Roboguru

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

Pertanyaan

Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut.

Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

space 

Pembahasan Soal:

Fungsi masing-masing tulang lengan dapat dijelaskan pada tabel berikut.

Nama Tulang Lengan Fungsinya
Tulang hasta Membantu pergelangan tangan untuk berputar, membentuk dan mendukung persendian pada siku, membentuk struktur lengan bawah, dan, tempat melekatnya otot lengan bawah.
Tulang atas Tempat melekatnya otot yang menggerakkan tangan dan sikut, serta tempat menjalarnya pembuluh arteri dan saraf.
Tulang pengumpil Memberi struktur lengan bawah serta membantu pergerakan lengan, tangan, dan pergelangan tangan.
Tulang pergelangan tangan Membantu pergerakan pergelangan tangan, membantu pergerakan jari-jari tangan, menghubungkan tulang lengan bawah dengan tulang-tulang jari, serta tempat melekatkanya jaringan-jaringan tubuh pada tangan.
Tulang telapak tangan Memberikan sokongan dan fleksibilitas pada otot tangan.
Tulang paha Berperan dalam menopang tubuh, menjaga kestabilan tubuh, sebagai tumpuan dari segala tulang yang ada di bagian kaki, serta tempat melekatnya lutut.
Tulang kering Menstabilkan tubuh ketika berdiri, menyangga otot-otot kaki bagian bawah, menyangga berat badan, serta menghubungkan lutut dan pergelangan kaki.
Tulang betis Menstabilkan kaki bagian bawah, serta sebagai pengikat untuk memperluas pergerakan pergelangan kaki terutama pergerakan ke arah samping.
Tulang pergelangan kaki Memungkinkan adanya gerakan naik turun kaki, memudahkan manusia untuk melangkah dan berjalan, sebagai penghubung antara tulang kaki bagian bawah dengan telapak kaki, serta membantu pergerakan telapak kaki.
Tulang telapak kaki Mendukung pergerakan dan keseimbangan manusia.
Tulang jari kaki Sebagai tumpuan berat badan, menjaga keseimbangan saat berjalan, serta memberikan fleksibilitas saat berjalan.

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved