Roboguru

Kegiatan untuk memeringati arwah nenek moyang term...

Kegiatan untuk memeringati arwah nenek moyang termasuk dalam jenis norma ...

  1. agama

  2. hukum

  3. kebiasaan

  4. kesantunan

  5. kesusilaan

Jawaban:

Selain dibedakan ke dalam beberapa tingkatan, norma-norma yang berlaku di masyarakat dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis, yaitu norma agama, kesusilaan, kesopanan, kebiasaan, dan hukum. Berikut ini penjelasan beberapa klasifikasi norma tersebut.

  1. Norma agama adalah norma yang berdasarkan ajaran atau kaidah suatu agama. Contohnya, kewajiban melaksanakan rukun Islam dan rukun Iman dalam agama Islam, kewajiban menjalankan sepuluh perintah Allah dalam agama Kristen, dan kepercayaan terhadap reinkarnasi, yaitu kelahiran kembali bagi manusia yang telah meninggal sesuai dengan karmanya di masa lampau dalam agama Hindu.
  2. Norma kesusilaan adalah norma yang didasarkan pada hati nurani atau akhlak manusia. Norma ini bersifat universal. Artinya, setiap orang di dunia memilikinya, hanya bentuk dan perwujudannya yang berbeda. Contohnya, perilaku yang melanggar nilai kemanusiaan, seperti pembunuhan, pencurian, dan penyiksaan, pada umumnya ditolak oleh setiap masyarakat. Contoh lain norma kesusilaan antara lain, jujur dalam perkataan dan perbuatan, membantu orang lain yang membutuhkan, dan menghormati sesama manusia.
  3. Norma kebiasaan (habit), adalah hasil dari melakukan perbuatan yang sama secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan. Orang yang tidak menjalankan norma ini biasanya dianggap aneh oleh lingkungan sekitarnya. Contohnya, kebiasaan melakukan syukuran atau doa bagi anak yang baru dilahirkan, kegiatan mudik menjelang Hari Raya ldul Fitri, acara memperingati arwah orang yang sudah meninggal pada masyarakat Manggarai, Flores.

Berdasarkan penjelesan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. kebiasaan.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved