Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jika seseorang terkena infeksi kuman misalnya karena terluka, sel apakah yang aktif melakukan perlawanan dalam tubuhnya dan bagaimana caranya?

Jika seseorang terkena infeksi kuman misalnya karena terluka, sel apakah yang aktif melakukan perlawanan dalam tubuhnya dan bagaimana caranya?

  1. ...

  2. ...undefined

Iklan

M. Iqbal

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Leukosit berfungsi sebagaipertahanan tubuh melawaninfeksi berupa mikroorganismeatau zat asing lainnya yang masuk. Terdapa beberapa jenis leukosit dalam darah, yaitu neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, dan limfosit. Neutrofil berperan dalam memfagosit (memakan) bakteri. Eosinofil berperan dalam membunuh cacing parasit, menghancurkan kompleks antigen-antibodi, dan mencegah alergi. Basofil berperan dalam melepas zat pencegah alergi, mengandung heparin (zat antikoagulan). Limfosit berperan dalam mengaktifkan sistem kekebalan dengan memproduksi antibodi. Monosit berperan dalam fagositosis dengan caraberkembang menjadi makrofag. Sel yang dirusak oleh mikroorganisme akan menghasilkan sinyal kimiawi yang berfungsi memanggilneutrofil . Neutrofil mendatangi sel-sel rusak tersebut dan masuk ke jaringan yang terinfeksi. Caranya, neutrofil akan keluar dari pembuluh darah dengan menembus dinding kapiler. Neutrofil akan menelan dan menghancurkan mikroorganisme tersebut. Satu neutrofil mampu memfagosit 5-20 bakteri. Saat neutrofil melakukan tugasnya dalammelawan benda asing, monosit akan menyusul mendatangi daerah Iuka. Monosit dihasilkan di sumsum merah dan akan masuk ke peredaran darah. Monosit merupakan sel yang belum masak dan kurang bersifat fagosit. Dalamwaktu 12 jam setelah monosit meninggalkan darah dan masuk ke jaringan, monosit akan membesar dan meng hasilkan banyak lisosom. Lisosom akan berkembang menjadi makrofag. Makrofag akan menggantikan fungsi neutrofil dalam pertempuran melawan benda asing .Makrofag mampu memfagosit 100 bakteri dengan cara menempel ke bakteri dengan kaki pseudopodium kemudian merusaknya.

Leukosit berfungsi sebagai pertahanan tubuh melawan infeksi berupa mikroorganisme atau zat asing lainnya yang masuk. Terdapa beberapa jenis leukosit dalam darah, yaitu neutrofil, eosinofil, basofil, monosit, dan limfosit. Neutrofil berperan dalam memfagosit (memakan) bakteri. Eosinofil berperan dalam membunuh cacing parasit, menghancurkan kompleks antigen-antibodi, dan mencegah alergi. Basofil berperan dalam melepas zat pencegah alergi, mengandung heparin (zat antikoagulan). Limfosit berperan dalam mengaktifkan sistem kekebalan dengan memproduksi antibodi. Monosit berperan dalam fagositosis dengan cara berkembang menjadi makrofag.

Sel yang dirusak oleh mikroorganisme akan menghasilkan sinyal kimiawi yang berfungsi memanggil neutrofil. Neutrofil mendatangi sel-sel rusak tersebut dan masuk ke jaringan yang terinfeksi. Caranya, neutrofil akan keluar dari pembuluh darah dengan menembus dinding kapiler. Neutrofil akan menelan dan menghancurkan mikroorganisme tersebut. Satu neutrofil mampu memfagosit 5-20 bakteri. Saat neutrofil melakukan tugasnya dalam melawan benda asing, monosit akan menyusul mendatangi daerah Iuka. Monosit dihasilkan di sumsum merah dan akan masuk ke peredaran darah. Monosit merupakan sel yang belum masak dan kurang bersifat fagosit. Dalam waktu 12 jam setelah monosit meninggalkan darah dan masuk ke jaringan, monosit akan membesar dan meng hasilkan banyak lisosom. Lisosom akan berkembang menjadi makrofag. Makrofag akan menggantikan fungsi neutrofil dalam pertempuran melawan benda asing. Makrofag mampu memfagosit 100 bakteri dengan cara menempel ke bakteri dengan kaki pseudopodium kemudian merusaknya.undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Fungsi membran lisosom adalah ....

4

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia