Pertanyaan

Kegiatan industri yang bahan bakunya mengambil dari alam dan selau menggantinya kembali setelah diambil disebut industri ….

Kegiatan industri yang bahan bakunya mengambil dari alam dan selau menggantinya kembali setelah diambil disebut industri ….space space 

  1. Ekstaktif

  2. Nonekstraktif

  3. Manufaktur

  4. Reproduktif

P. Avivah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Industri adalah suatu bidang atau kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pengolahan bahan baku atau pembuatan barang jadi di pabrik dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerjadan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil bumi, dan distribusinya sebagai kegiatan utama. Industri terbagi menjadi beberapa klasifikasi, salah satunya adalah klasifikasi berdasarkan tempat bahan baku. Klasifikasi ini terdiri dari beberapa kriteria, yaitu: Industri ekstraktif , yaitu industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.Industri ekstraktif dapat dipisahkan lagi menjadi dua bagian, yaitu industri manufaktur (industri yang mengolah bahan baku menjadi barang lain yang dapat digunakan sehari-hari atau menjadi bahan barang lain yang akan digunakan oleh industri lain) dan industri reproduktif (industri yang mengambil bahan baku dari hasil alam, tetapi selalu mengganti kembali setelah mengambilnya). Industri nonekstaktif, yaitu industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar. Industri fasilitatif, yaitu industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. Contoh: Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Industri adalah suatu bidang atau kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pengolahan bahan baku atau pembuatan barang jadi di pabrik dengan menggunakan keterampilan dan tenaga kerja dan penggunaan alat-alat di bidang pengolahan hasil bumi, dan distribusinya sebagai kegiatan utama. Industri terbagi menjadi beberapa klasifikasi, salah satunya adalah klasifikasi berdasarkan tempat bahan baku. Klasifikasi ini terdiri dari beberapa kriteria, yaitu:

  1. Industri ekstraktif, yaitu industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar. Industri ekstraktif dapat dipisahkan lagi menjadi dua bagian, yaitu industri manufaktur (industri yang mengolah bahan baku menjadi barang lain yang dapat digunakan sehari-hari atau menjadi bahan barang lain yang akan digunakan oleh industri lain) dan industri reproduktif (industri yang mengambil bahan baku dari hasil alam, tetapi selalu mengganti kembali setelah mengambilnya).
  2. Industri nonekstaktif, yaitu industri yang bahan baku didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
  3. Industri fasilitatif, yaitu industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya. Contoh: Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi, dan lain sebagainya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

717

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Contoh bahan industri yang seluruh bahan mentahnya berasal dari impor, yaitu ….

283

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia