Roboguru

Kemiskinan menimbulkan dampak berikut ini, kecuali...

Pertanyaan

Kemiskinan menimbulkan dampak berikut ini, kecuali...  

  1. penurunan angka kejahatan  

  2. penurunan gizi  

  3. munculnya demoralisasi  

  4. delikuensi  

  5. rendahnya pendidikan  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kemiskinan adalah suatu keadaan yang terjadi pada seseorang dengan kondisi tidak sanggup memelihara dirinya sendiri yang sesuai dengan taraf kehidupan dalam arti kelompok sosial, sehingga dianggap tidak mampu memanfaatkan tenaga mental ataupun fisiknya dalam pergaluan dalam kelompok masyarakat.

Dampak adanya kemiskinan yang luas, antara lain: 

  1. Tingkat Kriminalitas yang Tinggi, Dampak ini akan sangat terlihat karena masyarakat senantisa memenuhi keinginan dalam mencapai kebutuhan hidupnya. Dengan berbagai cara, salah satunya ialah merampas harta benda miliki orang lain.
  2. Pengangguran, akibat kemiskinan tentu saja tingginya berbagai jenis pengangguran yang akhirnya kondisi inilah mendorong pendapatannya semakin rendah.
  3. Kesehatan terganggu, alasan dampak ini muncul karena kondisi kekuarangan masyarakat dalam mendapatkan hajat kebutuhan hidupnnya. Baik kebutuhan primer seperti sandang, papan, dan pangan. Ataupun untuk memenuhi kebutuhan skunder sehingga mempengaruhi segi kesehatan.  

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 31 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kurangnya sumber daya yang diperlukan untuk kesejahteraan, seperti makanan, air, perumahan, sanitasi, pendidikan, dan perawatan kesehatan adalah penyebab dari jenis kemiskinan . . .

Pembahasan Soal:

Kemiskinan absolute ditentukan berdasarkan ketidakmampuan seseorang dalam mencukupi kebutuhan pokok hidupnya seperti sandang, pangan, kesehatan, ataupun pendidikan.  Dapat diartikan kemiskinan absolut merupakan suatu kondisi ketika seseorang memiliki pendapatan yang rendah dari standar hidup yang layak.space space

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

berikut ini merupakan risiko dari ketika kemiskinan sudah menjadi masalah sosial ialah...

Pembahasan Soal:

Jawaban: c

Kemiskinan menurut Soerjono Soekanto adalah suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup untuk memelihara diri sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompoknya dan juga tidak mampu untuk memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut. Kemiskinan sebagai masalah sosial dapat menimbulkan permasalahan lainnya, seperti disparitas sosial (kesenjangan sosial), kemalasan pada masyarakat, dan kriminalitas. Kondisi kemiskinan yang terjadi di masyarakat dapat membuat kesenjangan sosial semakin terlihat antara masyarakat miskin dengan masyarakat kaya. Sementara itu, kondisi kemiskinan dapat menimbulkan kemalasan di masyarakat, kemalasan menyebabkan kemiskinan. Kedua hal tersebut antara kemiskinan dan kemalasan dapat saling memengaruhi satu sama lain. Kemiskinan yang dialami masyarakat membuat sebagian masyarakat tersebut tidak mengusahakan untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya menjadi lebih baik karena sikap pasrah dan ketidakberdayaan yang dirasakan. Selain itu, kondisi kemiskinan dapat menimbulkan terjadinya tindak kriminal yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya

0

Roboguru

Rendahnya motivasi untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan seperti malas, menyerah pada nasib, dan pemborosan adalah penyebab dari kemiskinan ....

Pembahasan Soal:

Secara sosiologis masalah kemiskinan timbul sebagai akibat adanya lembaga kemasyarakatan di bidang ekonomi yang tidak berfungsi dengan baik. Contohnya di bidang produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa. Kemiskinan juga merupakan keadaan adanya ketidaksanggupan untuk mendapatkan barang-barang dan pelayanan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sosial yang terbatas.

Menurut Baswir dan Sumodiningrat, secara sosio-ekonomis ada dua bentuk kemiskinan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemiskinan absolut, yaitu keadaan orang-orang miskin yang memiliki tingkat pendapatan di bawah garis kemungkinan atau jumlah pendapatannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum seperti; kebutuhan pangan, sandang, kesehatan, papan, dan pendidikan yang diperlukan untuk hidup dan bekerja. Menurut Bank Dunia, kemiskinan absolut adalah orang yang mempunyai pendapatan dibawah USD $1/hari.
  2. Kemiskinan relatif adalah kemiskinan yang dilihat berdasarkan perbandingan antara tingkat pendapatan dengan tingkat pendapatan orang lainnya.

Selain itu terdapat bentuk-bentuk kemiskinan yang sekaligus faktor penyebab kemiskinan, yaitu sebagai berikut :

  1. Kemiskinan natural, yaitu keadaan miskin yang dari awal sudah miskin. Kemiskinan natural terbentuk karena faktor-faktor alamiah, seperti cacat, sakit, usia lanjut, atau akibat bencana alam.
  2. Kemiskinan kultural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan hidup. Misalnya, seseorang miskin karena faktor budaya malas, boros, dan tidak disiplin
  3. Kemiskinan struktural, yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh faktor-faktor buatan manusia seperti kebijakan ekonomi yang tidak adil, distribusi produksi yang tidak merata, pemecatan, dan korupsi yang cenderung menguntungkan kelompok atau masyarakat tertentu. 

Berdasarkan penjelasan diatas, maka penyebab dari kemiskinan karena rendahnya motivasi untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan seperti malas, menyerah pada nasib, dan pemborosan adalah termasuk penyebab kemiskinan dari faktor kultural. Sebab kemiskinan karena faktor ini adalah karena gaya hidup dan kebiasaan hidup seseorang. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan kategori permasalah sosial akibat warisan sosial adalah...

Pembahasan Soal:

Permasalahan sosial akibat warisan sosial merupakan suatu permasalahan sosial yang timbul di masyarakat karena adanya suatu pewarisan (penurunan hal tertentu) dari suatu generasi kepada generasi lainnya. Contoh dari permasalahan sosial yang diturunkan dari generasi ke generasi seperti kemiskinan kultural. Kemiskinan kultural terjadi karena proses pengajaran sikap hidup yang tidak baik (malas) kepada generasi selanjutnya sehingga tidak mau mengubah keadaan yang dialaminya (kemiskinan).

0

Roboguru

Salah satu penyebab kemiskinan di masyarakat adalah sikap mental malas, kebodohan, tidak memiliki informasi, sumber daya alam yang minim, dan juga sistem pembagian kekayaan negara yang terpusat hanya ...

Pembahasan Soal:

Upaya yang dapat dilakukan pemerintah yaitu dengan pendekatan pemberdayaan. Pendekatan pemberdayaan antara lain :

  1. Menciptakan suasana atau iklim yang memungkinkan berkembangnya potensi (enabling). Hal ini dilakukan dengan cara mendorong, memberi motivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki serta berupaya untuk mengembangkannya.
  2. Memperkuat potensi yang dimiliki (empowering). Dilakukan dengan cara pemberian input berupa dana bantuan, pembangunan sarana prasarana, pengembangan lembaga pendanaan, penelitian dan pemasaran di daerah serta  pembukaan akses terhadap berbagai peluang sehingga masyarakat semakin berdaya.
  3. Melindungi masyarakat dalam konteks keberpihakan pemerintah terhadap masyarakat yang lemah untuk mencegah persaingan yang tidak seimbang. Serta memberdayakan masyarakat agar mandiri sehingga tidak bergantung pada program - program pemberian.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved