Roboguru

Kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan disebut ….

Pertanyaan

Kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan disebut ….  

Pembahasan Soal:

Magang yaitu latihan kerja yang dilakukan langsung di tempat kerja. Magang umumnya diselenggarakan oleh lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang dianggap tepat sebagai tempat latihan kerja.
Tujuannya setelah magang siswa menjadi tenaga kerja yang siap pakai. Kegiatan magang merupakan bagian dari proses link and match (keterkaitan dan kecocokan).

Maka, kegiatan untuk melatih tenaga kerja agar memiliki keahlian dan keterampilan di bidang tertentu sesuai tuntutan pekerjaan disebut magang.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Kusnandar

Mahasiswa/Alumni Universitas Indraprasta PGRI

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah perdesaan yaitu dengan mengoptimalkan balai latihan kerja (BLK). Bagaimana cara mengoptimalkan BLK?

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Jelaskan cara-cara meningkatkan kualitas tenaga kerja!

Pembahasan Soal:

Ada berbagai upaya yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas tenaga kerja dan mengurangi permasalahan pengangguran di Indonesia, diantaranya:

Upaya Pemerintah

Sebagai lembaga tertinggi yang berkewajiban untuk menyejahterakan rakyatnya, pemerintah memegang andil terbesar dalam upaya peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah diantaranya adalah :

  1. Menyusun kurikulum dalam sistem pendidikan yang dapat menghasilkan lulusan dengan keterampilan dan keahlian yang dapat digunakan untuk bersaing di dunia kerja.
  2. Mendirikan lembaga pelatihan seperti Balai Latihan Kerja (BLK) atau menggalakan program yang ada di masyarakat seperti PKK dan Karang Taruna untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan dari para pekerja dan masyarakat.
  3. Mengadakan pelatihan yang bersifat gratis, sehingga tidak memberatkan pesertanya dengan tujuan sama yaitu peningkatan kualitas dan daya saing tenaga kerja.

Upaya Swasta

Pihak swasta merupakan mitra dari pemerintah yang dapat membantu upaya peningkatan kualitas tenaga kerja di Indonesia. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh pihak swasta atau perusahaan, antara lain :

  1. Kerjasama dengan sekolah-sekolah yang memberikan kesempatan magang kepada siswanya.
  2. Memberikan bantuan beasiswa pendidikan merupakan salah satu cara yang tepat.
  3. Memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk mengembangkan diri untuk bagian internal, sebagai upaya peningkatan kualitas tenaga kerja.

Upaya Individu

Faktor terbesar yang mampu menciptakan tenaga kerja berkualitas bagus atau baik sejatinya bukan saja datang dari pemerintah ataupun swasta, melainkan individu itu sendiri. Tidak mungkin kualitas seseorang meningkatkan tanpa adanya dorongan dari dirinya sendiri. space space 

0

Roboguru

Pemerintah berupaya meningkatkan mutu tenaga kerja Indonesia. Berikut ini adalah kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk meningkatkan mutu tenaga kerja, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Pengangguran menjadi permasalahan yang harus diselesaikan bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat di setiap negera, tidak terkecuali di Indonesia. Untuk mengatasi pengangguran, pemerintah dapat menggunakan beberapa kebijakan seperti:

  1. Mengadakan program latihan kerja kepada masyarakat umum atau pelajar SMK.
  2. Mengadakan program transmigrasi ke daerah-daerah yang sepi penduduk.
  3. Proses magang seseorang di sebuah tempat untuk mengetahui kegiatan real pekerjaannya.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.  

0

Roboguru

Banyak lulusan dari perguruan tinggi, akan menambah penawaran tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara penawaran tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja akan menimbulkan banyak pengangguran, dampaknya ...

Pembahasan Soal:

Pada kondisi berdasarkan soal tersebut, terjadi ketidakseimbangan antara pemberi kerja dengan permintaan pekerjaan, sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran. Padahal, banyak dari mereka yang merupakan lulusan perguruan tinggi yang tentunya memiliki keahlian dalam bekerja. Sehingga, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberi pelatihan tentang kewirausahaan untuk mendapatkan keahlian dalam berwirausaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Dengan begitu, jumlah pengangguran akan berkurang.

0

Roboguru

Banyak tenaga kerja yang berasal dari daerah di Indonesia mengadu nasib untuk bekerja di luar negeri dan kebanyakan mereka bekerja di sektor informal antara lain menjadi pembantu rumah tangga dan buru...

Pembahasan Soal:

Cara terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan pelatihan keterampilan tertentu sesuai dengan permintaan negara tujuan sehingga upah tenaga kerja dari Indonesia meningkat. Pelatihan harus dibuat serius, jika perlu diadakan sertifikasi sehingga orang-orang yang lolos sertifikasi baru dapat pergi bekerja ke luar negeri.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved