Roboguru

Kerajaan Kutai terletak di daerah...

Pertanyaan

Kerajaan Kutai terletak di daerah...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai diperkirakan muncul pada abad 5. Kerajaan ini terletak di Muara Kaman, Kalimantan Timur (dekat kota Tenggarong), tepatnya di hulu sungai Mahakam. Nama Kutai diambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menggambarkan kerajaan tersebut. Nama Kutai diberikan oleh para ahli karena tidak ada prasasti yang secara jelas menyebutkan nama kerajaan ini. Karena memang sangat sedikit informasi yang dapat diperoleh akibat kurangnya sumber sejarah. Keberadaan kerajaan tersebut diketahui berdasarkan sumber berita yang ditemukan yaitu berupa prasasti yang berbentuk yupa / tiang batu berjumlah 7 buah. 

Dengan demikian, Kerajaan Kutai terletak di Sungai Mahakam, di kecamatan Muarakaman, Kutai, Kalimantan Timur. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Letak kerajaan kutai?

Pembahasan Soal:

Sekitar tahun 400 Masehi di Kalimantan Timur sudah terdapat sebuah kerajaan yang dinamakan Kutai Martadipura. Kerajaan ini merupakan Kerajaan Hindu tertua di Nusantara, yang terletak daerah aliran Sungai Mahakam di Muara Kaman, yaitu sebuah tempat di pedalaman Kalimantan dan berjarak sekitar 133 km dari Kota Samarinda. Keberadaan kerajaan tersebut dibuktikan dengan ditemukannya prasasti-prasasti berbentuk yupa (batu bertulis dalam huruf Pallawa) sebanyak 4 buah yang menerangkan adanya sebuah peradaban bercorak Hindu di awal-awal milenium pertama. Raja pertama dan yang paling terkenal dari Kerajaan Kutai Martadipura adalah Raja Mulawarman Naladewa, kenaikan tahta Mulawarman ini dibuktikan dengan pemberian 20 ribu ekor sapi kepada brahmana yang mentasbihkan Mulawarman sebagai raja.

Jadi, Kerajaan Kutai terletak di daerah aliran Sungai Mahakam, Muara Kaman, Kalimantan.

0

Roboguru

Kerajaan Hindu tertua di Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai berdiri pada abad ke-4 di Kalimantan bagian Timur.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. space 

1

Roboguru

Perhatikan wacana berikut! Berkaitan dengan kehidupan sosial, keberadaan candi Prambanan dan candi Sewu seperti dijelaskan pada wacana menunjukkan bahwa...

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Pikatan-Pramudawardani, wilayah Mataram berkembang luas, meliputi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pernikahan Pikatan-Pramudawardani mungkin merupakan ratu pertama yang melakukan perkawinan lintas agama. Penyatuan dua wangsa ini pun memberikan dampak positif bagi toleransi antara umat Hindu-Buddha pada wilayah Mataram Kuno. Saat berkuasanya Pramudawardani, nuansa toleransi beragama semakin terasa. Pramudawardani mengizinkan sang suami merintis dibangunnya candi-candi Hindu di wilayah kekuasan kerajaannya. Sebaliknya, Rakai Pikatan pun tak segan-segan membantu pendirian candi-candi Buddha. Bahkan ia turut menyumbang pembangunan candi-candi Buddha tersebut, termasuk di wilayah Plaosan, dekat Prambanan.

Agama Buddha memang cukup dominan pada awal dekade abad ke-7. Salah satu buktinya adalah Candi Borobudur dan Candi Sewu. Candi Sewu adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 yang berjarak hanya delapan ratus meter di sebelah utara Candi Prambanan. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Jawa Tengah. Candi Sewu diperkirakan dibangun pada abad ke-8 masehi pada akhir masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Rakai Panangkaran (746-784) adalah raja yang termahsyur dari kerajaan Mataram Kuno. Kompleks candi ini mungkin dipugar, diperluas, dan rampung pada masa pemerintahan Rakai Pikatan,

Candi Prambanan adalah candi peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang berada di Kecamatan Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut prasasti Siwagraha, candi ini mulai dibangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan (pertengahan abad ke-9). Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama agama Hindu. Pembangunan Candi Prambanan digagas oleh Dinasti Sanjaya setelah berhasil menggeser dinasti Syailendra di tanah Jawa. Setelah dinasti Sanjaya berkuasa rakyatnya tetap menganut agama sebelumnya. Adanya candi Sewu yang bercorak Buddha berdampingan dengan candi Prambanan yang bercorak Hindu menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu di Jawa umat Hindu dan Buddha hidup secara harmonis dan adanya toleransi beragama.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berdasarkan prasasti kerajaan Kutai dapat diketahui adanya tempat suci yang disebut ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan dua prasasti Mulawarman dapat diketahui bahwa di Kutai Kuno ada tempat suci bernama Waprakeswara. Waprakeswara berasal dari kata vapra atau pagar, yang maksudnya tempat berpagar. Jadi jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Kerajaan Mataram Kuno didirikan oleh dinasti sanjaya yang beragama....

Pembahasan Soal:

Dinasti Sanjaya yang mendirikan kerajaan Mataram Kuno mayoritas menganut agama Hindu. Meskipun demikian hubungan antar pemeluk agama Buddha dan Hindu pada masa Sanjaya berlangsung harmonis dan toleran.


Dengan demikian, agama yang dianut oleh Dinasti Sanjaya adalah Hinduspace space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved