Roboguru

Pertanyaan

Jika gelombang elektromagnetik memasuki suatu medium, misalnya air, cepat rambatnya berkurang atau susut. Bagaimanakah dengan frekuensi dan panjang gelombangnya?space

R. Maiza

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jika gelombang elektromagnetik memasuki suatu medium misalnya air, maka frekuensinya tetap dan panjang gelombangnya berkurang.

Pembahasan

Pembiasan dapat diartikan sebagai pembelokan gelombang yang melalui batas dua medium yang berbeda.Ketika gelombang elektromagnetik melewati medium batas dari satu medium ke medium lain terjadi perubahan cepat rambat gelombang. Karena kecepatan gelombang elektromagnetik berubah, panjang gelombangnya juga berubah. Panjang gelombang berkurang saat gelombang memasuki medium dan arahnya juga berubah, sedangkan frekuensinya tetap.

Jadi, jika gelombang elektromagnetik memasuki suatu medium misalnya air, maka frekuensinya tetap dan panjang gelombangnya berkurang.

180

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Sinar x dihasilkan dari penembakan suatu benda dengan elektron, maka beda potensial yang dipakai untuk mempercepat etektron itu adalah... (muatan elektron e, panjang gelombang sinar X λ , tetapan plan...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia