Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Sumatera menyebabkan berbagai permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

Kebakaran hutan yang terjadi di Pulau Sumatera menyebabkan berbagai permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura.

Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

  1. pendekatan keruangan

  2. pendekatan topik

  3. pendekatan aktivitas manusia

  4. pendekatan kelingkungan

  5. pendekatan kompleks wilayah

Iklan

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah Pendekatan Keruangan karena fenomena yang terjadi berasal dari fenomena alam yang berupa kebakaran hutan.

jawaban yang tepat adalah Pendekatan Keruangan karena fenomena yang terjadi berasal dari fenomena alam yang berupa kebakaran hutan.

Iklan

Pembahasan

Ada tiga pendekatan geografi yang harus kita ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kata kunci. Oleh karena itu dalam penentuannya tidak ada kekurangtepatan, berikut pengertiannya masing-masing: a. Pendekatan Ekologi adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi disebabkan oleh adanya kegiatan manusia. Contohnya : Bau kali di Jakarta disebabkan karena pembuangan limbah rumah tangga langsung ke saluran-saluran air, oleh karena itu sasaran utama dari pembuangan itu adalah kali. b. Pendekatan Keruangan adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi tanpa adanya kegiatan manusia. Contohnya : Dieng menjadi obyek wisata pegunungan karena letaknya yang berada di ketinggian 2000 mdpl. c. Pendekatan Kompleks Wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah Pendekatan Keruangan karena fenomena yang terjadi berasal dari fenomena alam yang berupa kebakaran hutan.

Ada tiga pendekatan geografi yang harus kita ketahui. Masing-masing prinsip memiliki kata kunci. Oleh karena itu dalam penentuannya tidak ada kekurangtepatan, berikut pengertiannya masing-masing:

a. Pendekatan Ekologi adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi disebabkan oleh adanya kegiatan manusia. Contohnya : Bau kali di Jakarta disebabkan karena pembuangan limbah rumah tangga langsung ke saluran-saluran air, oleh karena itu sasaran utama dari pembuangan itu adalah kali.

b. Pendekatan Keruangan adalah pendekatan yang sangat menyoroti fenomena alam yang terjadi tanpa adanya kegiatan manusia. Contohnya : Dieng menjadi obyek wisata pegunungan karena letaknya yang berada di ketinggian 2000 mdpl.

c. Pendekatan Kompleks Wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah Pendekatan Keruangan karena fenomena yang terjadi berasal dari fenomena alam yang berupa kebakaran hutan.

Latihan Bab

Ruang Lingkup Pengetahuan Geografi

Objek Studi dan Aspek Geografi

Konsep Esensial Geografi

Prinsip Geografi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

176

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan yang dimaksud dengan pendekatan keruangan dalam analisis studi geografi!

658

4.3

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia