Roboguru

Kegunaan utama penggunaan lemari asam saat mereaksikan larutan adalah ...

Pertanyaan

Kegunaan utama penggunaan lemari asam saat mereaksikan larutan adalah ...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Sesuai dengan namanya, lemari asam secara terminologi diperuntukkan penggunannya untuk bahan-bahan kimia yang bersifat asam. Di dalam laboratorium, lemari asam ini dapat digunakan untuk mereaksikan bahan-bahan kimia tersebut. Namun perlu diperhatikan bahwa larutan atau bahan-bahan kimia asam disini sangat ditekankan untuk yang nilai konsentrasinya tinggi.

Contoh larutan kimia asam yang memilki nilai konsentrasi tinggi dan mengharuskan praktikan untuk menggunakan lemari asam adalah saat praktikan ingin menuang dan mengencerkan larutan induk dari botol stok. Karena langsung digunakan dari botol stok, ada kemungkinan bahan kimia ini berisiko mengeluarkan paparan uap atau gas yang dapat berkontak dengan wajah, mata, ataupun penciuman. Lemari asam yang di dalamnya terdapat beberapa komponen penting seperti kipas, ventilasi, dan saluran buang sangat berguna untuk menarik uap atau gas saat praktikan mereaksikan larutan asam.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa, jadi, kegunaan utama lemari asam adalah melindungi praktikan dari risiko paparan uap atau gas selama mereaksikan larutan yang bersfat asam.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved