporan laba/rugi, perubahan modal dan neraca. Kertas kerja bisa terdiri dari 6 kolom, 8 kolom dan 10 kolom. Fungsi dari kertas kerja adalah bisa digunakan akuntan untuk mengikhtisarkan ayat jurnal penyesuaian dan saldo akun untuk penyesuaian laporan keuangan. Penyusunan kertas kerja sebenarnya tidak wajib, tergantung pada kepentingan masing-masing pelaku usaha.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana bentuk neraca lajur yang biasa digunakan dalam perusahaan jasa? Dan identifikasikan kolom-kolomnya!

Pembahasan Soal:

Neraca lajur adalah kertas kerja yang berisikan seluruh data akuntansi yang akan dipakai untuk membuat laporan keuangan. Perusahaan dagang maupun perusahaan jasa membutuhkan fungsi neraca lajur untuk mengetahui informasi secara jelas tentang keadaan laporan keuangan yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan oleh perusahaan. Neraca lajur dengan 12 kolom merupakan neraca lajur yang lengkap, disebut lengkap dikarenakan neraca lajur ini memiliki 12 kolom debet dan kredit. Perbedaan antara neraca lajur dengan 10 kolom yaitu hanya pada ada atau tidaknya kolom perubahan modal. Neraca Lajur 12 kolom yang dimaksud diantaranya adalah: 

 

  1. Kolom Neraca Saldo
    Informasi atau sumber data dapat kita peroleh dari  data yang telah dibuat sebelumnya, atau dapat diambil dari setiap saldo perkiraan di buku besar.
  2. Jurnal Penyesuaian
    Sumber data untuk kolom ini dapat kita peroleh dari ayat-ayat jurnal penyesuaian. isi dari kolom debet dan kredit dari ayat jurnal penyesuaian di catat dalam baris sesuai dengan nama perkiraan yang dipengaruhi oleh ayat jurnal tersebut.
  3. Neraca Saldo disesuaikan
    Kolom ini menunjukkan neraca saldo setelah disesuaikan dengan ayat jurnal penyesuaian, artinya, hasil dari penyesuian telah menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya. Hasil ini diperoleh dari penjumlahan atau pengurangan angka-angka pada kolom jurnal penyesuaian dengan saldo di kolom neraca saldo.
  4. Laba Rugi
    Tahap yang selanjutnya adalah memindahkan saldo setiap perkiraan yang ada kedalam kolom laba rugi. Aturan pemindahan berdasarkan jenis perkiraan yang bersanngkutan. Artinya, setiap akun nominal (pendapatan dan beban) dipindahkan ke kolom laba rugi, dan akun riil dipindahkan ke dalam kolom neraca.
  5. Laporan Keuangan
    Laporan keuangan adalah tahap akhir dari proses siklus akuntansi, karena akan dijadikan sebagai dasar informasi keuangan yang akan digunakan dengan baik oleh pimpinan perusahaan, kreditur, pemilik perusahaan atau para pengambil keputusan lainya.
  6. Neraca
    Neraca adalah kolom yang berisi pidahan jumlah saldo asset dan kewajiban yang berasal dari neraca saldo setelah disesuaikan termasuk juga pindahan ekuitas dari kolom laporan perubahan ekuitas. undefined 

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Penyusunan kertas kerja mutlak harus dilaksanakan SEBAB laporan keuangan tak dapat dibuat tanpa pembuat...

Pembahasan Soal:

Dalam akuntansi sendiri, kertas kerja bukanlah laporan yang harus dibuat, melainkan boleh dibuat ataupun tidak. Namun, banyak yang memilih untuk membuatnya karena kertas kerja dapat mempermudah penyusunan laporan keuangan perusahaan.


Jadi, jawaban yang tepat adalah E. space space 

0

Roboguru

Jika ditinjau urutan secara logis, maka urutan proses akuntansi yang benar adalah ...

Pembahasan Soal:

Sesuai dengan siklus akuntansi, setelah membuat neraca saldo sebelum penyesuaian, kita memasuki tahap pengikhtisaran yakni membuat jurnal penyesuaian. Setelah membuat jurnal penyesuaian, kita membuat neraca saldo setelah penyesuaian melalui kertas kerja. Dari kertas kerja tersebut, kita bisa memasuki tahap pelaporan yakni menyusun laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan posisi keuangan. Setelah menyelesaikan tahap pelaporan, kita memasuki tahap penutupan yakni membuat jurnal penutup, posting ke buku besar setelah penutup, dan membuat neraca saldo setelah penutupan.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E. undefined

0

Roboguru

Perhatikan sebagian kertas kerja Salon Jelita berikut! Data penyesuaian per 31 Desember 2019 adalah sebagai berikut. Dihapuskan piutang pelanggan sebesar 5%. Asuransi yang kadaluwarsa sebesar...

Pembahasan Soal:

  • Jurnal penyesuaian transaksi penghapusan piutang
    Kerugian = 5% x Rp2.000.000,00 = Rp100.000,00

    Beban kerugian piutang (D) Rp100.000,00
         Piutang (K) Rp100.000,00
     
  • Jurnal penyesuaian transaksi penyusutan asuransi dibayar di muka (metode harta)
    Asuransi yang telah kadaluwarsa artinya asuransi yang sudah terpakai atau termakan waktu, sehingga nominalnya langsung bisa dicatat.

    Beban asuransi (D) Rp200.000,00
         Asuransi dibayar di muka (K) Rp200.000,00

Pencatatan dalam kertas kerja adalah sebagai berikut.

 

 

Pada kolom jurnal penyesuaian akun asuransi dibayar di muka (104) dan beban asuransi (501) kurang tepat, seharusnya sebesar Rp200.000,00.

Jadi, jawaban yang benar adalah poin Dspace space 

0

Roboguru

Saldo laba dalam kertas kerja di dalam kolom neraca dicantumkan pada....

Pembahasan Soal:

Jumlah laba bersih dimasukkan ke dalam sisi debit kolom rugi-laba sebagai angka pengimbang dan juga pada baris yang sama dimasukkan ke dalam sisi kredit kolom neraca. Alasan dimasukkannya laba bersih dalam sisi kredit kolom neraca adalah karena laba mengakibatkan modal bertambah. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A. space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved