Roboguru

Kecamatan Mentari terdiri atas Desa Delima, Desa Muara, dan Desa Sinar. Pemerintah setempat menetapkan Desa Delima sebagai desa pusat pertumbuhan (DPP). Penetapan Desa Delima sebagai DPP diharapkan dapat ...

Pertanyaan

Kecamatan Mentari terdiri atas Desa Delima, Desa Muara, dan Desa Sinar. Pemerintah setempat menetapkan Desa Delima sebagai desa pusat pertumbuhan (DPP). Penetapan Desa Delima sebagai DPP diharapkan dapat ...space 

  1. meningkatkan kemandirian Desa Delima dan Desa Muaraspace 

  2. meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Mentarispace 

  3. menurunkan beban yang harus ditanggung oleh pemerintah daerahspace 

  4. menurunkan tingkat ketergantungan antardesa di Kecamatan Mentarispace 

  5. meningkatkan daya saing antara Desa Delima, Desa Muara, dan Desa Sinarspace 

Pembahasan Soal:

Pusat pertumbuhan adalah suatu wilayah atau kawasan yang berkembang pesat dan mampu memengaruhi wilayah sekitarnya. Pada kasus dalam soal, pusat pertumbuhan ditetapkan berada di Desa Delima agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi Kecamatan Mentari.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Aghnia

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Terakhir diupdate 14 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Arah pengembangan pengembangan pemukiman yang ideal sesuai pola keruangan seperti gambar adalah ke arah ...

Pembahasan Soal:

Arah pengembangan pembangunan permukiman yang sesuai dengan denah adalah menuju ke lahan pertanian karena pada kawasan ini penduduk dapat membuka lahan untuk pertanian dan juga banyak terdapat lapangan kerja. Jika pembangunan menuju kawasan industri maka akan berdampak pada kawasan gunung yang berada di dekatnya. Perpindahan penduduk menuju kawasan industri akan mengganggu kestabilan kawasan pegunungan.

0

Roboguru

Lokasi kegiatan industri konveksi lebih tepat seperti gambar adalah di daerah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar, lokasi kegiatan industri konveksi lebih tepat berada di daerah rawa-rawa. Alasannya karena rawa-rawa berlokasi dekat dengan daerah pemasaran pusat pemasaran untuk menjual hasil industri. Industri koveksi yang memiliki limbah pabrik yang berbahaya bagi kesehatan dapat dibuang di daerah rawa yang aman dan jauh dari aktivitas manusia.

0

Roboguru

Biasanya pengembangan wilayah, baik negara maju dan negara berkembang banyak terjadi di kota-kota besar. Karena kota besar telah memberikan kontribusi besar sebagai "pemicu pertumbuhan wilayah" (engin...

Pembahasan Soal:

Berikut ini negara maju yang wilayahnya diperluas melalui reklamasi.

  • Singapura
    Negara kecil ini telah memperluas wilayahnya hingga 710 km persegi dengan reklamasi. Awalnya negara ini menggabungkan Pulau Blakang Mati (Pulau Sentosa) yang memiliki luas 500 hektar dengan pulau-pulau kecil sekitarnya. Kini, pulau ini menjadi pusat wisata terkenal di mana terdapat Madame Tussauds, Underwater World, Dolphin Lagoon, Animal & Bird Encounters, Sentosa Adventure Park, dan Universal Studio Singapura.
  • Uni Emirat Arab
    Negara ini membangun Palm Jumeirah, dibentuk dengan reklamasi pantai yang memiliki luas 572.1 hektar. Pulau yang terletak lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia itu menambah sekitar 250 km persegi pantai kota Dubai. Setelah Pam Jumeirah, proyek reklamasi Dubai yang masih dalam penggarapan adalah Palm Jebel Ali, Palm Deira, dan The World.
  • China
    Negeri Tirai Bambu ini mereklamasi di Cao Fe Dian, sebuah kawasan di pantai timur Beijing. Pembuatan daratan di China ini memang diprioritaskan di pantai timur Tian Jin sebagai pengganti lokasi Kawasan Industri di Beijing. Lebih dari 20 juta ton pasir menjadi lahan baru pelabuhan ini. Ukurannya sangat luas yakni 2000 hektar.
  • Jepang
    Jepang juga satu dari sekian negara yang sukses melakukan reklamasi di Kansai di Kyoto, Jepang. Reklamasi seluas kurang lebih 500 hektar ini, merupakan reklamasi daratan, yang dibuat lepas dari pesisir pantai. Kawasan reklamasi ini dimanfaatkan sebagai perluasan pelabuhan laut dan perluasan Bandara Internasional Kansai.
  • Korea Selatan
    Korea Selatan merupakan negara yang gemar mereklamasi pantainya. Namun, proyek reklamasinya yang paling terkenal adalah Song Do International Business District, yang terletak di pantai barat semenanjung Korea, di tepi sebelah timur laut Kuning. Lokasi reklamasi di Song Do ini memiliki luas keseluruhan 38.000 hektare, yang dibagi menjadi 3 (tiga) zona, yakni resort, Bandara Internasional Incheon, dan kawasan industri.
  • Belanda
    Negara ini memiliki banyak wilayah di bawah permukaan laut. Itulah mengapa Belanda memiliki banyak dam agar air laut tidak masuk ke daratan yang sangar rendah. Untuk mengatasi hal ini, Belanda banyak melakukan penutupan pantai atau menutup daratan dengan banyak pasir dan tanah. Jika hal ini tak dilakukan, sudah dipastikan jika Belanda akan tenggelam dan tidak akan mampu lagi menempati wilayahnya. Reklamasi di Belanda sangatlah penting hingga selalu didukung oleh penduduknya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Arah pembangunan wilayah yang pesat seperti gambar adalah dari pusat kegiatan menuju ke ....

Pembahasan Soal:

Gambar sudah menjelaskan, arah pusat kota paling besar menuju laut. Oleh karena itu jawaban yang tepat untuk menjawab nomor 47 harus dilihat dari daerah yang paling besar seperti gambar.

0

Roboguru

Pengembangan wilayah paling pesat seperti gambar cenderung ke arah ... karena ...

Pembahasan Soal:

Tempat dari gambar bahwa pengembangan wilayah yang paling luas adalah cenderung ke arah nomor II permukiman. Pengembangan wilayah ke arah permukiman dapat didasari oleh berbagai alasan seperti kebutuhan akan tenaga kerja yang melimpah, kebutuhan tenaga kerja dibidang tertentu atau kebutuhan perumahan yang meningkat.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved