Roboguru

Jika suatu perusahaan MNC yang mendirikan cabangnya di negara lain selalu disertai dengan aliran dana yang sering disebut investasi ....

Pertanyaan

Jika suatu perusahaan MNC yang mendirikan cabangnya di negara lain selalu disertai dengan aliran dana yang sering disebut investasi ....space 

  1. asing langsungspace 

  2. portofoliospace 

  3. domestikspace 

  4. negaraspace 

Pembahasan Soal:

Jika suatu perusahaan MNC yang mendirikan cabangnya di negara lain selalu disertai dengan aliran dana yang sering disebut investasi asing langsung. Investasi asing langsung atau penanaman modal asing adalah investasi di mana seorang investor suatu negara memiliki minat pada bisnis di negara lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Utami

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Contoh kerja sama Indonesia dengan Singapura di bidang ekonomi adalah ....

Pembahasan Soal:

Bentuk kerja sama internasional antara Indonesia dengan Singapur adalah dengan mengadakan kesepakatan dibentuknya kawasan ekonomi khusus di kedua belah negara.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space space 

Roboguru

Organisasi yang memberikan bantuan kepada pemerintah Indonesia sebagai pengganti IGGI, yaitu ....

Pembahasan Soal:

CGI (Consultative Group on Indonesia) adalah lembaga pengganti dari IGGI (Inter Govermental Group onIndonesia). CGI merupakan kelompok negara yang memberikan bantuan kepada Indonesia untuk memantapkan dan memajukan ekonomi Indonesia. Organisasi ini dibentuk di Paris, Prancis pada bulan April 1992 karena pada Maret 1992, pemerintah Indonesia menyatakan bahwa akan menolak dana bantuan IGGI jika organisasi tersebut diketuai Belanda sehingga CGI dibentuk.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. space space space space space 

Roboguru

Bentuk kerja sama internasional, yaitu kerja sama ....

Pembahasan Soal:

Bentuk kerja sama internasional:

  1. Berdasarkan letak geografisnya (Internasional, Regional, Antarregional)
  2. Berdasarkan banyak peserta (Bilateral, Multilateral)

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space space space space space 

Roboguru

Identifikasi 5 (lima) contoh kerjasama negara Indonesia dengan negara lain yang berhubungan dengan kerja sama ekonomi internasional !

Pembahasan Soal:

Contoh kerjasama negara Indonesia dengan negara lain yang berhubungan dengan kerja sama ekonomi internasional :

  1. World Trade Organization (WTO) adalah organisasi perdagangan dunia yang betujuan memajukan perdagangan internasional dengan membatasi peraturan yang menghambat kelancaran pertukaran barang-barang internasional dan meningkatkan volume perdagangan dunia dengan cara meliberalisasikan perdagangan internasional.
  2. International Labour Organization (ILO) adalah organisasi buruh sedunia dengan tujuan menciptakan perdamaian melalui keadilan sosial, perbaikan nasib buruh, stabilitas ekonomi, sosial dan menyusun hukum perburuhan.
  3. Food and Agricultural Organization (FAO) adalah organisasi pangan dan pertanian dengan tujuan memajukan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan, pengairan, sistem berocok tanam dan lain-lain.
  4. ASEAN Free Trade Area (AFTA) adalah organisasi perdagangan bebas ASEAN dengan maksud mengantisipasi dalam menghadapi era perdagangan bebas dunia.
  5. United Nations (UN) atau Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).
     
Roboguru

Di dunia saat ini, setidaknya terdapat 5 organisasi atau badan pengelola pasar bebas, yaitu MEA, AFTA, APEC, MEE dan WTO. Apa dampaknya bagi bangsa Indonesia?

Pembahasan Soal:

Manfaat kerjasama ekonomi internasional bagi perekonomian Indonesia:

  1. Meningkatkan pendapatan negara. TKI yang bekerja di luar negeri akan mendapatkan gaji dengan mata uang di negara tersebut, ketika mereka mengalihkan dana asing tersebut ke Indonesia, terjadi transaksi pembelian rupiah dan inilah yang memberikan pemasukan pada negara. Selain TKI, kegiatan ekspor juga peran penting, Indonesia negara yang kaya akan hasil buminya menjadi negara pemasok sumber-sumber bahan baku bagi negara-negara yang memiliki keterbatasan alam sumber daya alam, seperti Amerika dan China. Kedua contoh tersebut berperan penting dalam meningkatkan pendapatan negara dalam bentuk devisa. Devisa yang terus bertambah akan bermanfaat bagai percepatan pembangunan, pembayaran utang luar negeri, dan semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi.
  2. Menjaga kestabilan harga dalam negeri. Jika produksi lebih sedikit dari permintaan tentu akan terjadi kenaikan harga. Untuk mengatasi hal ini, perlu adanya penyeimbang antara permintaan dan keterbatasan produk yaitu dengan memperbanyak jumlah produksi tentunya dengan solusi terbaik adalah dengan menambah kuota impor yang disesuaikan dengan permintaan masyarakat.
  3. Memperluas ketersediaan lapangan kerja. Ketersediaan lapangan kerja akan meningkat seiring dengan tingginya permintaan ekpor, karena salah satu faktor yang menentukan tingkat kelancaran produksi yang terus meningkat adalah sangat bergantung pada adanya jumlah tenaga kerja yang cukup disamping kebutuhan akan ketersediaan barang baku.
  4. Mempercepat pembangunan nasional. Salah satu langkah yang digunakan Indonesia untuk mempercepat pembangunan nasional adalah dengan meminjam dana dari Bank Dunia. Dengan pinjaman tersebut Indonesia dapat membuka banyak pelabuhan baru, bandara baru, dan tol laut antar pulau. Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses distribusi dan mempermudah jangkauan, sehingga semua masyarakat bisa merasakan pemerataan pembangunan nasional.
  5. Alih teknologi. Dengan masuknya teknologi ke negara kita, maka kesempatan bagi kita untuk mempelajari dan menguasai teknologi tersebut, terlebih jika kita bisa mengembangkan lebih jauh dan menciptakan yang lebih canggih lagi. Kondisi ini akan menciptakan para ahli di bidang teknologi. undefined 
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved