Roboguru

Jika sel darah ditempatkan pada suatu cairan yang hipertonis, gel itu adalah ...

Pertanyaan

Jika sel darah ditempatkan pada suatu cairan yang hipertonis, gel itu adalah ...space 

  1. Pecah keluarspace 

  2. Membulatspace 

  3. Membesarspace 

  4. Mengerutspace 

  5. Isinyaspace 

Pembahasan Soal:

Osmosis adalah proses bergeraknya molekul pelarut (air) dari larutan dengan konsentrasi rendah (hipotonik) ke larutan dengan konsentrasi yang lebih tinggi (hipertonik) melalui selaput selektif permeabel. Larutan hipotonik memiliki konsentrasi zat terlarut lebih rendah dibandingkan pelarut, sedangkan larutan hipertonik memiliki konsentrasi zat terlarut lebih tinggi dibandingkan pelarut. Larutan isotonik memiliki konsentrasi zat terlarut yang sama. 

  • Jika sel darah merah dalam suatu larutan hipertonik (lebih pekat), air yang terdapat dalam sel darah akan ditarik keluar dari sel sehingga sel mengerut dan rusak. Peristiwa ini disebut krenasi.
  • Jika sel darah merah dalam suatu larutan hipotonik (lebih encer), air dari larutan tersebut akan ditarik masuk ke dalam sel darah sehingga sel mengembang dan pecah. Proses ini disebut hemolisis.

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Amalia

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang siswa melakukan percobaan osmosis pada sel tumbuhan, di mana disiapkan tiga kentang berbentuk kubus dengan berat yang sama. Kentang I direndam dalam larutan gula 5%, kentang II dalam larutan g...

Pembahasan Soal:

Osmosis adalah perpindahan pelarut (misalnya air) melalui membran selektif semipermeabel dari konsentrasi pelarut yang tinggi (hipotonik) ke konsentrasi pelarut yang rendah (hipertonik) sehingga tercapai keseimbangan (larutan isotonik). Membran selektif semipermeabel akan membiarkan air keluar dan masuk membran dengan bebas, namun membatasi masuknya zat yang terlarut di dalamnya.

Berdasarkan tabel hasil percobaan pada soal, semakin besar konsentrasi larutan gula, semakin ringan kentang yang ditimbang setelah direndam pada larutan tersebut. Hal ini terjadi karena kentang dimasukkan ke dalam larutan hipertonik, sehingga menyebabkan air keluar dari dalam vakuola sel kentang. Pengeluaran air tersebut dapat menyebabkan berat kentang menjadi berkurang.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C dan E.space 

0

Roboguru

Peristiwa mengkerutnya sel pada sel tumbuhan karena air keluar dari sel disebut ….

Pembahasan Soal:

Peristiwa mengkerutnya sel pada sel tumbuhan karena air keluar dari sel disebut plasmolisis. Peristiwa plasmolisis merupakan salah satu peristiwa osmosis yang mana terjadi ketika sel tumbuhan berada pada larutan yang hipertonis, sehingga membuat air dalam sel tumbuhan yang bersifat hipotonik akan keluar sel menuju ke lingkungan yang hipertonis. Hal ini mengakibatkan tumbuhan dengan sel dalam kondisi seperti ini layu, tekanan terus berkurang sampai di suatu titik di mana protoplasma sel terkelupas dari dinding sel, menyebabkan adanya jarak antara dinding sel dan membran.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

2

Roboguru

Perhatikan gambar perubahan yang terjadi pada sel berikut ini. Penjelasan yang berkaitan dengan kejadian tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Osmosis merupakan perpindahan molekul air secara difusi yang berlangsung dengan melewati membran semipermeabel. Pada osmosis, yang bergerak melalui membran semipermeabel ialah air dari larutan hipotonis (konsentrasi air tinggi, konsentrasi zat terlarut rendah) ke larutan hipertonis (konsentrasi air rendah, konsentrasi zat terlarut tinggi) sehingga tercapai keseimbangan (larutan isotonis).

Gambar di atas merupakan suatu percobaan osmosis pada sel tumbuhan (terlihat bahwa bentuk sel cenderung tetap karena memiliki dinding sel). Kondisi pada gambar memperlihatkan bahwa sel tumbuhan mengalami plasmolisis. Plasmolisis merupakan proses mengkerutnya sitoplasma dan lepasnya membran sel dari dinding sel, dikarenakan sel tumbuhan berada pada larutan yang bersifat hipertonis (contohnya larutan garam 10%). Larutan garam 10% bersifat hipertonis terhadap sel tumbuhan sehingga cairan sel akan berpindah ke larutan garam 10% sampai terbentuknya keseimbangan konsentrasi antara larutan garam 10% dan cairan sel (isotonis). Proses perpindahan cairan sel secara osmosis tersebut yang mengakibatkan sel tumbuhan mengalami plasmolisis.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space 

1

Roboguru

Seorang siswa melakukan penelitian mengenai peristiwa osmosis dengan menggunakan potongan batang bayam (Amaranthus hibridus) dengan menggunakan bahan larutan gula, larutan garam dan aquadest. Cara ker...

Pembahasan Soal:

Sel tumbuhan, alga, dan jamur memiliki dinding sel. Jika berada pada larutan yang hipertonik, air di dalam sel keluar, sehingga sel mengerut dan membran plasma akan tertarik menjauhi dinding sel, peristiwa ini disebut dengan plasmolisis. Jika sel berada pada larutan yang hipotonik, kecenderungan air masuk ke dalam sel akan diimbangi oleh dinding sel (setelah mencapai ukuran tertentu dinding sel akan memberikan tekanan balik pada sel), sehingga sel akan membesar pada batas normal. Peristiwa tersebut disebut turgiditas.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa turgiditas yaitu jika sel berada pada larutan yang hipotonik, kecenderungan air masuk ke dalam sel akan diimbangi oleh dinding sel (setelah mencapai ukuran tertentu dinding sel akan memberikan tekanan balik pada sel), sehingga sel akan membesar pada batas normal. Sedangkan plasmolisis yaitu jika sel berada pada larutan yang hipertonik, air di dalam sel keluar, sehingga sel mengerut dan membran plasma akan tertarik menjauhi dinding sel.space 

0

Roboguru

Berikut gambar sel darah merah! Peristiwa yang terjadi pada gambar di atas adalah .....

Pembahasan Soal:

Terlihat proses pada 
Gambar A : sel darah merah diletakkan dalam suatu larutan yang bersifat hipotonis (lebih encer), air dari larutan tersebut akan ditarik masuk kedalam sel darah sehingga sel mengembang dan pecah (HEMOLISIS)
Gambar B : sel darah merah berada di tekanan osmotik yang sama (isotonis), sehingga sel darah tidak mengalami krenasi atau hemolisis (NORMAL)
Gambar C : sel darah merah diletakkan dalam suatu larutan hipertonis (lebih pekat), air yang terdapat dalam sel darah akan ditarik keluar dari sel sehingga sel mengerut dan rusak (KRENASI)

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved