Roboguru

Kebakaran kini terjadi lagi, menimpa beberapa rumah di Kosambi Timur. Kerugian mencapai ratusan juta dan tiga korban terjebak api, tidak dapat diselamatkan. Penyebab kebakaran diduga tabung gas meledak. Peristiwa itu terjadi, Jumat, 31 Agustus 2012, pukul 14.15. Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah..

Pertanyaan

Kebakaran kini terjadi lagi, menimpa beberapa rumah di Kosambi Timur. Kerugian mencapai ratusan juta dan tiga korban terjebak api, tidak dapat diselamatkan. Penyebab kebakaran diduga tabung gas meledak. Peristiwa itu terjadi, Jumat, 31 Agustus 2012, pukul 14.15.

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah..

  1. Jumat, 31 Agustus 2012, musibah kebakaran terjadi lagi. Seolah tiada henti, kebakaran selalu terjadi. Perlu kerja sama dari warga setempat untuk menjaga lingkungan masing-masing supaya tidak terjadi kebakaran.

  2. Tepat pukul 14.15 tangga 31 Agustus 2012. Musibah kebakaran hampir terjadi lagi. Beruntung saat tabung gas meledak, pemilik warung langsung berusaha memadamkannya. Beruntung pula tidak ada korban jiwa dan harta.

  3. Jumat, 31 Agustus 2012, pukul 14.15 telah terjadi musibah kebakaran. Lokasinya di Kosambi Timur. Kerugian ditaksir ratusan juta dan ada korban yang terjebak api sehingga tidak bisa diselamatkan. Diduga penyebab keakaran berupa tabung gas meledak, tetap sedang dalam penyelidikan aparat kepolisian.

  4. Jumat, 31 Agustus 2012,  tepatnya pukul 14.15. Karena keteledoran warga setempat terjadi lagi musibah kebakaran. Penyebab sementara adalah korsleting listrik. Peristiwa itu tidak memakan korban jiwa dan harta. Aparat kepolisian dan petugas pemadam kebakaran, sangat cekatan untuk memadamkan api tersebut.

Pembahasan Soal:

Teks berita harus berisi fakta yang benar-benar terjadi di lokasi kejadian. Teks berita harus dibangun dengan unsur-unsur 5W+1H atau dalam bahasa Indonesia disingkat sebagai ADIK SIMBA (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana). Teks yang memenuhi syarat sebagai teks berita dalam pilihan jawaban di atas adalah jawaban C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

(1) Peristiwa yang terjadi                   : kebakaran yang melalap ratusan rumah (2) Orang yang mengalami peristiwa : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan (3) Tempat terjadinya peristiwa          :...

0

Roboguru

Dimas, seorang warga menginformasikan bahwa pada pukul 24.00, saat pergantian tahun terjadi kecelakaan karena kembang api. Korban kecelakaan tersebut bernama Adam berusia 40 tahun. Teks berita yang s...

0

Roboguru

(1) Peristiwa yang terjadi                     : kebakaran yang melalap ratusan rumah (2) Orang yang mengalami peristiwa : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan (3) Tempat terjadinya peristiwa   ...

0

Roboguru

Teks berita yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah....

0

Roboguru

Cermatilah ilustrasi berikut!   Sungai-sungai di sekitar gunung merapi, sering banjir lahar dingin.banjir tersebut, lebih sering terjadi pada saat musm hujan dan membawa material vu...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved