Roboguru

Kepemimpinan Kerajaan Tarumanegara berhasil mencapai puncak kejayaannya pada masa Raja Purnawarman. Salah satu prestasi yang berhasil diukir oleh Raja Purnawarman adalah...

Pertanyaan

Kepemimpinan Kerajaan Tarumanegara berhasil mencapai puncak kejayaannya pada masa Raja Purnawarman. Salah satu prestasi yang berhasil diukir oleh Raja Purnawarman adalah...

Pembahasan Soal:

Salah satu rekam jejak prestasi Raja Purnawarman terdapat pada prasasti Tugu. Dalam prasasti tersebut diceritakan bahwa Raja Purnawarman telah membuat saluran air Gomati yang berguna untuk pengairan sawah-sawah dan membendung banjir. Dari hal tersebut dapat dilihat bahwa kerajaan Tarumanegara hidup dari bidang pertanian, terutama dalam menghasilkan padi, melalui dukungan penuh sang raja.  Selain itu, diceritakan juga bahwa setelah selesainya pembangunan saluran air, raja Purnawarman mengadakan pesta dengan memberikan 1000 ekor sapi pada para Brahmana. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kerajaan Tarumanegara telah sejahtera.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan persamaan dan perbedaan kerajaan Kutai, Tarumanegara dan Sriwijaya!

Pembahasan Soal:

Persamaan Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya:

  • Memiliki peninggalan berupa prasasti
  • Peninggalan prasasti ditulis menggunakan huruf Pallawa
  • Sudah mengenal sistem kepercayaan Hindu atau Buddha
  • Perdagangan merupakan penunjang sektor perekonomian

Perbedaan Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya:

  • Peninggalan prasasti di Kutai dan Tarumanegara ditulis menggunakan bahasa Sanskerta, sedangkan di Sriwijaya menggunakan bahasa Melayu Kuno
  • Kerajaan Kutai dan Tarumanegara menganut aliran kepercayaan Hindu, sedangkan Sriwjaya Buddha
  • Kerajaan Sriwijaya banyak meninggalkan peninggalan berupa bangunan-bangunan, seperti candi
  • Jaringan perdagangan serta diplomasi luar negeri Sriwijaya lebih luas dibanding Kutai dan Tarumanegara

Dengan demikian, persamaan dan perbedaan antara Kerajaan Kutai, Tarumanegara, dan Sriwijaya dapat dilihat dari peninggalan yang ada.

0

Roboguru

Berikan bukti bahwa Kerajaan Tarumanegara telah mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju!

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan Hindu yang terletak di Jawa Barat. Kerajaan ini terkenal dengan ilmu pengetahuan dan teknologinya yang maju. Ini dapat dibuktikan dari hubungan Kerajaan Tarumanegara dengan India. Berbagai kemajuan dari India seperti pemikiran agama dan budaya-budaya lainnya berhasil diserap oleh Kerajaan Tarumanegara. Hal ini disebabkan karena Kerajaan Tarumanegara mempunyai kemampuan yang setara dengan budaya India yang berupa kemajuan teknologi, taraf pemikiran keagamaan, kesenian, dan kekuatan struktur masyarakat.

Jadi, bukti bahwa Kerajaan Tarumanegara telah mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang maju adalah terjalinnya hubungan kerja sama dengan negara-negara lain, terutama dengan India. Kerajaan Tarumanegara memiliki kemampuan yang setara sehingga dapat menyerap berbagai kemajuan dari India baik di bidang ilmu pengetahuan maupun teknologi. space

0

Roboguru

Jelaskan kondisi sosial-budaya Kerajaan Tarumanegra

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara terletak di Jawa barat, yaitu diantara sungai Citarum dan Cisadane. Kerajaan ini didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman. Kerajaan ini mengalami masa keemasan pada masa Raja Purnawarman. Kehidupan rakyatnya sudah menggunakan kebudayaan Hindu-Budha, jika dilihat dari peninggalan sejarahnya, yaitu prasasti yang berhuruf Pallawa dan berbahasa Sanskerta maka penduduknya sudah mengenal kebudayaam tingkat tinggi. karena wilayahnya subur sebagian besar rakyat bermatapencaharian sebagai petani dan sebagiannya lagi melakukan perdagangan. Yang terkenal dari Tarumanegara adalah pembangunan sistem pengairan yang dilakukan oleh Raja bersama rakyatnya untuk pertanian dan pengendali banjir.

Dengan demikian kondisi sosial dan budaya Kerajaan Tarumanegara sudah dipengaruhi kebudayaan Hindu-Budha, melakukan kegiatan pertanian dan perdagangan, dan membangun teknologi pengairan untuk pertanian dan banjir.

0

Roboguru

Raja terakhir yang memerintah di Kerajaan Tarumanegara adalah….

Pembahasan Soal:

Kerajaan Tarumanegara berdiri pada abad ke-4 M oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman dan runtuh pada awal abad ke-7 M. kemunduran kerajaan Tarumanegara disebabkan oleh adanya ancaman dari kerajaan-kerajaan lain seperti Kalingga dan Sriwijaya ditambah timbulnya rasa ketidakpercayaan terhadap raja Kertawarman (561-628 M). Hingga akhirnya, kerajaan Tarumanegara runtuh setelah raja Linggawarman wafat (666-669 M). Dikarenakan raja Linggawarman tidak memiliki anak laki-laki, maka takhta kerajaan diwariskan kepada menantunya yakni Tarusbawa. Setahun setelah naik tahta (670 M), Tarusbawa memindahkan pusat kerajaan dan mengganti nama kerajaan Tarumanegara, menjadi kerajaan Sunda.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Upaya Raja Purnawarman dalam memperhatikan aspek pertanian dan perdagangan rakyat kerajaan Tarumanagara dengan membuat saluran untuk mengairi sawah dapat diketahui dari isi prasasti ...

Pembahasan Soal:

   Kerajaan Tarumanegara berdiri sekitar abad ke 4-5 M yang terletak tidak jauh dari  pantai Utara Jawa bagian Barat. Salah satu raja yang terkenal dari kerajaan Tarumanegara ini bernama Purnawarman. Hal ini disebabkan oleh penemuan prasasti Tugu yang menjelaskan mengenai pengendalian banjir dan usaha pertanian. Prasasti Tugu ditemukan di Desa Tugu, dekat Tanjung Priok, Jakarta dan merupakan prasasti terpanjang yang ditemukan sebagai sumber sejarah kerajaan Tarumanegara. 

   Prasasti ini berisi mengenai Purnawarman dalam tahun pemerintahannya yang ke-22 menggali sebuah sungai yang diketahui merupakan sungai Gomati, yang panjangnya 6.122 busur (12 km) dalam waktu 21 hari disamping sungai yang sudah ada yakni sungai Candrabhaga (Kali Bekasi). Pekerjaan ini ditutup dengan pemberian 1.000 ekor lembu kepada para brahmana. Sungai yang digali ini kemungkinan merupakan terusan untuk membantu pengaliran air sungai Bekasi pada musim hujan, sehingga tidak ada banjir yang dapat merusak daerah sekitarnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved