Roboguru

Kami terdiam. Si terhukum dikeluarkan dari rumah. Tangannya diikat. Orangnya besar, tinggi, berkumis, dan berjanggut tebal. Mulutnya ganas dan matanya berkiat-kilat. Si terhukum dalam cuplikan cerpen tersebut digambarkan sebagai seorang yang...

Pertanyaan

Kami terdiam. Si terhukum dikeluarkan dari rumah. Tangannya diikat. Orangnya besar, tinggi, berkumis, dan berjanggut tebal. Mulutnya ganas dan matanya berkiat-kilat.


Si terhukum dalam cuplikan cerpen tersebut digambarkan sebagai seorang yang...undefined 

  1. pemberanispace 

  2. penakutundefined 

  3. berjiwa kerdilundefined 

  4. bengisundefined 

Pembahasan Soal:

Si terhukum dalam cuplikan cerpen tersebut digambarkan sebagai seorang yang bengis karena di cerita tersebut diceritakan dia memiliki ciri fisik yaitu besar, tinggi, berkumis, dan berjanggut tebal , mulutnya ganas dan matanya berkilat-kilat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulislah kalimat yang menunjukkan watak pada tokoh dalam cerpen tersebut.

Pembahasan Soal:

  • Watak dari seorang Ibu warungng yang penyabar dan baik hati dapat kita lihat dalam kutipan kalimat berikut ini.

    .... "Anak saya sakit, saya tidak punya uang. Saya sudah meminta totong ke banyak orang, tetapi tidak ada yang ingin membantu. Apakah Ibu bersedia untuk meminjamkan uang pada saya? Saya akan membayarnya kalau saya punya uang," jelas Ibu itu sambil menangis tersedu. Ibu memandangnya kasihan.

    "Ya, Bu! Saya akan meminjamkan uang saya. Ibu butuh berapa?" angguk Ibu setuju. "RpI50.000," jawab Ibu itu dengan senang. Ibu mengangguk penuh pengertian, Ialu mencari-cari dompetnya.
 

  • Watak Shila yang curiga dapat kita lihat dalam kutipan kalimat berikut ini.

 .... "Apa Ibu kenal dengan orang itu?" tanya Shila curiga.

    "Tidak Tetapi Ibu kasihan dengan orang itu. jadi Ibu meminjammya uang." kata Ibu dengan iba. "Ibu percaya begitu saja? Bisa saja dia itu penipu!" seru Shila tiba-tiba.

 

0

Roboguru

Watak tokoh Keenan yang terli hat dalam cuplikan tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Sifat tokoh dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak  tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Bukti sifat Keenan digambarkan pada dialog "antara minat, cita-cita, dan keinginan orangtua. " dan kalimat Berputar menjadi sesuatu yang bukan kita, demi bisa menjadi diri kita lagi."

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.spaceundefined 

0

Roboguru

Cermati teks cerita pendek “Kisah Seekor Keledai” bersama kelompok kamu yang beranggota 3—5 orang! Kisah Seekor Keledai     Seorang pedagang menuntun keledainya untuk melewati sebuah sungai yang d...

Pembahasan Soal:

a. Tema cerita tersebut adalah kecerdikan keledai yang berdampak buruk karena tidak sesuai situasi.

b. Tokoh cerita tersebut adalah pedagang dan keledai.

c. Cerita tersebut terjadi setelah pedagang dan keledainya selesai pergi ke pasar.

d. Cerita tersebut terjadi di sebuah sungai.

e. Peristiwa dalam cerita tersebut terjadi karena keledai merasa beban muatannya terlalu berat. Ketika ia tidak sengaja jatuh ke sungai dan bebannya menjadi berkurang, ia ingin terus mengulangi hal tersebut.

f. Suatu hari, keledai tidak sengaja jatuh ke sungai, sehingga beban muatan garam yang ia bawa menjadi berkurang. Keledai berpikir bahwa dengan menjatuhkan diri ke sungai akan membuat beban yang ia bawa lebih ringan. Jadi, di kesempatan berikutnya, ia sengaja menjatuhkan diri di sungai. Akan tetapi, ide itu diketahui oleh pedagang, sehingga ia justru dihukum dengan membawa spons yang bertambah berat setelah terkena air.

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut! (1) Mereka larut dalam tawa dan obrolan yang tak jelas arahnya. (2) Aku memandangnya dari balik meja yang penuh makanan dan minuman. (3) Duduk diam dan menatapnya dala...

Pembahasan Soal:

Sang “Aku” menginginkan perhatian “Mereka”. Indikasi tersebut terdapat pada kalimat empat yang menuliskan “Aku mencoba ingin ditatap mereka dengan menumpahkan segelas minuman, tapi tak ada yang mengalihkan perhatian padaku, semua sibuk dengan kegembiraan ini.” Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah B.

0

Roboguru

Tokoh utama cerpen di atas adalah….

Pembahasan Soal:

Cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang mengisahkan tentang sebuah cerita fiksi lalu dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja.

Salah satu unsur instrinsik terpenting pada sebuah cerpen adalah tokoh, yaitu pemeran yang diceritakan dalam sebuah cerpen. Tokoh terdiri dari pemeran utama dan pemeran pendukung.

Tokoh utama cerpen di atas adalah laki-laki pengambil pos wesel karena ia menggunakan sudut pandang orang pertama seperti yang ditunjukkan oleh: “Tadi agaknya telah terjadi suatu kekeliruan ketika Nona membayarkan uang pos wesel kepada saya,” ujarku.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved