Iklan

Iklan

Pertanyaan

Kebakaran hutan yang terjadi di pulai Sumatera menyebabkan berbagai permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ….

Kebakaran hutan yang terjadi di pulai Sumatera menyebabkan berbagai permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura.

Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ….

  1. Pendekatan keruangan

  2. Pendekatan topik

  3. Pendekatan aktivitas manusia

  4. Pendekatan kelingkungan

  5. Pendekatan kompleks wilayah

Iklan

F. Nur

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni: Pendekatan spasial/keruangan , pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan. Pendekatan ekologi/kelingkungan , penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan , permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Berdasarkan pernyataan pada soal yakni membahas mengenai kebakaran hutan yang terjadi di pulau Sumatera menyebabkan permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura. Hal tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kompleks wilayah.

Pendekatan geografi adalah upaya dalam penyelesaian masalah geografi. Ada 3 (tiga), yakni:

  1. Pendekatan spasial/keruangan, pendekatan keruangan merupakan suatu cara pandang atau kerangka analisis yang menekankan eksistensi ruang sebagai penekanan.
  2. Pendekatan ekologi/kelingkungan, penekanannya bukan lagi pada eksistensi ruang, namun pada keterkaitan antara fenomena geosfera tertentu dengan variabel lingkungan yang ada. Dalam pendekatan kelingkungan, kerangka analisisnya mengkaitkan hubungan antara makluk hidup dengan lingkungan alam.
  3. Pendekatan kompleks wilayah/kewilayahan, permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan.

Berdasarkan pernyataan pada soal yakni membahas mengenai kebakaran hutan yang terjadi di pulau Sumatera menyebabkan permasalahan seperti gangguan pernapasan, jarak pandang yang terbatas bagi penduduk Sumatera bahkan Malaysia dan Singapura. Hal tersebut menunjukkan permasalahan yang terjadi di suatu wilayah tidak hanya melibatkan elemen di wilayah itu. Permasalahan itu terkait dengan elemen di wilayah lain, sehingga keterkaitan antar wilayah tidak dapat dihindarkan. Maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kompleks wilayah.

latihan soal pengetahuan dasar geografi

44

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Banjir merupakan masalah yang masih dihadapi oleh masyarakat Jakarta hingga saat ini. Penyebab banjir ini tidak hanya berasal dari wilayah di Jakarta saja. Tapi, juga dipengaruhi oleh wilayah lain di ...

151

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia