Roboguru

Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....

Pertanyaan

Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh nomor ....undefined 

  1. (1)undefined 

  2. (2)undefined 

  3. (3)undefined 

  4. (4)undefined 

  5. (5)undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Fakta adalah pernyataan yang menampilkan situasi atau kejadian nyata yang telah atau sedang terjadi.

Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat (1)undefined"Tak seorang pun yang mengetahui siapakah sebenarnya yang menjadi pelaut pertama." Sementara itu, kalimat lainnya menunjukkan pendapat dengan ditunjukkan kata mungkin, jika , barangkali.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Opini dalam teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Opini adalah sebuah pendapat, pandangan, atau anggapan. Biasanya ditandai dengan penggunaan kata mungkin, bisa jadi, sebaiknya (seyogyanya), dan kata -kata lain yang menunjukkan sifat subjektivitas.

Opini dalam teks tersebut adalah semburan liar itu tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Kalimat tersebut dikatakan fakta karena menggunakan kata 'akan' yang menunjukkan sesuatu yang belum terjadi dan hanya berupa pendapat subjektif.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam sebuah bacaan, ada kalimat fakta dan kalimat opini. Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan tentang peristiwa atau kejadian nyata sedangkan kalimat opini merupakan pendapat seseorang mengenai suatu hal, dan memiliki ciri menggunakan kata cukup, semakin, sebagai, dan menunjukkan.
 

  1. Kalimat (1) Jepang merupakan negara kepulauan yang cukup padat dengan penduduk lebih dan seratus juta jiwa, merupakan kalimat opini, karena terdapat kata "cukup".
  2. Kalimat (2) Sebagai Negara yang makmur, masyarakat Jepang mengalami perubahan pola pangan yaitu menggeser beras sebagai sumber kalori, merupakan kalimat opini, karena ada kata "sebagai".
  3. Kalimat (3) Sumber kalori beras digantikan oleh produk ternak, terigu, dan ikan, merupakan kalimat fakta, karena kenyataannya bahwa sumber kalori beras dapat digantikan oleh produk ternak, terigu dan ikan.
  4. Kalimat (4) Ini menunjukkan bahwa peran beras sebagai pangan pokok sedikit demi sedikit mulai tergantikan, merupakan kalimat opini, karena ada kata "menunjukkan".
  5. Kalimat (5) Kini 30% masyarakat Jepang mengkonsumsi beras sebagai pangan pokok mereka, merupakan kalimat fakta, karena terlihat jelas ada persentase masyarakat jepang yang mengkonsumsi beras sebagai pangan pokok mereka.


Dengan demikian, kalimat yang berisi fakta dalam paragraf tersebut adalah kalimat nomor (3) dan (5).undefined

Roboguru

Fakta yang digunakan penulis untuk memperkuat opini terdapat pada kalimat nomor ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah jenis teks yang berisi pendapat penulis terhadap sebuah isu aktual yang terjadi, teks editorial dapat ditemukan di surat kabar.

Fakta adalah sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Dalam teks editorial terdapat dua jenis fakta, yaitu fakta masalah dan fakta argumen. Fakta masalah merupakan persoalan yang dijadikan topik utama pembahasan teks editorial, sedangkan fakta argumen adalah fakta-fakta yang digunakan untuk melengkapi argumentasinya sebagai pihak yang pro atau kontra.

Fakta yang digunakan penulis untuk memperkuat opini terdapat pada kalimat nomor 4 dan 5. Kalimat nomor 4 dan 5 merupakan fakta argumen yang digunakan penulis untuk melengkapi dan memperkuat argumennya.

Pada kalimat nomor 4 disampaikan bahwa faktanya ketentuan jaminan penanganan kondisi gawat darurat telah tercantum dalam undang-undang yang berlaku, Ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Undang-Undang Rumah Sakit dan peraturan Menteri Kesehatan tersebut sepintas telah menjadi jaminan bagi masyarakat agar selalu mendapat penanganan saat kondisi gawat darurat menimpa mereka.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan fakta kondisi realitas yang terjadi di masyarakat yang disampaikan pada kalimat nomor 5, Akan tetapi, dalam pelaksanaan, ketentuan-ketentuan yang mengikat itu tidak selalu berjalan mulus di lapangan. Maka fakta yang digunakan penulis untuk memperkuat opini terdapat pada kalimat nomor 5.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

Roboguru

Opini penulis yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah...

Pembahasan Soal:

Opini merupakan suatu ide, pikiran, atau pendapat yang biasanya bersifat subjektif serta belum bisa dibuktikan kebenarannya. Opini penulis adalah pendapat penulis.

Opini penulis yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah perhatian atas kehancuran ekologis dikhawatirkan akan langsung surut begitu bencana berlalu. Pada kalimat tersebut mengungkapkan pendapat dari penulis yang bersifat subjektif, ditandai dengan kata 'dikhawatirkan' yang berarti pandangan pribadi dari penulis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Tuliskan fakta yang terdapat dalam teks tersebut!

Pembahasan Soal:

Fakta adalah keadaan, kejadian, atau peristiwa yang benar dan bisa dibuktikan.

Adapun ciri-ciri fakta adalah sebagai berikut:

  1. Fakta memuat kejadian nyata yang disertai bukti;
  2. Fakta bersifat objektif;
  3. Fakta tidak memuat pendapat atau sanggahan pribadi;
  4. Fakta sudah teruji kebenarannya dan dapat dipertanggung jawabkan;
  5. Fakta memiliki data yang akurat dan jelas;
  6. Fakta merupakan kebenaran yang telah terjadi dan terverifikasi. 

Fakta yang terdapat dalam teks di atas adalah: 

  1. Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik Lebaran mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021. Kalimat tersebut merupakan fakta karena kalimat tersebut tidak memuat pendapat atau sanggahan pribadi dan hanya bersifat informasi.  
  2. Larangan mudik itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Jakarta, kemarin. "Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta, pekerja mandlrl, dan juga seluruh masyarakat," katanya. Kalimat tersebut merupakan fakta karena merupakan kebenaran yang telah terjadi dan terverifikasi.
  3. Sebelumnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR pada 16 Maret, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya tidak akan melarang masyarakat untuk mudik tahun ini. Kalimat tersebut merupakan fakta karena merupakan kebenaran yang telah terjadi dan terverifikasi, selain itu, kalimat tersebut hanya memuat informasi yang tidak memuat pendapat atau sanggahan pribadi.

Dengan demikian, fakta yang terdapat dalam teks di atas adalah: 

  1. Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik Lebaran mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.  
  2. Larangan mudik itu diumumkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, di Jakarta, kemarin. "Ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan. Berlaku untuk seluruh ASN, TNI, Polri, BUMN, karyawan swasta, pekerja mandlrl, dan juga seluruh masyarakat," katanya.
  3. Sebelumnya dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR pada 16 Maret, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya tidak akan melarang masyarakat untuk mudik tahun ini.space 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved