Roboguru

Keluarga yang dibentuk melalui pernikahan dan mempunyai keturunan disebut keluarga ....

Pertanyaan

Keluarga yang dibentuk melalui pernikahan dan mempunyai keturunan disebut keluarga .... 

  1. inti 

  2. konjugal 

  3. orientasi 

  4. prokreasi 

  5. luas 

Pembahasan Soal:

Keluarga orientasi merupakan keluarga yang terbentuk melalui pernikahan dan mempunyai keturunan. Sehingga keluarga ini biasa disebut dengan keluarga yang diidamkan setiap anggota masyarakat.

Adapun penjelasan jawaban lain yaitu:

  • Keluarga inti atau keluarga konjugal yaitu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan anak (sepasang suami istri dengan anak).
  • Keluarga luas atau extended family merupakan keluarga yang terdiri dari ayah,ibu, anak, bibi, paman, kakek, dan nenek.
  • Keluarga prokreasi adalah keluarga inti yang didirikan karena pernikahan dan mempunyai anak. 

Jadi, jawabannya adalah C orientasi 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan merupakan contoh mobilitas ….

Pembahasan Soal:

Salah satu bentuk mobilitas sosial berupa mobilitas sosial vertikal. Mobilitas sosial vertikal dapat diartikan sebagai bentuk perpindahan individu atau kelompok menuju lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat. Jenis mobilitas sosial vertikal dibedakan sebagai berikut; (1) mobilitas sosial vertikal naik (social climbing) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih tinggi dan (2) mobilitas sosial vertikal turun (social sinking) yaitu perpindahan status individu atau kelompok menuju lapisan sosial yang lebih rendah.
Seorang pegawai yang dipromosikan menjadi manajer di sebuah perusahaan dapat dikategorikan sebagai mobilitas sosial vertikal naik (social climbing).

Adapun pengertian dari bentuk mobilitas sosial lainnya, sebagai berikut.

  • Mobilitas sosial horizontal adalah perpindahan masyarakat baik individu ataupun kelompok pada lapisan sosial yang sederajat.
  • Mobilitas sosial antargenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam dua generasi atau lebih.
  • Mobilitas sosial intragenerasi yaitu perpindahan status individu atau kelompok yang terjadi dalam satu generasi yang sama.

0

Roboguru

Setelah Indonesia merdeka, sekolah negeri banyak didirikan sehingga banyak warga yang meningkat jenjang pendidikan formalnya dan dapat menduduki jabatan dalam pemerintahan. Dalam kasus ini, lembaga pe...

Pembahasan Soal:

Salah satu penentu terjadinya mobilitas sosial pada individu adalah pendidikan formal.

Mobilitas sosial adalah proses perpindahan status sosial individu. Berdasarkan arah perpindahannya, mobilitas sosial dapat terjadi secara vertikal dan horizontal.

Mobilitas sosial vertikal terbagi menjadi dua. Mobilitas sosial vertikal naik dan mobilitas sosial vertikal turun. Mobilitas sosial vertikal naik terjadi apabila status seseorang meningkat menjadi status yang lebih tinggi dari sebelumnya. Contohnya seorang anak petani yang menjadi seorang dokter. Pendidikan formal adalah salah satu penyebab terjadinya mobilitas sosial naik.

Sedangkan contoh mobilitas sosial vertikal turun adalah seorang pengusaha yang bangkrut sehingga harus menjadi pekerja serabutan.

Selain mobilitas sosial vertikal, terdapat juga mobilitas sosial horizontal yaitu perpindahan status sosial individu dengan tingkatan status yang relatif sama. Contohnya adalah petani yang beralih menjadi nelayan.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yang ada, yaitu:

  • Interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik antarindividu, individu dengan kelompok, dan antarkelompok.
  • Status sosial adalah kedudukan individu dalam masyarakat berdasarkan status yang disandangnya.
  • Kelompok sosial adalah kumpulan manusia yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.

0

Roboguru

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal mengakibatkan terjadinya pengangguran. Kondisi ini merupakan konsekuensi dari mobilitas ….

Pembahasan Soal:

Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal yang menyebabkan terjadinya pengangguran merupakan bentuk mobilitas vertikal turun (social sinking). Hal ini terjadi karena seseorang yang pada awalnya memiliki status pekerjaan dan berpenghasilan dengan seketika menjadi pengangguran (tidak memiliki pekerjaan) serta tidak berpenghasilan.
Adapun penjelasan mengenai bentuk-bentuk mobilitas, yaitu:

  • Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan individu atau kelompok dari suatu lapisan sosial (kedudukan sosial) ke lapisan sosial lainnya yang tidak sederajat.
  • Mobilitas sosial horizontal merupakan peralihan individu atau kelompok dari suatu lapisan sosial (kedudukan sosial) ke lapisan sosial lain yang sederajat.
  • Mobilitas sosial lateral disebut juga mobilitas geografis. Mobilitas lateral mengacu pada mobilitas perpindahan orang-orang, baik secara individu maupun kelompok, dari unit-unit wilayah (ruang) satu ke unit wilayah lain yang secara tidak langsung mengubah status sosial seseorang.
  • Mobilitas struktural, menurut Michael S. Bassis adalah mobilitas yang disebabkan oleh inovasi teknologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, peperangan, dan kejadian-kejadian lainnya yang mengubah struktur dan jenis kelompok-kelompok dalam masyarakat.

0

Roboguru

Pranata sosial yang berfungsi untuk mengatur tata tertib umum dan mendamaikan pertentangan-pertentangan adalah pranata ...

Pembahasan Soal:

Pranata sosial (lembaga sosial) merupakan wadah dari sekumpulan norma atau kaidah yang mengatur masyarakat dalam memenuhi kebutuhan. Pranata yang berfungsi mengatur tata tertib umum dan mendamaikan pertentangan-pertentangan adalah pranata politik. Pranata politik secara umum memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Memelihara dan mengatur di dalam kehidupan masyarakat.
  • Menjaga keamanan dari ancaman baik dari dalam dan luar negeri
  • Mengusahakan kesejahteraan umum

Adapun penjelasan jawaban lain yaitu

  • Pranata ekonomi merupakan pranata yang berfungsi mengatur kebutuhan pokok masyarakat demi kelangsungan hidup masyarakat. Pranata ekonomi fokus terhadap pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan produksi, distribusi dan konsumsi.
  • Pranata agama merupakan pranata yang berfungsi untuk mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhannya.
  • Pranata pendidikan berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan penanaman keterampilan.
  • Pranata keluarga berfungsi sebagai pemenuhan akan reproduksi, sosialisasi, afeksi, proteksi, dan penemuan status.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.  ​​​​​​​

0

Roboguru

Kompetisi sepak bola menjadikan grup sepak bola tertentu mengalami perubahan peringkat dari liga A menjadi liga B. Hal tersebut menunjukkan terjadinya ...

Pembahasan Soal:

Mobilitas sosial sinking adalah proses terjadinya penurunan status atau kedudukan seseorang/kelompok dalam masyarakat. Perubahan peringkat grup sepak bola dari liga A menjadi liga B menunjukan penurunan status pada grup sepak bola tersebut. Hal ini dikarenakan liga A terdiri dari tim-tim yang kuat dengan persaingan yang ketat dan memiliki banyak sponsor sehingga pemenang dari liga A mendapat hadiah yang lebih besar dibanding dengan liga B. Jika terdapat tim yang berada pada klasemen terbawah di liga A, maka tim tersebut akan tersisih dan menempati liga B sehingga mengalami mobilitas sosial sinking. Sebaliknya, jika terdapat tim dari liga B berada pada posisi teratas, maka tim tersebut akan dipromosikan untuk bertanding di liga A sehingga tim tersebut mengalami mobilitas sosial climbing.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved