Roboguru

Keberhasilan rekayasa genetika dalam beberapa tahun terakhir banyak mendatangkan dampak positif dalam berbagai bidang seperti kedokteran dan pertanian. Akan tetapi hal tersebut juga meningkatkan kekha

Keberhasilan rekayasa genetika dalam beberapa tahun terakhir banyak mendatangkan dampak positif dalam berbagai bidang seperti kedokteran dan pertanian. Akan tetapi hal tersebut juga meningkatkan kekhawatiran banyak kalangan terutama ahli konservasi karena ....undefined 

Jawaban:

Rekayasa genetika adalah kegiatan memanipulasi gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara membuat DNA baru. Manipulasi materi genetik dilakukan dengan cara menambah atau menghilangkan gen tertentu.

Rekayasa genetika dapat menghilangkan plasma nutfah. Penemuan teknologi rekayasa genetika atau organisme transgenik menimbulkan kecenderungan masyarakat membudidayakan organisme yang seragam. akibatnya, organisme lokal semakin tersingkir sehingga dapat menimbulkan hilangnya plasma nutfah lokal (alami). Oleh karena itu, pembudidayaan organisme transgenik dapat mengakibatkan punahnya makhluk hidup dalam ekosistem. Rekayasa genetika juga dapat menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem. Contohnya tanaman kapas antiserangga. Selain dapat membunuh serangga hama dan menghasilkan produk kapas yang berkualitas, ternyata juga dapat membunuh organisme yang bukan targetnya seperti kupu-kupu dan lebah ketika mengisap nektar tanaman tersebut. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat menganggu keseimbangan ekosistem.

Dengan demikian, dampak negatif dari rekayasa genetika diantaranya adalah dapat menghilangkan plasma nutfah dan menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved