Roboguru

Kedelai dapat diolah menjadi berbagai jenis makana...

Kedelai dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti kecap, tauco, dan tempe dengan menerapkan bioteknologi konvensional yaitu melalui proses fermentasi. Hal ini menunjukkan bahwa dari bahan yang sama dapat dihasilkan Produk bioteknologi yang berbeda karena . . . . space space 

  1. Jenis mikroba yang berbeda mengekskresikan enzim yang berbeda space 

  2. Kecap, tauco, dan tempe difermentasikan oleh jenis bakteri yang berbeda space 

  3. Kecap dan tauco difermentasikan oleh bakteri, sedangkan tempe difermentasikan oleh jamur space 

  4. Perbedaan lama fermentasi menghasilkan jenis produk yang berbeda space 

  5. Tempe dan tauco tidak memerlukan media steril, sedangkan kecap memerlukan media steril space 

Jawaban:

Kecap terbuat dari kacang kedelai berwarna hitam. Untuk mempercepat fermentasi biasanya dicampurkan sumber karbohidrat atau energi yang berbentuk tepung beras atau nasi, sedangkan warna kecap yang terjadi, tergantung pada waktu dalam prosesnya. Perendaman kedelai dilakukan dalam larutan garam, maka pembuatan kecap dinamakan fermentasi garam. Fermentasi pada proses pembuatan kecap dengan menggunakan jamur Aspergillus wentii dan Rhizopus sp.

Tempe adalah makanan yang tidak asing lagi ditelinga. Meskipun merupakan makanan yang sederhana, tetapi tempe mengandung sumber protein nabati yang cukup tinggi. Tempe terbuat dari kedelai dengan bantuan jamur Rhizopus sp.

Tauco merupakan salah satu jenis produk fermentasi yang telah lama dikenal dan disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia terutama di Jawa Barat. Terbuat dari kacang kedelai yang proses pembuatannya mirip pembuatan kecap, tauco pun merupakan produk hasil fermentasi. Selama proses fermentasi kapang mikroba yang berperan adalah kapang dari jenis Aspergillus yaitu Aspergillus oryzae atau dari jenis Rhyzopus oryzae dan Rhyzopus oligosporus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved