Roboguru

Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan ...

Pertanyaan

Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaan pada masa pemerintahan ...undefined  

Pembahasan Soal:

Sebagai keturunan Wangsa Syailendra, Balaputradewa berhasil menjadi raja di Sriwijaya. Pada masa kejayaannya, daerah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya membentang dari Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Sumatera, dan sebagian Jawa. Selain itu, Kerajaan Sriwijaya menjadi pusat agama Buddha Mahayana di Asia Tenggara. Raja Balaputradewa juga menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Benggala dari India yang kala itu dipimpin oleh Raja Dewapala Dewa. Raja ini menghadiahkan sebidang tanah kepada Balaputradewa untuk mendirikan asrama bagi para pelajar dan siswa yang sedang belajar di Nalanda. Hal tersebut menandakan Balaputradewa memerhatikan ilmu pengetahuan bagi generasi mudanya.

Dengan demikian, Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan masa pemerintahan Balaputradewa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai pusat pengajaran agama Buddha. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan besar bercorak Buddha yang pernah ada di Nusantara. Kerajaan ini diperkirakan berdiri sejak abad ke-7 masehi dan runtuh pada abad ke-13 masehi. Di masa kejayaanya, Sriwijaya harum terdengar hingga ke luar Nusantara. 

Kejayaan Kerajaan Sriwijaya berlangsung pada abad ke-9 masehi ketika Raja Balaputradewa berkuasa. Kejayaan kerajaan ini ditandai dengan ramainya lalu lintas perdagangan di Sumatera. Selain itu, kejayaan lain yang menjadi khas Sriwijaya adalah kepeduliaanya terhadap pendidikan dan agama Buddha. Sriwijaya pada masanya pernah menjadi salah satu pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha. Hal ini terbukti melalui berita dari China, ditulis oleh I-Tsing pada tahun 671 masehi. Dalam tulisannya, I-Tsing menyebutkan bahwa ketika ia tengah berjalan menuju India untuk memperdalam agama Buddha, I-Tsing sempat singgah di Sriwijaya dan melihat Sriwijaya sebagai pusat, selain India, bagi pendidikan dan agama Buddha. Beberapa tokoh terkemuka seperti Sakyakirti dan Dharmakirti adalah biksu tinggi yang luas pemahaman agama Buddhanya.

Beberapa bukti lain yang juga mendasari asumsi bahwa Sriwijaya peduli dengan pendidikan dan agama Buddha adalah penemuan Prasasti Nalanda, di India. Prasasti ini menerangkan telah dibangunnya asrama bagi para pembelajar dari Sriwijaya untuk mendalami pendidikan dan agama Buddha. 

Jadi, opsi jawaban paling benar adalah E.

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut! Keruntuhan Kerajaan Funan di Indo-Cina. Ekspansi ke wilayah kekuasaan Kerajaan Melayu. Hubungan persahabatan dengan Raja Dewapaladewa dari India. Kemajuan pelay...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya dikenal sebagai salah satu kerajaan maritim terbesar di Indonesia karena berhasil mengendalikan jalur perdagangan utama di Selat Malaka. Hal tersebut didukung oleh kondisi geografis Sriwijaya yang strategis. Sriwijaya terletak di persimpangan jalur perdagangan internasional. Para pedagang Cina yang akan ke India singgah dahulu di Sriwijaya, begitu juga para pedagang dan India yang akan ke Cina. Di Sriwijaya para pedagang melakukan bongkar muat barang dagangan. Dengan demikian, Sriwijaya semakin ramai dan berkembang menjadi pusat perdagangan.

Untuk memperkuat kedudukannya, Sriwijaya membentuk armada angkatan laut yang kuat. Melalui armada angkatan laut yang kuat Sriwijaya mampu mengawasi perairan di Nusantara. Hal tersebut merupakan jaminan keamanan bagi para pedagang yang ingin berdagang dan berlayar di wilayah perairan Sriwijaya, Selain itu, runtuhnya Kerajaan Funan di Vietnam akibat serangan Kamboja menyebabkan Sriwijaya  semakin berkembang menjadi negara maritim di Asia Tenggara.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C

Roboguru

Jelaskan faktor-faktor penyebab kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Buddha terbesar di Nusantara yang telah berdiri sejak abad ke-7 M. Kejayaan serta kemahsyuran Sriwijaya terlihat dari armada militer atau angkatan laut yang kuat, kemajuan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, kehidupan politik yang stabil, serta kemajuan dalam hal perdagangan. Kemajuan perdagangan Kerajaan Sriwijaya disebabkan oleh letak geografis yang strategis. Hal tersebut nampak dari posisi Selat Malaka yang menghubungkan antara jalur perdagangan Tiongkok dengan jalur perdagangan India. Para pedagang Tiongkok yang ingin pergi ke India selalu transit atau berhenti untuk sementara waktu di Sriwijaya, begitupun sebaliknya. Selain mendorong kemajuan di bidang perdagangan, aktivitas tersebut juga mendorong kemajuan di bidang pendidikan dan kebudayaan. Selain letak geografis yang strategis, kemajuan perdagangan Sriwijaya disebabkan oleh faktor lain, seperti mempunyai kapal-kapal dagang yang besar jumlahnya, memiliki angkatan laut yang kuat, hingga mundurnya Kerajaan Funan.

Dengan demikian, faktor penyebab kemajuan perdagangan Sriwijaya adalah letak geografis yang strategis, mempunyai kapal-kapal dagang yang besar jumlahnya, Sriwijaya memiliki angkatan laut yang kuat, hingga mundurnya Kerajaan Funan.

Roboguru

Salah satu sumber asing yang berasal dari Arab memuat informasi mengenai Kepulauan Indonesia. Sumber tersebut menyebutkan tentang ...

Pembahasan Soal:

Pada Masa Hindu Buddha di Nusantara, pernah berdiri suatu kerajaan maritim besar bercorak Buddha bahkan menjadi salah satu pusat penyebaran agama Buddha, yaitu Kerajaan Sriwijaya.  Kerajaan sriwijaya diperkirakan berdiri pada abad ke-7 masehi dan runtuh pada abad ke-15 masehi. Kerajaan ini terletak di sekitar Kota Palembang sekarang. Letaknya yang strategis sebagai bagian dari aktivitas perdagangan menjadikan kerajaan ini sebagai salah satu kerajaan yang berbasis pada ekonomi perdagangan. 

Adapun bukti pendirikan kerajaan ini, bersumber dari catatan tertulis berupa prasasti baik dalam ataupun luar negeri, dan berbagai berita (informasi) asing. Salah satu sumber berita yang menyebutkan bahwa telah ada kerajaan Sriwijaya adalah berita dari Arab yang ditulis oleh tokoh bernama Al Beruni dan Hordadheh. Dalam sumber tersebut berisi mengenai kemakmuran kerajaan Sriwijaya "Zabag". Lebih lanjut dikatakan, bahwa Kerajaan Zabag mampu menghasilkan emas yang sangat banyak setiap tahunnya. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

Roboguru

Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Sriwijaya menjadi kerajaan Maritim terbesar di Asia Tenggara!

Pembahasan Soal:

Ada beberapa faktor yang mendorong perkembangan Sriwijaya menjadi kerajaan Maritim terbesar di Asia Tenggara antara lain:

  1. Letak geografis dari Kota Palembang. Palembang sebagai pusat pemerintahan terletak di tepi Sungai Musi. Di depan muara Sungai Musi terdapat pulau-pulau yang berfungsi sebagai pelindung pelabuhan di Muara Sungai Musi. Keadaan seperti ini sangat tepat untuk kegiatan pemerintahan dan pertahanan. Kondisi itu pula menjadikan Sriwijaya sebagai jalur perdagangan internasional dari India ke Cina, atau sebaliknya. Juga kondisi sungai-sungai yang besar, perairan laut yang cukup tenang, serta penduduknya yang berbakat sebagai pelaut ulung.
  2. Runtuhnya Kerajaan Funan di Vietnam akibat serangan Kamboja. Hal ini telah memberi kesempatan Sriwijaya untuk cepat berkembang sebagai negara maritim

Dengan demikian faktor yang menyebabkan Sriwijaya berkembang menjadi kerajaan Maritim terbesar di Asia Tenggara adalah letaknya yang stategis dan runtuhnya kerajaan Funan di Vietnam.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved