Roboguru

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....

Pertanyaan

Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....space 

  1. sehinggaspace 

  2. danspace space

  3. tetapispace 

  4. atauspace 

Pembahasan Soal:

Kata penghubung disebut juga konjungsi (kata sambung), adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata dalam sebuah kalimat atau menghubungkan kalimat dengan kalimat dalam sebuah paragraf. Kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat berikut: "Sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolahan kompos menjadi pupuk organik ... dapat diolah menjadi industri energi.adalah "sehingga". Contoh penghubung subordinatif hasil: sehingga, sampai(sampai), maka(nya). Karena sampah organik bisa diolah menjadi pupur organik, maka dapat diolah juga menjadi industri energi. Berikut pembenaran kalimatnya: "Sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolahan kompos menjadi pupuk organik sehinga dapat diolah menjadi industri energi." Dengan demikian, kata hubung yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalahspace"sehingga"

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. ISTANTI,

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah karena...

Pembahasan Soal:

Banyak buku-buku di perpustakaan yang belum dibaca. Penggunaan kata banyak pada kalimat tersebut salah karena menyebabkan kalimat menjadi tidak efektif dan berulang. Penulisan buku yang diulang dua kali sudah menjelaskan bahwa kondisi/jumlah buku lebih dari satu/banyak.undefined 

Roboguru

Warna merah dan warna biru adalah warna kesukaan ibuku dan juga adikku. Perbaikan kalimat tida efektif tersebut yang tepat adalah….

Pembahasan Soal:

Kalimat dalam soal tidak efektif karena adanya pemborosan dalam penggunaan unsur kata. Untuk menjadikan kalimat tersebut menjadi kalimat efektif adalah dengan penghematan kata. Hal ini dapat dilakukan dengan menghindari pemakaian hiponim kata, seperti kata warna merah dan warna biru yang mengandung makna kelompok warna. Sehingga untuk menjadi kalimat efektif cukup digunakan merah dan biru. Selain itu, penghematan kata dapat dilakukan dengan menghilangkan salah satu kata ganti, seperti kata ibuku dan juga adikku menjadi ibu dan adikku. Jadi, kalimat yang efektif adalah merah dan biru adalah warna kesukaan ibu dan adikku. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Latihan Menelaah Kesalahan Penggunaan Bahasa dan Tanda baca/ejaan Sesuai dengan peraturan yang ada, maka dilarang berburu di taman nasional Way Kambas.

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi informasi atau penjabaran umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan langsung.

Kalimat di atas merupakan kalimat yang salah karena beberapa hal, diantaranya:

  1. Penggunaan kalimat yang tidak diperlukan. Tanpa menggunakan frasa "yang ada", kalimat di atas sudah dapat memenuhi kalimat yang efektif sehingga kata tersebut seharusnya dihapus.
  2. Penggunaan huruf kapital yang kurang tepat. "taman nasional Way Kambas" merupakan kesatuan nama tempat yang seharusnya menggunakan huruf kapital pada tiap awal kata nya sehingga seharusnya ditulis "Taman Nasional Way Kambas".
  3. Kata maka tidak diperlukan dalam kalimat di atas karena kalimat tersebut tidak menyatakan sebuah akibat. 

Perbaikan kalimat di atas menjadi "Sesuai dengan peraturan, dilarang berburu di Taman Nasional Way Kambas."

Dengan demikian, ada tiga kesalahan dalam penulisan kalimat di atas, yaitu kesalahan penggunaan kalimat yang tidak perlu, penggunaan huruf kapital yang kurang tepat, dan penggunaan kata 'maka'. Perbaikan kalimat di atas menjadi "Sesuai dengan peraturan, dilarang berburu di Taman Nasional Way Kambas".space 

Roboguru

Cermatilah kalimat berikut! Apel malang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dijadikan cemilan alternatif menggantikan seblak bandung khususnya bagi ibu-ibu yang lagi diet. Alasan ketidaktepa...

Pembahasan Soal:

Ejaan adalah kaidah cara menggambarkan bunyi-bunyi (kata, kalimat, dan sebagainya) dalam bentuk tulisan (huruf-huruf). Kata yang perlu diperhatikan adalah cemilan. Kata cemilan merupakan kata tidak baku dari camilan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, camilan adalah makanan kecil. Berkaitan dengan kalimat efektif, kesalahan kalimat tersebut terletak pada menggantikan seblak bandung yang tidak padu. Perbaikan yang tepat adalah Apel malang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dijadikan camilan alternatif khususnya bagi ibu-ibu yang lagi diet.

Dengan demikian, alasan ketidaktepatan ejaan pada kalimat tersebut adalah kata tidak baku cemilan dan kalimat yang tidak efektif.space

 

Roboguru

Perbaikilah kalimat di atas agar menjadi kalimat efektif!

Pembahasan Soal:

Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi informasi hasil pengamatan secara mendalam terhadap suatu objek.

Kalimat di atas dapat diubah menjadi kalimat efektif dengan menghilangkan kata kami fungsi keterangan karena cukup digunakan pada subjek.

Kalimat di atas dapat diubah menjadi kalimat efektif dengan menghilangkan kata perjalanan karena dengan kata memasuki hutan sudah menggambarkan perjalanan.

Selain itu, pada kata banyak pohon-pohon terjadi pemborosan kata karena kata banyak dan pohon-pohon memiliki makna jamak (lebih dari satu), maka cukup digunakan frasa banyak pohon.

Selain itu, kata sangat rapi sekali juga merupakan pemborosan kata karena kata sangat dan sekali memiliki makna yang sama, maka cukup digunakan frasa sangat rapi.

Kalimat di atas dapat diubah menjadi kalimat efektif menjadi:

Ketika memasuki wilayah hutan, kami melihat banyak pohon pinus berbaris sangat rapi di sepanjang jalan yang kami lewati.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat di atas dapat diperbaiki menjadi kalimat efektif yaitu ketika memasuki wilayah hutan, kami melihat banyak pohon pinus berbaris sangat rapi di sepanjang jalan yang kami lewati. space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved