Roboguru

Kelainan/penyakit apakah yang ditunjuk pada gambar organ S dan jelaskan ciri- cirinya!

Pertanyaan

Kelainan/penyakit apakah yang ditunjuk pada gambar organ S dan jelaskan ciri- cirinya!undefined 

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk huruf S adalah alveolus. Kelainan pada alveolus adalah emfisema. Emfisema adalah kondisi terjadinya kerusakan pada kantung-kantung udara atau alveolus di paru-paru. Gejalanya dapat berupa sesak napas atau napas pendek.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Ridho

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Terakhir diupdate 31 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kondisi paru-paru berikut! Paru-paru berwarna kehitaman. Selaput paru-paru mengalami kerusakan. Alveolus mengembang karena terisi karbon hitam.  Kondisi paru-paru tersebut mengindika...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah merokok yang dapat menyebabkan paru-paru berwarna kehitaman dan dapat merusak bagian paru-paru lain seperti alveolus dan selaput paru-paru.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Gangguan sistem pernapasan manusia berikut ini yang ditandai dengan adanya peradangan pada paru-paru sehingga alveolus terisi cairan dan eritrosit yang berlebihan adalah ….

Pembahasan Soal:

Pneumonia adalah penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan paru-paru. Alveolus (gelembung paru-paru) pada penderita penyakit ini biasanya terinfeksi oleh bakteri (Streptococcus, Diplococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae), virus, atau jamur yang menyebabkan adanya cairan atau nanah dan kelebihan sel darah merah (eritrosit) pada paru-paru. Penyakit ini menyebar seiring dengan persebaran bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh paru-paru. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Terganggunya proses pengangkutan oksigen ke jaringan menyebabkan penurunan fungsi paru-paru. Kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan pernapasan yang disebut ….

Pembahasan Soal:

Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan sehingga menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, pembuluh darah, dan jaringan tubuh lainnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan kondisi paru-paru berikut ! Paru-paru berwarna kehitaman. Selaput paru-paru mengalami kerusakan. Alveolus mengembang karena terisi karbon hitam. Kondisi paru-paru tersebut mengindika...

Pembahasan Soal:

Penyakit yang dimaksud adalah Emfisema. Emfisema adalah penyakit kronis akibat kerusakan alveolus pada paru-paru. Seiring waktu, kerusakan alveolus (kantong udara) semakin parah sehingga membentuk satu kantong besar dari beberapa kantong kecil yang pecah. Akibatnya, luas area permukaan paru-paru menjadi berkurang yang menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menurun. Kondisi ini juga membuat paru-paru membesar secara perlahan akibat udara yang terperangkap di dalam kantong dan sulit dikeluarkan. 

Penyebab Emfisema
Penyebab utama terjadinya emfisema adalah paparan zat di udara yang mengiritasi paru-paru dalam jangka waktu panjang yang akan lama kelamaan menyebabkan paru-paru meghitam. Zat yang mengakibatkan iritasi tersebut dapat berupa:

  • Asap rokok. Emfisema banyak dialami perokok, baik aktif maupun pasif, yang terpapar asap rokok dalam waktu lama.
  • Polusi udara.
  • Asap atau debu bahan kimia.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Apabila bagian yang ditunjuk huruf Q mengalami ketidaknormalan susunan dan fungsi organ dapat menyebabkan penyakit ....

Pembahasan Soal:

Bagian yang ditunjuk huruf Q adalah alveolus. Penyakit yang terjadi jika ada ketidaknormalam susunan dan fungsi alveolus dapat menyebabkan penayakit emfisema.

Emfisema adalah penyakit kronis akibat kerusakan kantong udara atau alveolus pada paru-paru. Perhatikan gambar berikut !


 

Kerusakan kantong udara yang semakin parah akan membentuk satu kantong besar dari beberapa kantong kecil yang pecah. Akibatnya, luas area permukaan paru-paru menjadi berkurang yang menyebabkan kadar oksigen yang mencapai aliran darah menurun. Kondisi ini juga membuat paru-paru membesar secara perlahan akibat udara yang terperangkap di dalam kantong dan sulit dikeluarkan.

Penyebab utama terjadinya emfisema adalah paparan zat di udara yang mengiritasi paru-paru dalam jangka waktu panjang. Zat yang mengakibatkan iritasi tersebut dapat berupa  asap rokok, polusi udara, dan asap atau debu bahan kimia.

Penanganan emfisema ditujukan untuk menghambat perkembangan penyakit tersebut, namun kerusakan pada paru-paru tidak dapat dipulihkan kembali.

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa jika bagian alveolus mengalami ketidaknormalan susunan dan fungsi organ dapat menyebabkan penyakit emfisema.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved